Doa Untuk Dia Yang Menyakiti Hati Kamu

Kudoakan kamu yang menyakiti hatiku. Aku berjanji tidak membalas dengan sakit yang sama. Aku minta kekuatan dari Tuhan untuk mengampunimu. Walau terdengar mustahil. 

Tuhan limpahkan kekuatan, kesehatan, dan panjangkan umurmu, agar kau belajar tentang hati seorang wanita. 

Wanita yang tentu calon ibu, sama seperti seorang ibu yang melahirkanmu ke dunia.

Doa untuk mengampuni dia yang menyakiti hati kamu. Ini lebih dari sekedar memaafkan. 

Bagaimana mungkin kita dapat mengampuni seseorang yang sudah menghancurkan kehidupan kita? Menggores luka yang amat dalam pada hati? 

Mari tanyakan hatimu, apakah aku kuat menerima sebuah luka dari dia yang dicintai dengan lapang dada? 

Terus terang, selama ini aku belum pernah menemukan wanita yang sanggup melakukan semua itu.

Di wajahnya terlihat senyum, tapi hati menangis. Wanita memang diset dengan kekuatan, kesabaran, dan ketabahan luar biasa dalam menghadapi cobaan hidup, namun, untuk hal yang satu ini, ia benar-benar berbeda, oleh karena wanita penuh perasaan. 

Hati tak dapat dibohongi, meski ia berusaha tabah. Persaan tersakiti akan bertahan untuk sekian waktu. Terkadang, wanitapun tidak tahu harus memulai dari mana untuk memaafkan.

Doa untuk dia yang menyakiti hati kamu
Sebisa mungkin aku mendoakanmu.. StockSnap Images

Sangat berat! Ini kenyataan, bukan sekedar kata. Sebelumnya sering bersama, dan saling percaya, tapi, tiba-tiba dia berubah 100 derajat. 

Sikapnya berbeda, dia jadi seorang asing bagi kita. Penuh dengan lika-liku yang tidak masuk akal. 

Lalu, pelan tapi pasti waktulah yang bicara. Ternyata dia selingkuh. Rasanya setiap wanita pernah alami masalah ini kan? Aku juga pernah merasakan.

Semuanya bisa menyebabkan stres, dan sakit dalam menjalani masa itu. 

Saat wanita tidak kuat lagi menahan beban masalah, ada sebagian memutuskan datang ke psikolog, dan berkonsultasi. 

Tapi, yang lain tetap menyimpan rapat. Ini yang gampang membuatnya hancur.

Nah, bagaimana cara agar kita mampu memaafkan dia selain datang kepsikolog? Satu-satunya jalan yang paling baik adalah dengan cara berdoa. 

Mari, aku ajak kamu melihat beberapa contoh di bawah ini.

Mengampuni dia dalam doa meski terasa berat

Tuhan, meski berat, aku mau ampuni dia. Aku yakin, dengan menerima kenyataan, dan memaafkan, dapat mempengaruhi jiwaku. 

Aku sembuh dari sakit yang menggerogoti hati, dan jiwaku ini. Aku juga merasa tenang. Allah mampukan aku, supaya imanku tidak lemah lalu aku benar-benar tulus keluar dari hati yang dalam, dan tidak sekedar di bibir saja. 

Meskipun aku, dan dia tidak akan pernah bersama lagi, karena hatiku tersayat oleh perbuatannya. 

Hilangkan rasa benci dariku, dan beri jalan agar aku dapat melewati tahap ini dengan tersenyum. 

Aku tidak mau menangis lagi Tuhan. Terima kasih Tuhan, Engkau Allah yang baik, dan sudah dengar doaku ini. Amin.

Berdoa agar dia tidak mengulangi perbuatannya

Allah, berikan hati yang iklas, dan kekuatan lebih sehingga aku bisa mendoakan seseorang yang telah menghancurkan hatiku. 

Aku tahu, sangat sulit, dan mustahil, namun aku mohon Engkau limpahkan hikmat ke dalam hidupku, supaya dengan berbesar hati aku dapat melepaskan segala sakit hati ini. 

Aku bisa mendoakannya, karena jika dihatiku masih terpendam amarah, dan dendam, bagaimana bisa aku berdoa? 

Sedangkan Engkau sendiri mengatakan bahwa, "sebelum kamu berdoa, kamu harus bersihkan hati, dan pikiran." "Penuhi pikiranmu dengan kasih, maaf, dan berdamai dengan semua masalahmu."

Allah, berikan kesadaran baginya, agar dia tidak mengulangi perbuatan yang sama setiapkali dia menjalin kasih dengan wanita lain. 

Cukuplah aku yang merasakan semua itu. Buka mata hatinya, agar dia mengerti apa yang dilakukan itu salah. 

Aku yakin sungguh ya Allah, Engkau punya kuasa untuk melakukan perkara besar, yang tidak dapat dilakukan manusia, untuk itu aku serahkan dia sepenuhnya ke dalam tangan kasih-Mu. Amin.

Ungkapan penyesalan yang dalam, dan minta kekuatan

Tuhan, hari ini aku merasakan sakit hati yang luar biasa, oleh karena orang yang kucintai telah mendua di belakang punggungku. 

Aku marah, dan benci, atas apa yang dia lakukan tanpa memikirkan bagaimana perasaanku. Aku terluka, dan menyesal. 

Namun, dia seakan tidak perduli dengan semua ini. Ya Allah, aku ingin mengeluarkan semua unek-unekku ini hanya pada-Mu, karena hanya Engkaulah tempatku mengadu. 

Di hadapan-Mu, aku tidak malu mengatakan semua yang aku rasakan tentang cinta, bahagia, suka, dan luka hati.

Aku bahkan tidak segan membongkar seluruh rahasia tentang aku, dan dia kepada Engkau. Membuka semua gudang memoriku. 

Ya Allah, Sumber kekuatan, hanya kepada-Mu aku memohon. Ampuni aku yang tak bisa menahan emosi, dan amarah. 

Beritahukan jalan, dan cara agar aku sanggup mengubah hatiku yang panas, dan penuh dengki. Amin.

Aku yakin dapat mengampuni dan melupakan kesalahannya

Tuhan, aku sadar penuh bahwa, selama ini aku telah menyimpan akar pahit di dalam hati, hingga yang keluar dari bibir mulutku hanya berbagai kata benci. 

Aku diam-diam mendendam, menyumpahi, dan ingin membalas segala perbuatannya dengan cara yang setimpal, agar aku puas. 

Namun, Engkau mengingatkanku dengan cara-Mu tersendiri, yang tak pernah terpikirkan olehku. 

Engkaulah Allah yang mengatakan dengan jelas, "jika kamu mengampuni, maka kamu pun akan diampuni." 

Mulai saat ini, aku tidak mau lagi menyimpan sakit hati, dan dendam yang berkepanjangan. Aku yakin dapat melakukannya, karena Engkau. Terima kasih Tuhan.

Cara sederhana untuk bisa mengampuni seseorang adalah

  • Menerima kenyataan
  • Tidak menyimpan dendam
  • Ingat juga kebaikannya
  • Menyadari bahwa membenci tidak ada gunanya
  • Aku tidak ingin menambah satu musuh di dalam daftar hidup
  • Aku tahu akan merusak hati, dan pikiran
  • Memaafkan dapat menguatkan diri kita sendiri
  • Bebaskan hati dari belenggu
  • Bawakan dia dalam doamu
  • Menyadari bahwa aku juga bukan orang yang sempurna
  • Dibalik semua itu, ada maksud Tuhan untuk diriku
  • Ada rencana Tuhan yang terindah untukku
  • Tuhan telah menunjukkan semua sifatnya yang tidak kita ketahui, agar tidak menyesal kelak

Tentu kamu punya doa pribadi dengan Tuhan. Saat mengalami masalah seperti ini, banyak banget yang harus kamu bicarakan dengan Allah. 

Mungkin kamu sendiri juga tidak mengerti tentang segala ucapan yang keluar waktu curhat dengan Allah, karena tanpa sadar mengalir begitu saja. Jangan khawatir, Allah mengerti semua.

Catatan: Jadi, untuk apa kita menyimpan dendam, dan kekesalan untuk seseorang yang sudah tidak suka kita, dan menghianati kesetiaan kita? 

Suka, atau tidak suka, kita harus belajar melepaskan, dan menerima kenyataan bahwa, bukan dia yang tepat berada disisi kita. 

Maka, sebaiknya berdoalah agar dia mendapatkan pilihannya, dan kita diberikan Tuhan yang terbaik. Kamu yakin? Amin.

Demikianlah contoh berdoa untuk dia yang menyakiti hati kamu. Semoga berguna.

36 comments for "Doa Untuk Dia Yang Menyakiti Hati Kamu"

  1. Memaafkan seseorang yang pernah berbuat salah atau menyakiti hati kita memang tak mudah dilakukan, tapi jika kita pulangkan ke yang menciptakan hidup melalui doa, niscaya beban pikiran kita jadi lebih legowo dan yakin baik buruk kata2 atau kelakuan seseorang pasti ada pertanggungjawaban sendiri nantinya di akhirat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali mas Himawan Sant. Terimakasih respons n kunjungannya y.

      Delete
    2. Terimakasih kembali, kak.
      Dan salam kenal juga :)

      Delete
  2. Makasih banyak, tulisannya bikin adem hati yang galau nih.
    Memaafkan memang tidak mudah, tapi bisa.
    Semoga dengan memaafkan pun juga bisa melupakan yang pernah terjadi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbk Reyne, memaafkan itu memang terasa sulit ya... apalagi utk seseorang yg udah nyakitin kita, tapi mesti kudu... biar gak bebani hidup. Thanks kunjungannya mbak..

      Delete
  3. Berat mbak.. :-D dan butuh waktu panjang untuk bisa "iklas". Bagaimanapun kita cuma manusia juga yang punya ego dan perasaan.

    Tapi.. kalau terus dibawa, pada akhirnya "beban" itu akan menjadi racun bagi diri sendiri.

    Nice post mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, butuh wkt lama utk bisa menerima n iklas. Setiap orang pasti punya ego... n berat rasanya.

      Tapi, kalo bisa, harus berusaha memaksakan diri, karena, membawa beban itu bisa jadi penyakit, atau spt mas Anton bilang, akan jadi racun itk diri.

      Delete

  4. Berat memang memaafkan orang yang telah menyakiti kita. Tapi??? Mahu bagaimana lagi tak mungkin untuk membalas yang ada kita tambah dosa, ya dengan menyerahkan diri pada tuhan karena Tuhanlah yang pantas memberi hukuman padanya yang menyakiti kita. Ya??? Dari artikel ini semoga aku bisa lebih kuat dan tegar untuk menghadapi mereka yang jahat terhadapku amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Tari, berat memang memaaf org yg menyakiti hati kita..
      Musti berjuang keras, mengalahkan kemarahan, bahkan terkadang rasa benci sanking terlalu sakit... sampai rasanya ingin bales, tapi, biarlah Allah saja yg menghukum mereka...

      Delete
  5. Disakiti karena cinta ya kak. Apapun alasannya itu kayaknya selalu menjadi yang terberat. Memaafkan justeru lebih berat daripada meminta maaf...

    Habisnya lagi, prinsip orang kalau lagi mencintai pasti gini: "If loving you is wrong I don't wanna be right," Eh aku sok tau ya kak...tapi memaafkan kata nenekku, adalah cara yang paling baik untuk melepaskan rasa sakit...Jadi aku selalu memaafkan kesalahan saudara saudaraku walau sakit akhirnya jadi ikhlas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Nissa, memaafkan itu terasa sulit. Bagi sebagian orang yg gak terbiasa melakukannya, mersa sangan berat. Ditambah lagi kalo org tersebut gak mau ngakuin kesalahannyaaa...

      Delete
  6. Hmmm memang kadang tidak mudah memaafkan apalagi kalo orangnya sebelumnya sangat dekat dengan kita tapi jika terus dipendam malah jadi racun bagi diri sendiri, sebaiknya memang memaafkan biarpun sulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas Agus, yang susah memaafkan itu pasti larinya ke diri sendiri. 'Dipendam' akhirnya malah jadi penyakit. Kata mas Agus, jadi racun utk diri sendiri.
      Duh banget kan...

      Delete
  7. wah bener sekali ini...biar kata sempat ada luka tergores di hati, tapi melupakan adalah hal terbaiq...ya walau kadang susah juga...tapi dengan demikian hati akan menjadi lebih enteng

    tetima kasih buat motipasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mba Nita...
      Iya, dengan cara melupakan n memaafkan bisa bikin kita jadi lepas dari beban hati n batin. Meskipun sangat sulit.

      Delete
  8. Amazing post!
    Thanks for sharing ๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    Regards:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Your welcome...
      I hope this article is useful for you๐Ÿ˜

      Delete
  9. Memaafkan berat banget sih mbak, hihihi...
    tapi terimakasih ya sudah menulis ini, semoga saya bisa mengikutinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mba Pipit, saya juga merasakan begitu...
      Memaafkan itu paling berat. Jika seseorang minta maaf atas kesalahannya, terkadang ada yg bilang, enak ajah... elo udah buat hati gue hancur, terus dgn gampangnya minta maaf. Nah kalau begini akan sulit utk memberi maaf.
      Moga artikel ini bisa sedikit bermanfaat.

      Terima kasih kembali mba Pipit sdh membacanya...

      Delete
  10. Memaafkan lebih berat dari meminta maaf, memaafkan butuh keikhlasan, mulut bisa berkata iya tapi hati belum tentu karena kita punya ego.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mas El, utk memaafkan seseorang yg udah nyakitin hati itu berattt...
      Lebih gampang minta maaf yah...

      Terus, sering juga dengan terpaksa memaafkan..
      dan, memang bener kata mas El, memberi maaf itu butuh iklas..

      Makasih iya mas El udah mampir dan baca postingan ini...

      Delete
  11. Mari kita saling mendoakan dan saling memaafkan. Amen

    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyees. Benar sekali. Saling mendoakan n memaafkan.
      Terima kasih mas Parpining..

      Delete
  12. tp jujur, aku paling benci yg namanya berpisah, sekuat apapun aku akan tetap mempertahankannya... terkecuali memang sudah tdk ada cara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener salut mas.
      Ini aku panggil mas siapa ya?

      Aku jg begitu, paling gak suka dengan kata berpisah....

      Delete
  13. Posting ini mencerminkan Anda berhati baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Tikno komennya.
      Terima kasih wktnya udah berkunjung
      Di sini๐Ÿ˜‡

      Delete
    2. Sama2 Ibu Ike. Blog Anda bagus

      Delete
    3. Terima kasih apresiasinya mas...

      Delete
  14. Daripada bikin tambah sakit hati, lebih baik didoakan ya, Mba.

    ReplyDelete
  15. kata orang sesulit sulitnya meminta maaf masih lebih mudah daripada memaafkan. Bukan hanya ucapan di lisan tetapi medoakan yang terbaik pada insan yang bersalah. Karena kesalahan setiap waktu bisa saja terjadi terhadap orang lain dan terhadap diri kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Sofyan..memaafkan itu paling sulitt. Sebagai manusia yg penuh dengan berbagai salah dan kekurangan...
      Lebih baik didoakan saja...

      Delete
  16. Bener banget, kalau ada orang yang tidak suka sama kita yaudah gak perllu diurusin.. Hidup kita juga bukan buat memenuhi ekspetasinya.. hhi

    ReplyDelete
  17. Membenci memang bikin hati ga bisa bahagia. Capek mikirin musuh Mulu. Daripada gitu, mendingan mikir yang bikin hati kita bahagia kan mba.

    Tapi memang ga gampang utk mendoakan orang yg udah nyakitin kita. Aku sendiri blm tentu bisa. Takutnya malah doa supaya dia ngerasain skit yg sama ๐Ÿคฃ.

    Tapiiiii aku juga bukan tipe pendendam kok mba. Ex suami yg selingkuh udah lama aku maafin sejak divorce. Males kalo marah2 mah, yg ada aku stress, ngapain. Aku lebih milih lupain bab yg berhubungan Ama dia. Anggab aja kesalahan utk belajar . Tapi jujur kalo mendoakan dia, aku emoh juga ๐Ÿ˜‚. Mending lupain ajalah.

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.