13 Jenis Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Wanita

Sebenarnya, aku malas pakai gambar ini, karena ada rasa takut banget melihat yang lagi terbaring di tempat tidur, dengan menggunakan peralatan medis itu. 

Aku masih trauma, karena belum lama ini keponakan pergi untuk selamanya. Dia juga gunakan peralatan yang hampir sama, tapi, sepertinya lebih banyak.

Aku sampai ngenes lihatnya, terus masih ada rasa trauma. Dengan penuh pertimbangan, dan kekuatan, akhirnya gambar ini dipilih. 
 
Untuk membahas setiap penyakit, apalagi penyakit parah, terkadang merinding. Namun, aku harus menulis. Selain untuk fail pribadi, sekaligus aku ingin berbagi info sehat. 
13 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Wanita
Pixabay Images
Setelah Searching ke berbagai website yang credible, baca berbagai buku tentang info penyakit yang akan diulas ini, sampai bikin biji mata mau lepas, akhirnya bisa juga diwujudkan dalam satu artikel. 

Rencana, artikel ini akan aku up-date sedetil mungkin, untuk fail pribadi, karena di tahun 2020, aku kehilangan beberapa teman dekat. Orang-orang  yang aku kasihi, dan sayangi. 
 
[Sebetulmya Artikel ini sudah mulai ditulis pada bulan Mei tahun 2020. Betapa lamanya...]
 
Baiklah, para wanita, kita tahu bahwa, tubuh kita ini berbeda sekali dengan pria. Dengan demikian, kita harus mengambil langkah-langkah pencegahan secara dini, agar kita bisa hidup sehat, dan panjang umur.
 
Membaca sebuah penelitian yang sudah diterbitkan oleh American Psycological Association Journal of Abnormal Psychology, mengatakan bahwa, wanita lebih rentan terhadap depresi, dan kecemasan, dibandingkan dengan masalah kesehatan lainnya. Dan, wanita juga lebih banyak menderita penyakit parah.  
 
Lantas, bagaimana dengan pria? Tentu nggak jauh berbeda. Pria juga nggak luput dari penyakit-penyakit parah, oleh gaya hidupnya yang nggak sehat, mencakup makanan, dan minuman.

Mari kita lihat, tentang beberapa jenis penyakit yang sering menyerang para wanita. Mengingat wanita sangat rentan, karena hormon, gen, serta anatomi tubuh. 
 
Jadi, aku sangat concern dengan hal ini. Tidak berarti para pria bisa sepenuhnya terbebas dari penyakit.

1. Kanker payudara

Kanker payudara lebih sering dialami wanita, karena wanita punya banyak jaringan payudara. Pada umumnya kanker payudara berasal dari lapisan saluran susu, dan bisa saja menyebar ke organ lainnya. 
 
Ini merupakan kanker paling umum, yang sangat agresif terhadap wanita hampir di seluruh belahan dunia. Di negara maju, maupun negara berkembang.
Tidak semua benjolan di payudara adalah kanker, tapi kamu harus memerisakan diri ke dokter. Meskipun kita memiliki beberapa faktor yang memungkinkan risiko kanker payudara, belum tentu kita akan mengalami kanker payudara. Sebab, kebanyakan wanita yang menderita kanker payudara, tidak mengetahui faktor penyebabnya. Juga tidak memiliki riwayat penyakit tersebut dalam keluarga. [Mayoclinic].
Aku memang punya beberapa teman penderita kanker payudara [para survivor kanker payudara]. Menurut penjelasan mereka bahwa, mereka tidak memiliki riwayat keturunan penyakit itu, sehingga merasa sangat bingung. 
 
Aku sering meluangkan waktu, untuk menjenguk para penderita kanker. Berbagi rasa, duduk dan mendengar berbagai keluh kesah mereka. Menghibur dan menguatkan mereka. Dari sini, aku merasa, betapa sakitnya mereka. Mereka sangat sensitif. Mereka berjuang keras untuk sehat. Oh Tuhan....
 
lalu, bagaimana dengan kita yang masih dikasih sehat, tetapi menyia-nyiakan tubuh kita? Kita masih nggak perduli??
 
Banyak peneliti mengemukakan hasil identifikasi mereka yang erat hubungannya dengan faktor hormon, gaya hidup seperti makanan, jadwal tidur malam, stres,   kurang istirahat, dan juga faktor lingkungan. Faktor-faktor ini diduga bisa mengembangkan kanker payudara. 
 
Jadi, para wanita, ini adalah warning bagi diri kita untuk menjaga tubuh kita dengan baik, menyangkut hal-hal yang sudah disebutkan di atas.

 2. Kanker Ovarium

Kanker ovarium juga sering dialami wanita. Wanita umur 50 tahun keatas, paling sering di serang kanker ovarium ini. Kebanyakan wanita berpikir bahwa, ia mengalami kanker ovarium itu di usia tersebut. 

Padahal, bisa saja kanker itu sudah mulai tumbuh beberapa tahun sebelum ia memasuki usia 50 tahun [ yang sudah menopause]. Hal ini di lansir dari NHS Choices.

Ini beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan kanker ovarium, [masih ada faktor lainnya, tetapi aku ambil yang sangat inti].
  • Jika di dalam keluarga ada riwayat penderita kanker payudara dan kanker ovarium. Misalnya, ibu, ayah, atau saudara perempuan kita menderita salah satu kanker di atas, maka kemungkinan besar akan menurunkan kepada saudara-saudaranya.  
  • Adanya mutasi gen yang berhubungan langsung dengan kanker ovarium [BRCA1/BRCA2]. Ini sangat berisiko.
  • Faktor usia juga sangat berpengaruh. Wanita usia 50 tahun ke atas [menopause], memiliki risiko. Tapi ingat, kanker ini bisa pula menyerang wanita usia muda.
Dilansir dari www.nhs.uk, seseorang bisa mengalami kanker ovarium, ketika sel-sel di ovarium itu tumbuh, lalu berkembang biak secara tidak terkendali, sehingga menghasilkan gumpalan jaringan yang disebut tumor. Penyebab itu tidak jelas, selain karena beberapa faktor yang sudah disebutkan di atas.
Kanker ovarium seringkali tidak terdeteksi di stadium awal, sampai sudah menyebar ke beberapa organ tubuh [perut dan panggul]. Orang akan merasa seperti iritasi usus. Dokter tidak bisa menyimpulkan penyebab pasti. [Halodoc].
Catatan : kanker serviks berbeda dari kanker ovarium. Kanker serviks itu dari rahim  bagian bawah, sedangkan kanker ovarium di saluran tuba. Tetapi, orang akan merasa sakit yang sama, jika mengalami dua jenis kanker tersebut. 
 
Jadi, kalau orang ke dokter untuk pap smear, itu untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda mengalami kanker serviks, dan bukan kanker ovarium.

3. Kanker serviks

Kanker serviks adalah kanker yang sering terjadi pada wanita. Menurut data dari WHO, Jumlah wanita yang menderita kanker serviks di seluruh dunia pada tahun 2018 mencapai 570.000, dan 311.000 wanita penderita meninggal dunia. Mengingat sekarang tahun 2021, maka kemungkinan besar jumlahnya telah melebihi.

Wanita diharapkan untuk memeriksakan dirinya ke dokter, dengan cara:

a. Jalani tes pap rutin .
b. Pendekatan primer yang efektif, Vaksinasi HPV
c. Sekunder skrining untuk pengobatan lesi prakanker
 
Hal ini akan mencegah sebagian besar dari kasus kanker serviks.
Menurut WHO, kanker serviks adalah kanker yang paling berhasil disembuhkan, asalkan kita ke dokter secepatnya, agar segera ditangani dengan serius.

4. Sindrom ovarium polycystic

Apa itu sindrom ovarum polycystic? Dilansir dari uclahealth.org [UCLA Obstrics and Gynecology], sindrom ovarium polikistik [PCOS] adalah,  suatu gangguan endokrin/hormonal yang terjadi pada wanita usia reproduksi. Ini dapat mempengaruhi sekitar 7 persen dari wanita, di mana ovariumnya bengkak, dan tertutup kista.
 
Tetapi, tidak semua wanita dengan kondisi PCOS mengalami pembesaran pada ovarium. Kondisi ini sering terjadi pada wanita yang baru pertama kali mentruasi, dan memasuki usia 20 tahun. Ini bisa berakibat serius, meski masih sulit untuk di diagnosa. Mengingat gejalanya bervariasi.

Wanita  dengan sindrom ovarium polikistik [PCOS] selalu mengalami waktu haid yang panjang, atau sebaliknya jarang, dan tidak teratur mendapat haid. 
13 Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Wanita
Pixabay Images

5. Premenstruasi Sindrome

Apa itu premenstruasi sindrom? premenstruasi sindrom [PMS] ialah, kumpulan beberapa perubahan yang lazimnya terjadi pada wanita, saat mengalami datang bulan. 
 
Hampir setiap wanita, termasuk aku, waktu mengalami menstruasi merasakan nyeri perut, perut keram, perubahan bentuk payudara [agak bengkak]. Kemudian, merasa badan lesu, merasa cemas dan gampang tersinggung. 
 
Ini yang sering menyebabkan wanita jadi pemalas, ingin tidur saja, dan pembawaannya emosi. Aku memang merasakan hal ini. Mungkin, sebagian wanita lain tidak merasakan apa-apa saat menstruasi. Setiap orang berbeda.
PMS ini diketahui terjadi lebih dari 90 persen pada wanita, dan cukup mengganggu berbagai aktivitas sehari-hari. Apalagi mereka yang bekerja di kantor. [healthline]
Para peneliti berkesimpulan bahwa, kejadian tersebut berkaitan dengan perubahan serotonin.

6. Frigiditas 

Masalah frigiditas ini banyak terjadi di kalangan wanita. Faktor yang paling besar adalah, terkait dengan sosial dan psikologis. 
 
Wanita yang sering stres, cemas dan depresi dalam waktu lama. Entah karena masalah keluarga, atau masalah pekerjaannya, diketahui gampang mengalami frigid. 
 
Beberapa masalah yang dapat menyebabkan frigiditas adalah penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, dan tentu masih ada penyakit berat lainnya.
 
Jika masalah ini sudah sangat mengganggu kamu, segerahlah temui ahli medis/dokter/psikiatri untuk konsultasi, sehingga mendapat penanganan/pengobatan.

7. Keputihan

Sepertinya setiap wanita menjelang dan sesudah masa haid, pasti mengalami keputihan. Ini normal saja. Sering terjadi di masa-masa subur. 
 
Dianggap baik, artinya tidak bermasalah selama keputihan tersebut tidak berwarna, dan tidak berbau. Kamu bisa rebus daun sirih, kemudian bersihkan area kewanitaan kamu dengan daun sirih.

8. Endometriosis

Apa itu endometriosis? Endometriosis ialah, jaringan yang membentuk lapisan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim. 
 
Wanita dengan kondisi endometriosis sering mengalami nyeri waktu haid. Sama halnya dengan wanita yang sehat-sehat saja juga mengalaminya.

Seringkali terjadi salah diagnosis, karena memiliki ciri yang sama. Mereka berpikir hanya nyeri biasa setiap datang bulan. 
 
Ada beberapa hal yang bisa diketahui jika kita perhatikan lebih detail yaitu, jika seseorang menderita endometriosis, maka sering merasa kram, dan terjadi pendarahan serius dan nyeri pelvis.

Semakin lama nyeri dan kram itu semakin berat, diikuti dengan pendarahan. Dengan kondisi demikian, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Pemerikasaan itu meliputi panggul, ini untuk mendeteksi kista/endometrium.

Untuk pemeriksaan tersebut, diperlukan laparoskopi dan ultrasound untuk mendiagnosa lebih jelas [mendapat kepastian] tentang penyakit tersebut.
Jaringan endometrium ini bisa tumbuh di usus, tuba galopi, indung telur, [saluran telur], rektum, atau di area kewanitaan, [bagian akhir usus yang terhubung ke anus].

9. Anoreksia

Sampai saat ini, para peneliti nggak sepenuhnya yakin apa sebenarnya penyebab anoreksia.
Anoreksia sebetulnya merupakan masalah kesehatan jiwa. 
 
Penderitanya ingin punya tubuh langsing mungkin seperti gitar spanyol, sehingga mereka sangat terobsesi menguruskan badan [diet ketat]. 
 
Tidak makan karbohidrat, tidak makan protein, bahkan tidak mau makan samasekali. Ini paling bahaya. Mereka nggak pernah merasa puas dengan bentuk tubuh yang sudah dicapai.
 
Mereka nekat minum obat-obatan untuk menurunkan selera makan, obat yang bisa diminum setelah makan langsung BAB. Mereka merasa sangat khawatir, jika memasukkan makanan ke dalam tubuh, maka akan menjadi gemuk. 
 
Kebanyakan dari mereka memuntahkan makanannya. Rasa khawatir berlebihan inilah yang dapat mengganggu kesehatan jiwa mereka. 
Dilansir dari www.halodoc.com bahwa, sebetulnya anoreksia adalah masalah kesehatan jiwa yang menyebabkan si penderita merasa sangat terobsesi punya ukuran tubuh kurus. Mereka takut terlihat gemuk.

10. Penyakit Osteoporosis

Penyakit osteoporosis adalah penyakit tulang yang memiliki risiko tinggi patah tulang. Tulang menjadi rapuh. 
 
Bahkan dengan hal-hal kecil seperti batuk, membungkuk, tersandung dan jatuh, bisa terjadi patah tulang. 
 
Menurut National Osteoporosis Founddation, ada 44.000.000 orang Amerika Serikat menderita osteoporosis, yang sebahagian besar adalah wanita [mencapai 68 persen].
 
Di Indonesia ada sekitar 2.000.000 kasus osteoporosis / tahun. Ini menurut sumber dari Mitra Keluarga. Ini artinya kita tidak boleh menganggap remeh dengan penyakit tersebut.

Tanpa sadar, ini beberapa kebiasaan tidak baik yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit osteoporosis

  • Terlalu banyak duduk. Kamu lebih suka duduk manis di depan TV seharian untuk nonton sinetron [ku menangisss...hhhh] apalagi nonton drakor, bisa-bisa lupa makan dan lupa minum sanking asyiknya. Yang paling sering adalah, bekerja dengan komputer. Ini benar-benar seharian bisa tidak bergerak, yang ada hanya mata melotot layar komputer, dan tangan yang menari-nari di atas kibord.
  • Nggak olahraga. Jangankan olah raga lari-lari kecil, mau gerakkan tubuh saja sudah malas. Jadi, otot dan tulang nggak pernah digerakkan. Padahal olahraga seperti jalan santai, menari, dan beberapa olahraga lain yang bisa dilakukan untuk melatih tulang dan otot, supaya terhindar dari osteoporosis ini, dan meningkatkan kesehatan tubuh.
  • Gemar minum minuman bersoda dan minuman beralkohol. Ini kegiatan yang paling buruk, dan gampang menyebabkan osteoporosis.

Risikonya

a. Makanan. Lebih sering makan makanan tinggi lemak [kolesterol jahat LDL], ketimbang makanan sehat.
 
b. Usia. Wanita yang sudah menopause akan kehilangan masa tulang. Pria juga bisa mengalami osteoporosis di usia 65 sampai 70 tahun mereka juga kehilangan masa tulang.
 
c. Jenis kelamin. Pria juga bisa menderita penyakit osteoporosis, akan tetapi wanita lebih besar memiliki risiko osteoporosis
 
d. Penyakit yang dialami. Penyakit yang membutuhkan obat-obatan kimia tertentu, dan dikonsumsi dalam waktu lama.
 
e. Gaya hidup. Sering makan makanan cepat saji. Tidak suka makan sayuran. Minumnya suka yang bersoda dll.

f. Asupan kalsium sangat minim. Tentunya banyak hal lain yang dapat memicu penyakit osteoporosis yang tidak disebutkan di sini

11. Masalah tiroid

Salah satu artis terkenal di Indonesia, yaitu Jesika Iskandar dikabarkan menderita penyakit tiroid, tetapi belum diketahui dengan pasti, jenis penyakit tiroid yang ia derita. Apa sebetulnya tiroid itu? 
 
Tiroid adalah kelenjar kecil, bentuknya seperti kupu-kupu yang letaknya pas di tengah leher sebelah bawah.

Kelenjar tersebut menghasilkan hormon sebagai pengontrol metabolisme tubuh. Mengontrol detak jantung dan suhu tubuh. Wanita lebih sering menderita penyakit ini ketimbang pria.

Faktor penyebabnya

  • Mengalami kelainan autoimun
  • Kekurangan yudium
  • Gangguan hipofisis 
  • Terapi radiasi
  • Memiliki penyakit bawaan. Masih banyak lagi yang belum disebutkan

Gejalanya

  • Sering lupa 
  • Merasa lelah
  • Berat badan turun hingga kurus
  • Rambut dan kulit menjadi kering
  • Susah tidur
  • Suara jadi serak
  • Bawaannya mengantuk
  • Jantung berdebar
  • Merasa cemas
  • gampang tersinggung
Jika kamu adalah penderita penyakit tiroid, segera datang ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan kamu, sehingga dapat ditangani lebih cepat.
 
Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter, tanyakan secara jelas tentang penyebab, risiko, dan gejala lain yang mingkin belum disebutkan di sini. Jangan lupa juga beberapa hal penting menyangkut pengobatan tiroid.

12. Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun. Wanita lebih banyak menderita lupus, dibandingkan dengan pria. Lupus adalah salah satu gangguan autoimun, dimana sistem tubuh menyerang jaringannya sendiri. 
 
Semestinya fungsi dari imun ini untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, misal infeksi. 
 
Biasanya dialami oleh orang usia dewasa-muda. Jika sudah terserang penyakit lupus, maka bisa mempengaruhi hampir di seluruh tubuh, seperti rambut, kulit, nyeri otot, sendi, otak, paru-paru, ginjal, dll.

Gejala seseorang terserang penyakit lupus/autoimun

  1. Dada nyeri 
  2. Nyeri otot
  3. Terjadi pembengkakan pada sendi
  4. Merasa sangat lelah
  5. Ruam merah di wajah meliputi hidung, pipi berbentuk kupu-kupu
  6. Kepala sakit 
  7. Rambut rontok
  8. Mata jadi kering
  9. Tidak ingat apa-apa 
  10. Merasa sesak napas
  11. Sariawan 
  12. Merasa demam
  13. Mata bengkak
  14. Mengalami demam yang tidak biasa
Melihat data dari WHO [World Health Organization], ada sekitar 5 juta orang menderita penyakit lupus di dunia. Di dalam datanya dicatat, tiap tahun terdapat lebih dari 100.000 kasus baru penyakit ini. Luar biasa.

Angka di atas terus bertambah dari tahun ke tahun. Untuk itu, Kita perlu waspada. Anak-anak dan remaja juga bisa menderita lupus. Pria juga tidak dapat menghindar dari penyakit tersebut.

Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa jenis penyakit lupus yang dialami oleh masyarakat, dan ternyata yang sering datang berobat ke rumah sakit adalah, jenis penyakit lupus 'Lupus Eritematosus Sistematik'. 

Yang dikenal dengan sebutan penyakit [seribu wajah]. Lupus Eritematosus Sistematik [LES] ini merupakan penyakit autoimun yang sangat kronis. Belum diketahui dengan jelas penyebabnya sampai saat ini.

13. Penyakit osteoarthritis

Osteoarthritis adalah salah satu jenis penyakit yang termasuk dalam bagian penyakit autoimun. Penyakit degeneratif. Penyakit ini disebabkan oleh keausan sendi. 
 
Wanita lebih tinggi risiko terkena osteoarthritis dari pada pria. Pria usia muda juga bisa terserang osteoartrhitis karena trauma yang diakibatkan oleh cedera.
 
Sedangkan bagi wanita yang sudah berusia 40 sampai 50 tahun. Terutama yang sudah menopause, lebih besar risikonya mengalami osteoarthritis, karena hormon estrogen sudah tidak ada. Ini berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Akibat dari osteoarthritis:

  1. Nyeri pada sendi
  2. Sendi bengkak
  3. Tulang kaku
  4. Susah menggerakkan sendi
  5. Kerusakan jaringan ikat

Faktor-faktor risiko meliputi:

  1. Riwayat keluarga. Jika salah satu di keluarga kamu, misalnya : nenek/kakek, paman/bibi menderita osteoarthritis, maka kamu juga punya peluang besar untuk menderita osteoarthritis. Jadi, coba kamu tanya-tanya, apakah ada penderita osteoarthritis di keluarga kamu?
  2.  Jenis kelamin. Wanita cenderung menderita osteoarthritis, meskipun pria juga bisa menderita
  3. Usia. Rata-rata orang yang menderita osteoarthritis yaitu, 40 sampai 50 tahun ke atas.
  4. Pekerjaan. Pekerjaan yang banyak menggunakan fisik
  5. Mengalami cedera. Biasanya ini terjadi pada orang yang berolah raga dan terjadi cedera
  6. Berat badan. Orang yang memiliki berat badan tidak seimbang. Kegemukan

Penyakit hypothyroidism

Apa itu hypothyrodism [hipotiradisme]? Adalah sebuah kondosi ketika kelenjar tiroid kurang aktif, dan tidak menghasilkan hormon tiroid dengan baik. Selain itu , berfungsi untuk mengatur suasana hati, energi tubuh dan berat badan. 

Berdasarkan laporan dari Woman"s Day bahwa, ada kira-kira 10 % wanita mengalami beberapa jenis hipotiroidisme.

Gejala penyakit  hipotiroidisme:

  1. Merasa lelah 
  2. Sulit tidur 
  3. Berat tubuh naik /turun
  4. Rambut rontok
  5. Rambut kering, kusam, dan menipis
  6. Hilang nafsu makan
  7. Susah berkonsentrasi
  8. Muka pucat
  9. Tiba-tiba gugup
  10. Detak jantung lemah
  11. Terjadi sembelit
  12. Badan sering terasa dingin
  13. Mengalami depresi
  14. Sangat sulit konsentrasi
Hipotirodisme terjadi pada wanita di usia 60 tahun ke atas.

Selain 13 jenis penyakit di atas, ada juga beberapa jenis yang lain:

  1. Multiple sclerosis. Ini adalah penyakit aotoimun lain, yang sering menyerang wanita. Tubuh  kita menyerang saraf otak dan sumsum tulang belakang, yang menyebabkan mati rasa. 
  2.  Dismenorrhea. Penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain, gangguan endometriosis.
  3. Celiac. Penyakit celiac juga adalah bagian dari penyakit aotuimun. Tubuh menyerang pencernaan kita. Perut terasa kembung, mulas, banyak gas, dan diare. Penderita yang paling banyak adalah wanita.
  4. Infeksi kandung kemih. Umumnya terjadi pada wanita, meskipun pria juga mengalami
  5. Depresi. Perempuan lebih besar mengalami depresi dibandingkan pria .
  6. Masalah kehamilan. Sel darah merah bisa turun pada saat ibu hamil. Juga bisa stres sampai pada depresi. 
  7. Wanita juga lebih sering menderita infeksi kandung kemih. Pria dengan kondisi batu ginjal dan prostat pun menderita infeksi kandung kemih.
  8. Gelisah. Wanita diketahui paling sering gelisah dan khawatir.
  9. Irritable bowel syndrome. Adalah soindrom usus besar yang teriritasi.
Kesimpulan
Wanita maupun pria harus menerapkan gaya hidup sehat. Dapat mengelola stres dan berpikir positif. Meskipun ada beberapa penyakit di atas, dapat terjadi karena keturunan [gen], polusi udara, dll.

41 comments for "13 Jenis Penyakit Ini Lebih Sering Menyerang Wanita "

  1. Turut berduka cita atas berpulangnya keponakan kak Ike.
    Semoga beliau bahagia berada disisiNya.
    Untuk keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

    Aku setuju dengan pesan kesehatan dari kak Ike, baik pria maupun wanita harus menerapkan pola hidup sehat agar jauh dari bermacam jenis penyakit.

    Terkadang kalau sedang ngga punya waktu cukup luang buat berolaharga, aku sengaja jalan mondar - mandir mengelilingi ruangan atau bebersih ini itu.
    Tujuannya agar tubuh banyak bergerak dan lebih sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Him atas ucapan turut duka cita. Iya, tahun kemaren adl thn yg aku rasa cukup berat, krn aku kehilangan orang2 terkasih.

      Sedih luar biasa lihat mereka menderita penyakit. Sedikit banyak adalah, nggak menjaga kesehatan. Dari segi makan, dan minum. Juga malas olah raga. Nggak peduli dgn jam2 tidur. Ini yg mereka lakukan dlm kesehariannya. Iya, mungkin karena sedikit anggap remeh. Padahal semua itu bisa jadi fatal.

      Bener mas, harus bergerak. Jln santai seputar rumah pun jadi. Kemudian minum air putih. Lupakan minuman bersoda n berwarna. Ini bagian kecil saja.

      Semoga mas Him sll sehat. Amin.
      Hv a blssd day

      Delete
    2. Sama-sama, kak.
      Yang sabar dan tabah.

      Terimakasih juga doa dari kak Ike.
      Jaga kesehatan dengan baik ya, kak.

      Delete
  2. Turut berduka cita Ike atas wafatnya keponakannya. Semoga ia diberikan tempat yang layak di sisiNYA.

    Tapi saya senang bisa melihat Ike kembali aktif.. hahaha welcome back dan terima kasih atas informasi di atas.

    Horee ada yang aktif lagi menulis.. πŸ•ΊπŸ•ΊπŸ•ΊπŸ•ΊπŸ•Ί

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bos, ats ucapan duka cita...

      Terima kasih udah luangkan waktu di sela2 kesibukan utk mampir. Terima kasih juga ats dorongan semangatnya, sehingga meskipun nggak tiap kali ada post baru, tapi, syukurlah post ini bisa terbit. Dengan penuh perjuanganπŸ˜‡

      iya ampun, segitunya penuh perjuangan🀭
      Semoga post lainpun menyusul. Itu klo nggak ada halangan rintangan dan sebagainyaπŸ˜…

      Terima kasih pak bos Maniak Menulis...
      Hv a wonderful day...

      Delete
  3. Semoga kita semua (mewakil istri saya) dijauhkan dari penyakit-penyakit diatas, dan buat para bapak-bapak jangan bikin istrinya stres yah, bikin bahagia dan selalu ceria setiap hari. Gak mau kan istrinya mengalami frigid dan keputihan gara-gara sering stress?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, amin mas Roni. Nah, bapak-bapak, denger yah... ini udah ada suara bapak Roni yg mewakili bapak semuaπŸ˜‡

      Terima kasih mas Roni..

      Delete
  4. Penyakit autoimun itu banyak bgt yaa jenisnya. Jd agak serem sih mba :(. Kuatir aja jadinya. Apalagi ini jenis penyakit yg blm ada obatnya

    Aku udh vaksin komplit utk Kanker serviks. Kebetulan wkt itu sdg ada prmo di RS, jd lgs buru2 ikutan. Soalnya lumayan mehooong kalo ga promo hahahaha... Mana 3x suntik.

    Utk penyakit lainnya, semoga aja semua kita dihindari dari penyakit2 di atas. Aku juga serem kalo inget, pernah saking parnonya, sakit dikit di payudara , aku udh mikir jelek banget. Tp rasanya itu Krn hormon Krn mendekati datang bulan.

    Btw, aku seneeeeng nih ada tulisan baru dr mba Ike ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Fan, penyakit autoomun itu banyak banget jenisnya. Tapi, nggak usah khawatir mba, yg penting jalani gaya hidup sehat.

      iya, vaksin utk kanker serviks itu paling penting. Memang mahal ya mbaa, tapi utk sehat dan pencegahan iti harus.

      iya, sama mba, aku kalo adabyg aneh2 di payudara aja udah was2. Ya, balik lagi, gaya hidup sehat, kelolah stress n perhatikan jam2 tidur mlm.

      Jgn begadang. Krn tidur mlm dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Memperbaiki sel2 yg rusak dll.....

      Delete
  5. Mba Ike, turut berduka cita atas berpulangnya keponakannya ya Mba.

    Sejujurnya, saya takut bacanya Mba, cuman karena memang akhir-akhir ini saya juga sering menulis tentang kesehatan, setidaknya jadi kayak notice tersendiri buat saya untuk lebih memperhatikan hak tubuh untuk tetap sehat.

    Btw Mba, kakak saya pernah didiagnosa Lupus, tapi setahu saya, lupus itu nggak bisa sembuh ya, kakak saya hanya kadang-kadang sih menderita entah penyakit apa, biasanya kalau dia banyak pikiran, seluruh badannya bengkak dong, kulitnya ruam parah, saya dulu juga ruam kena matahari, trus kena inerson gara-gara itu salep sahabat kakak saya, sakit sering banget kulitnya ruam parah kalau dia banyak pikiran.

    Sedih sih kalau dia sakit tuh, mana ortu juga nggak tinggal dekat kakak, anaknya 3, suaminya juga sibuk.

    Ah semoga kita selalu diberi kesehatan ya Mba, ngeri banget saya ama yang namanya sakit itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Rey, atas ucapan duka cita..

      Bener mba, penyakit lupus itu gak bisa disembuhkan. Lupus sendiri ada 3 jenis:
      1. Lupus Eritematosus Diskoid [LED]
      2. Systemic Lupus Erythematosus [SLE]
      3. Lupus yang terjadi akibat pemakaian obat

      Nah, yg kakaknya mba Rey ini didiagnosa yang jenis apa?

      iya mba, kadang kalo sakit trus gak sembuh2/sering kambuh, meski masih ringan, bisa bikin frustrasi mba...

      Dari semua itu, sebisa mungkin kita jaga kesehatan [gaya hidup sehat]. Kelola stres, perhatikan jam2 tidur, dll.

      Klo gitu, mba gak boleh berlebihan kena matahari. Yang jam 10 pagi ke atas.

      Kudu hati2 mba, dengan pemakaian obat. Kadang kita gak cocok dengan obat yang org lain pakai. Baiknya konsultasi dg dokter.

      Iya mba, semoga kita selalu dikasih kekuatan dan kesehatan oleh Tuhan. Amin.

      Delete
    2. Saya nggak tahu pasti sih Mba, kakak saya tuh memang sakit-sakitan, jadinya didiagnosa berbagai penyakit, lupus itu sebenarnya juga belum jelas, masih dugaan, tapi gejalanya memang mirip.

      Bahkan pernah juga dikira autoimun.

      Kalau saya selama ini seram aja ama yang namanya kanker dan semacamnya, tapi ternyata saya kena di tulang dan sendi deh kayaknya.

      Kudu rajin bergerak dan kurangi berat badan juga nih, nggak enak banget sakit tulang atau sejenisnya itu, karena kita nggak keliatan sehat, rasanya nggak dipercaya kalau kita ini kesakitan hiks

      Delete
    3. iya mba, kalau blm jelas sakit kakaknya mba, sebaiknya didiagnosa dokter lagi. Istilahnya second opinion gitu mba. Aku begitu, kalo sakit, gak cuma 1 dokter, tapi, aku pergi ke 2 dokter...

      Tapi, beberapa artikel mba yg aku baca, kel mba juga ada latar belakang medis iyaaa..
      Moga kakak mba bisa berangsur pulih.

      Mba, jangankan lupus, rematik itu udah termasuk penyakit autoimunπŸ˜‡

      Iya mba, jangan sampai deh kenak kanker..
      Tuhan jauhkan penyakit ini.

      Mba, kalau bisa rontgen punggungnya.
      Jangan kelamaan duduk, minum air putih yg banyak. Olah raga ringan.

      Akhirnya, balik lagi ke gaya hidup sehat. Perhatikan jam makan, jam tidur, istirahat cukup. Daaaaan, kelola stres...πŸ’•

      Delete
  6. Mba Ike, turut berduka atas kehilangan keponakannya Mba Ike.. Dan kehilangan kenalan2 lain belakangan ini yg Mba Ike sebutkan. Semoga selalu diberikan ketabahan yaaa πŸ’–πŸ’–

    Infonya super2 detail dan lengkap mba. Makasi ya Mba 😊 Dr seluruh penyakit, aneroksia itu yg paling disebabkan gaya hidup dan psikologis kali ya. Aku juga hampir ga pernh denger cowok yg menderita aneroksia. Banyaknya memang wanita ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Thessa ucapannya..

      Sama2 mba Thessa, semoga infonya bisa bermanfaat iya...

      Iya mba, anoreksia ini paling berkaitan dengan gaya hidup dan psikologi seseorang. Dan, memang cowok gak pernah alami penyakit iniπŸ˜‡

      Salam sehat sll iya mba Thessa n keluarga kecilnyaπŸ’•

      Delete
  7. terima kasih nih mbak ike jadi menambah pengetahuanku akan beberapa penyakit yang rawan menghinggapi wanjta...namun semoga saja kita selalu sehat sehat saja ya

    yang paling menarik perhatianku ini masalah tiroid mba...sebab beberapa artis pernah diliput ada menderita ini dan harus dilakukan perawatan intensif supaya hormon tidak saling bertumburan fungsi ya...

    juga anoreksia...sejujurnya pas kuliah aku hampir sih eh ga ding.. aku lebih ke takut makan karena takut ndut dulu...tapi itu dulu..uda sembuh sekarang hehehe..makanya dulu kuliah akutu kurus ceking banget bb pernah di angka 30 an something serem emang.. tapi abis itu ga lagi sih...uda kepala 40 an kilo hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Nita, semoga kita selalu terhindar dari berbagai macam penyakit seperti di atas itu... serem juga tuh.. apalagi musim pandemi ini, harus bener2 jaga kondisi kesehatan.

      Bener mba, beberapa artis kita ada yang terkena penyakit tiroid..
      Apalagi yang namanya anoreksia, banyak banget. zaman now kan banyak orang yg pengen badannya kayak gitar tuh :D. Gak cuman artis, semua wanita deh, hihi...

      Boleh aja sih, gak ada larangan. Tapi, jangan sampai berlebihan, ujung2nya larinya ke psikis. Kalo mau ramping, ya ikutan program diet yang baik. Konsultasi dgn ahli gizi misalnya.

      Wah, mba Nita dulu bb-nya nyentuh angka 30? Langsing banget mbaaa...
      etapi maklum juga sih masih kuliah mah biasanya badan langsing. Sekarang udah nikah, jadi 40 an. Gak papa mbaaa.. gak gede amir :D
      Yang utama adalah sehat....

      Salam sehat sll utk mba Nita n kel kecilnya....

      Delete
  8. Turut berduka cita dan ikut menyimak artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Wakarsa kunjungannya, dan selamat menyimak artikelnya. Semoga bermanfaat iya.

      Delete
  9. Kak Ike, turut berdukacita ya :( semoga Kakak dan keluarga diberi penghiburan dan kekuatan selalu dalam menghadapi kenyataan ini :(

    Terima kasih juga atas informasinya di atas πŸ™πŸ». Buanyak banget ya penyakit yang mudah menyerang wanita 😒. Dan top 3 yang Kakak sebutkan itu yang paling sering terdengar dialami banyak wanita di dunia.
    Kak Ike jaga kesehatan selalu yaaa! Semoga kita dijauhkan dari segala penyakit di atas πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»
    Kecuali PMS karena ini bawaan hormon hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Peri Kecil q ats ucapan duka citanyaaa...

      Terima kasih, bila informasinya bermanfaat untuk Lia.

      Iya Lia, yg top 3 itu banyak sekali di alami wanita di seluruh dunia. Makanya, mulai sekarang harus punya gaya hidup sehat iya Lia.

      Perhatikan jam makan, jam tidur malam, jam istirahat. Daaaaan, apa yg dikonsumsi...
      Jarus selaksi pop. Apa yang mau dimasukkan ke dlm perut. Alias menu makanan.

      Banyak minum air putih dibandingkan dengan minuman berwarna dan bersoda.

      Tuhan selalu berkati Lia sekeluarga n juga kak Ike n keluarga. Amin.πŸ’•

      Delete
  10. aku sering banget mengalami nyeri ketika haid,kalau diprosentase lebih banyak seringnya ketimbang enggaknya
    badan sampe lemes, kayak mau pingsan, tiba tiba badan hangat, paling nggak enak kalau pas di kantor, makin ga konsen dan pernah sampe ijin pulang, saking lemesnya.

    turut berduka cita atas kepergian keponakan tercinta ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ainun, paling gak enak lagi haid. Nyeri perut. Apalagi hari ke 3 tuh banyak banget... pas di kantor, uh repot..
      Untungnya sekarang udah ada peraturan cuti haid. Eh tapi, mungkin ini tergantung kebijakan masing2 kantor iya. Soalnya ada juga yg gak berlakukan cuti...

      Kalo sakitnya/nyeri yang masih wajar si gak apa2 mba'. Normal, hampir semua perempuan begitu yah...

      Terima kasih mba, ucapan duka citanya..
      Salam sehat selalu utk mba Ainun n famsπŸ’•

      Delete
  11. Turut berdukacita juga mbak Ike atas kepulangan sang ponakan, semoga almarhum diberikan tempat yang baik disana, amin.

    Banyak sekali penyakit yang menyerang wanita ya, yang sering memang kanker payudara. Tahun kemarin bibi saya ada yang meninggal karena penyakit tersebut.

    Jadi sebenarnya dua tahun lalu udah kena cuma ditahan saja sambil diobati dengan pengobatan alternatif tapi tidak sembuh. Awal tahun 2020 akhirnya operasi. Setelah di operasi kondisinya membaik, tapi entah kenapa bulan Agustus kondisinya makin memburuk terus dan akhirnya meninggal.😭

    Koreksi dikit mbak, itu ciri ciri peyakit autoimon atau lupus yang nomor 11 sama 15 sama saja yaitu sariawan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Agus, ucapan duka citanya...

      Mas, mamanya udah mendingan ya?
      Semoga mamanya mas Agus diberikan kekuatan sll. Amin.

      Iya mas, perempuan ini sangat sensitif. Banyak sekali penyakit bisa menyerang. Mendengar kata kanker saja aku udah sangat merinding!! banyak perempuan menderita Kanker payudara dan kanker serviks.

      Kalo udah kena, harus berjuang. Istilahnya seperti perang. Perang melawan hati, batin, pikiran dan penyakit sampai tuntas.
      Harus tenang, ceria, gembira, berdamai, dan gak boleh stres. Dan masih banyak lagi....

      Turut berduka cita juga iya mas, atas meninggalnya bibi terkasih. Meskipun udah lewat. Moga almarhuma diberikan tempat yg terbaik. Amin.

      Iya mas Agus, terima kasih koreksinya. Aku udah hapus yg no.15.

      Salam sehat selalu utk mas Agus n fams...




      Delete
  12. Turut berduka cita ya mbak, Semoga keponakan diberi tempat terindah dan keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kekuatan. Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ats ucapan duka citanya iya mba Annisa. Salam kenal juga.

      Delete
  13. No. 6 itu penyakit psikologi ya kak, atau yang berhubungan dengan rasa cemas, takut, depresi atau masalah keluarga serta pikiran dan beban yang berat ya kak. Tapi saya sebagai laki-laki juga bisa mengalami hal itu kak tapi apakah lebih cenderung pada seorang wanita kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mas Andy. Penyakit tersebut erat kaitannya dengan psikologi seseorang. Laki-laki juga bisa mengalami. Tapi, tidak dengan sebutan frigit. Ini cenderung terjadi pada wanita.

      Delete
  14. Informatif sekali, mbak
    terimakasih sudah menuliskannya ya

    Saya turut kehilangan dan berduka, semoga mbak dan keluarga diberikan kesabaran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali mba Pipit, jika artikel ini informatif, dan bisa bermanfaat utk mba Pipit. Terima kasih juga ucapan duka citanya iya...

      Delete
  15. Turut berduka atas kepergian kepnakannya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bang Ancis atas ucapan duka citanya...

      Delete
  16. Turut berduka cita atas berpulangnya keponakan Mbak Ike.
    Semoga beliau berbahagia berada disisi-Nya.
    Untuk keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.dan kesabaran.

    Ohy, ngeri - ngeri banget yah penyakitnya. Semoga kita semua terkhusus kaum wanita terhidarkan dari berbagai penyakit.Amin.

    Kita memang harus menerapkan pola hidup sehat. Misalnya tetap menjaga diri agar tidak mudah sterss, sebab kalau stress semua penyakit gampang muncul. Terutama penyakit bulan tua ( bokek ), hati - hati loh dengan penyakit yang satu ini soalnya bisa bikin uring - uringan dan cakar - cakar ubin.hahaha......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kang Nata, ucapan duka citanya..

      Iya kang, ngeri2 penyakit wanita..
      Tapi, pria juga gak luput dari berbagai penyakit berat juga, kalau gak bisa miliki gagaya hisup sehat...

      Aduh, bener bangeeet nget deh, kang Nata...
      itu penyakit bulan tua itu berdampak sekali. Dan betul bisa saling cakar-cakaran...maksudnya cakar ubin🀣🀣🀣

      Delete
  17. Betul sekali, gaya hidup sehat memang menjadi kunci utama utk mencegah berbagai macam penyakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss, gaya hidup sehat adalah kunci..
      Yuk, mulai saja sekarang terapkan ya mas..
      Slm sehat sll😊

      Delete
  18. Mba Ike, turut berdukacita atas kepulangan ponakannya ya. Semoga Mba Ike dan keluarga diberi kekuatan dan penghiburan πŸ™πŸΌ

    Duh, ngomongin soal tulang jadi ingat mamaku suka ngoceh kalo perempuan harus rajin konsumsi kalsium dan vit D, karena kita pernah melahirkan dan menyusui, sehingga kalsium keserap banyak. Mana aku juga ngopi πŸ˜… Makanya sekarang aku usahain rajin stretching, minum suplemen dan makan sayur buah. Masih muda udah suka ngeluh pegel di pinggang kan gawat πŸ˜‚

    Terus soal keputihan ini aku juga ngalamin khususnya kalo lagi stres, Mba. Setelah stresnya dikelola, puji Tuhan keputihannya juga hilang. Memang kadang sumber penyakit tuh datang dari pikiran ya.

    Terima kasih banyak sharing-nya, Mba Ike. Semoga kita semua sehat-sehat selalu yaa ✨

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Jane ucapan duka citanya...

      Duh, iya mba, kita perempuan ini harus bener2 perhatikan asupan vitamin, nutrisi.
      Apalagi kita melahirkan n menyusui...
      Iya mba, ada beberapa makanan n minuman yg bisa mempengaruhi tulang kropos, dan sebaliknya tulang jadi kuat.

      Contoh efek kurang baik dari minuman (kopi). Tapi klo konsumsi dlm batas wajar mah gak papa mba Jane.😊

      Pokoknya, kita sebisa mungkin punya gaya hidup sehat. Makanan, minuman, olah raga, dan kelola stres dgn baik. Aku pikir besar pengaruhnya utk kesehatan tubuh n tulang kita. Termasuk membantu terhindar dari keputihan.(Selain konsumsi buah2, sayuran segar)😍

      Salam sehat sll iya mba JaneπŸ’•

      Delete
  19. Balik lagi ah kesini, soalnya belum ada update yang baru.πŸ˜„

    Osteoporosis bisa jadi karena kurang gerak ya mbak, apalagi kalo sudah nonton ku menangiiiiisss, bisa betah berjam-jam depan tivi.πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering2 ajah bolak balik ke sini iyaa mas Agus... asal gak minta ongkos bensin🀣🀣

      Betul sekali, malas bergerak bisa kena penyakit osteoporosis.. makanya mas agus harus bolak balik ke sini...πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️πŸƒ‍♀️


      Delete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.