12 Khasiat Hebat Labu Kuning Untuk Kesehatan Yang Belum Anda Ketahui

Inilah 12 khasiat hebat labu kuning untuk kesehatan yang belum Anda ketahui. Labu kuning sering juga disebut dengan nama lain oleh para pedagang di pasar, yaitu labu parang. 

Warnanya sangat segar, dan menarik. Memiliki kulit yang keras. 

Saat bulan ramadan tiba, labu kuning menjadi salah satu penganan wajib sebagai variasi dalam membuat kolak.

Kalau diperhatikan, ada bermacam warna daging labu tersebut, jika di belah. 

Ada warna kuning muda, kuning tua, orange, dan kuning kehijauan. Meskipun warnanya beda, rasanya tetap enak. 

Kemudian, dagingnya jika dikukus, rasanya seperti kentang. Empuk, legit, dan wangi.

Di keluarga aku, kami sering membuat tart labu, dan cake labu. Bahkan, sewaktu aku masih mahasiswi, dan kos, kami suka patungan rame-rame untuk bikin brownies labu. 

Satu lagi, cara masak labu yang satu ini, menurut aku sangat unik yaitu; satu buah labu utuh dilubangi ujungnya, kemudian keluarkan hati, dan bijinya hingga bersih.

12 Khasiat hebat labu kuning yang belum Anda ketahui
Labu kuning. Pixabay Images

Masukkan parutan kelapa mengkal, dan irisan gula merah (gula batu), dan kukus hingga matang. Jangan tanya rasanya. Luar biasa enaknya. 

Tidak hanya kolak, dan tart saja, labu kuning ini sering di masak sebagai sayur sop, bikin es campur, dan bisa sebagai pengganti mentega.

Ada sebagian orang juga suka memasak sayur labu dengan santan kelapa, supaya lebih gurih katanya. Labu diolah menjadi sayur dengan tidak menambahkan santan kelapa tetap saja enak. 

Labu sendiri adalah makanan sehat. Jika dimasak pakai santan, jadi membuat kurang sehat, karena berlemak.

Labu punya segudang nutrisi penting juga melimpah serat. Kaya akan vitamin, dan mineral akan tetapi, rendah kalori. 

Warna kuning, atau oranye segarnya ini menandakan bahwa, ia mengandung betakaroten yang baik. Sebagian besar yang dimiliki labu sangat penting seperti daun, biji, daging.

Jika kamu mengonsumsi labu, kamu akan mendapatkan berbagai vitamin penting. Pokoknya, lebih banyak dapat sehatnya. 

Seperti diketahui, labu mengandung mineral, nutrisi, vitamin A, B, C. Tinggi antioksidan, sumber potasium, kalium, zat besi. 

Mungkin kita berpikir, mana ada serat di labu? kan hanya dagingnya saja. 

Ternyata, labu punya serat yang baik. Mari kita bahas selanjutnya tentang khasiat hebat yang ada di dalamnya.

1. Jika kamu susah tidur, labu bisa jadi satu solusi baik

Segera ke pasar terdekat, atau ke mall, dan beli labu kuning. Konsumsilah labu kuning. Cara yang gampang adalah, mengukusnya, lalu taburkan irisan gula merah (gula batu), dan sedikit kelapa parut (kelapa mengkal). 

Kamu pun dapat mengolah biji labu kuning untuk dikonsumsi, karena kaya dengan asam amino, dan triptofan penghasil serotonin, yang fungsinya meningkatkan tidur kamu menjadi pulas. Jadi, tunggu apa lagi? Silahkan dicoba ya.

2. Membantu mengurangi risiko terjadinya kanker tertentu

Sebuah penelitan mengemukakan hasil  yang ditelitinya sebagai berikut; betakaroten yang terdapat pada labu kuning punya peran sangat penting, yaitu dapat meminimalkan berkembangnya risiko dari kanker tertentu. 

Kemudian, zinc yang tinggi dapat pula membantu mengurangi tumbuhnya sel-sel kanker dan kanker prostat.

3. Konsumsi labu membantu memelihara kesehatan jantung

Kamu dengan kondisi jantung, hindarilah mengkonsumsi makanan berlemak, gorengan yang mengandung lemak trans. 

Paling bagus makan makanan yang banyak serat. Usahakanlah hindari makanan yang terlalu banyak minyak. 

Memilih labu kuning untuk dikonsumsi sangat baik, mengingat, ia secara alami memiliki fistosterol yang tinggi, juga terdapat asam lemak tak jenuh tunggal pada bijinya, yang diketahui dapat mengurangi LDL.

Mengapa labu sangat baik untuk jantung? ini karena ia memiliki serat yang tinggi, juga terdapat vitamin penting, dan potasium. 

Makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus memiliki serat. Ini penting sekali untuk menjaga jantung sehat kamu.

4. Mengurangi tekanan darah (hipertensi)

Kamu penderita tekanan darah tinggi? Mari konsumsi labu. Tidak usah ribet mengolahnya cukup dikukus saja, dan itu sudah sangat enak. 

Potasium yang terdapat dalam labu sangat baik untuk mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Lalu kalium membantu mengurangi tekanan darah.

5. Dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi pada pria

Penelitian menunjukkan bahwa, biji labu dapat meningkatkan kadar testosteron serta membantu meningkatkan gairah seksual. 

Biji labu diketahui melimpah seng, dan seng inilah yang punya peran besar dalam mengatasi disfungsi ereksi. Jadi jika Anda mengkonsumsi labu, jangan buang bijinya. Panggang biji labu untuk jadi camilan.

6. Dapat meningkatkan produksi kolagen

Ayo para wanita, dan pria, tidak ada ruginya, jika kamu mengonsumsi labu, karena banyak khasiat sehatnya. 

Mendapatkan wajah segar, sangat berkhasiat untuk mencerahkan kulit, kulit bersih, membantu memperlambat penuaan, dan garis-garis keriput di wajah. 

Tidak cuma dijadikan penganan tapi kamu bisa bikin masker dari labu.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Cuaca yang tidak menentu ditambah lagi dengan aktivitas yang padat dapat membuat kondisi fisik kamu drop. Bisa saja, kamu terserang flu, demam, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. 

Dengan mengonsumsi labu, dapat menguatkan daya tahan tubuh kamu, karena labu kuning memiliki tinggi vitamin C, asam volat, riboflavin, dan mangan yang fungsinya mempertahankan imun tubuh.

Jika kamu merasa flu, atau deman, buatkan sup labu. Masak sup jangan pakai bumbu penyedap. Setelah air mendidih, masukkan beberapa potong labu, tambahkan juga wortel. 

Jika suka, berikan daun salam, dan sereh. Dijamain lezat. Biarkan sebentar hingga labunya empuk. Masukkan bawang goreng. Makan selagi hangat.

8. Berguna untuk kamu yang sedang diet

Seperti kita ketahui bahwa labu kuning memiliki banyak serat, rendah kalori, dan padat nutrisi, sehingga jika dikonsumsi dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Sangat cocok untuk mengurangi berat badan.

9. Dapat membantu menjaga kesehatan mata

Sering berhadapan dengan komputer membuat mata kita lelah, dan bisa juga penglihatan terganggu. Dengan demikian, bila kita makan labu, tentu menolong mata kita untuk tetap terpelihara. 

Selain itu juga, antioksidan yang terdapat dalam labu bisa menurunkan risiko terhadap mata degeneratif, dan retina mata kita, supaya tetap baik.

10. Membantu mengurangi terjadinya peradangan

Bagi penderita rematik (arthritis), mengonsumsi labu kuning adalah, pilihan tepat. Labu kuning bertindak sebagai anti-inflamasi. 

Penelitian menunjukkan bawa, mengonsumsi minyak biji labu dapat membantu mengurangi peradangan akibat arthritis.

11. Mereka dengan kondisi diabetes bisa konsumsi labu

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa, makan labu dapat memperbaiki insulin kamu. 

Menghindari adanya komplikasi diabetes juga meminimalkan glokosa kamu. Akan tetapi, hal ini masih membutuhkan kelanjutan dari penelitian tersebut.

12. Menjaga kesehatan pencernaan

Sudah terbukti, kerena aku sendiri telah mengonsumsinya untuk menstabilkan melindungi lambung aku, karena memiliki kondisi gangguan pencernaan (asam lambung). 

Aku konsumsi labu lebih dari 2 kali dalam satu minggu. Puji syukur pencernaan saya stabil. Kamu pun dapat mencoba hal yang sama.

Khasiat hebat lain dari labu kuning

  • Mengurangi risiko terjadinya kanker paru-paru
  • Mengurangi risiko kanker usus besar
  • Mencegah penuaan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Menurunkan kolesterol "jahat"
  • Menyehatkan pembuluh darah
  • Mengurangi risiko stroke
  • Menguatkan tulang
  • Memerangi infeksi
  • sebagai perlindungan terhadap radikal bebas
  • Menjaga kesehatan gigi
  • Meningkatkan produksi kolagen
  • Meningkatkan mood
  • Mengurangi terbentuknya batu ginjal
  • Bagus untuk penderita asma
  • Nutrisi yang bagus untuk liver

UPDATE TGL 28 Juli 2020

Manfaat biji labu kuning bukan hanya untuk berbagai penyakit, tapi juga sebagai camilan, atau makanan iseng yang asyik dan menyenangkan saat santai. Siapa yang nggak tahu kwaci? 

Kamu sering makan kwaci? Ini lebih sering dibuat dari biji semangka, dan yang lebih terkenal adalah biji bunga matahari.

Padahal biji labu sangat enak. Camilan sehat yang luar biasa ini punya kandungan nutrisi, serat, seng, protein, magnesium, tembaga, dan mangan. Ini adalah sumber dari buku Healing Foods DK Publishing House.

Selain itu, Meningkatkan imun tubuh, Antioksidan tinggi, memproduksi kolagen. Satu porsi biji labu sudah memenuhi 42 persen dari nutrisi harian.

Asam lemak omega-3 [alfa linolenant/ALA] yang biasanya terdapat di ikan salmon. Melindungi jantung, mencegah peradangan.

Jika membaca isi artikel ini sampai selesai, maka kamu akan mengetahui lebih jelas. Karena itu, usahakan baca hingga tuntas ya.

1. Jantung yang sehat

Biji labu sumber anti oksidan, asam lemak, seng dan magnesium untuk asupan harian. Memiliki fungsi yang penting dalam menciptakan molekul energi tubuh, dan adenosin trifosfat.

Kandungan minyaknya tak kalah penting dari biji labu yang bermanfaat untuk jantung. Mengandung asam lemak tak jenuh ganda omega-3 dan omegan-6.

Semua ini dapat membantu mengurangi terjadinya risiko serangan jantung dan jantung koroner serta stroke.

Berdasarkan sebuah studi terhadap manusia yang di lakukan oleh Departemen Ilmu Kedokteran Universitas Hindia Barat di Jamaika yaitu, minyak biji labu membantu menurunkan tekanan darah diastolik, kadar kolesterol jahat, dan mencegah pembekuan darah.

2. Melawan pertumbuhan sel kanker

University of Rostock di Jerman [Dr. Ravi P Sahu, yang adalah seorang peneliti pada Departemen Farmakologi dan Toksikologi, Falkutas Kedokteran Boonshof, Wright Satate University, Ohio, AS], melakukan sebuah penelitian terkontrol berdasarkan populasi terhadap wanita pascamenopuse di Jermn, membuktikan hasil yang cukup signifikan mengenai biji labu, yang mana mampu menurunkan risiko kanker payudara.

Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa, eskstrak phytoestrogen juga membantu mengobati dan mencegah kanker payudara, dan beberapa jenis kanker lain seperti kanker kolorektal, paru-paru dan perut.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Di dalam biji labu terkandung vitamin E yang tinggi, vitamin C, zat besi juga antioksidan. Kesemuanya ini membantu mengurangi terjadinya infeksi virus [flu dan pilek].

4. Bikin tidur nyenyak

Susah tidur adalah hal yang paling menyengsarakan bukan? Bisa jadi stres, dan tidak mampu melakukan segala sesuatu. 

Terkadang kita sudah menutup mata rapat-rapat, memaksakan diri untuk tidur, namun gagal. Pikiran entah kemana.

Konsumsi biji labu, karena mengandung asam amino, triptophan. Apa itu triptophan? 

Triptophan adalah, asam amino yang dapat membuat kualitas tidur nyenyak serta dipakai untuk mengobati insomnia kronis karena tubuh mengubahnya menjadi melatonin, "hormon tidur", dan serotonin, "hormon tidur". [rasa-enak atau santai].

5. Penderita Diabetes

Biji labu kaya serat, dan protein, ini dapat memperlambat serapan glukosa dalam aliran darah dari mereka yang menderita diabetes tipe-2, dan mengontrol dengan baik. Inilah manfaat utamanya.

Selain itu magnesium yang tinggi dari biji labu bisa jadi sebagai efek positifnya terhadap diabetes. Meningkatkan regulasi insulin pada penderita diabetes dan mengurangi stres oksidatif.

6. Batu Ginjal

Biji labu meningkatkan fungsi ginjal, dan hati, merangsang sirkulasi, mengurangi racun dalam tubuh berkat antioksidan yang tinggi dan memiliki sifat diuretik.

7. Peradangan

Biji labu mengurangi radang sendi. Minyaknya juga bisa mengobati persendian yang sakit, dan tanpa menimbulkan efek samping.

8. Osteoporosis

Studi penelitian telah memperlihatkan bahwa, asupan rutin pepitas mengurangi kerapuhan tulang [osteoporosis]. 

Kandungan tembaga, seng, dan kalsium pada biji labu membantu meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang sudah menopause.

Manfaat lain dari biji labu

  • biji labu, adalah salah satu sumber terbaik omega-3 nabati (asam alfa-linolenat atau ALA).
  • Kita akan mendapat beberapa lemak penting, yaitu omega-3 dari hewani, seperti minyak krill
  • Baik untuk para wanita pra-menopause, biasanya ditandai dengan sakit kepala, dan nyeri sendi, bahkan terkadang suka emosian
  • Sebagai camilan untuk menurunkan berat tubuh
  • Mereka terdiri dari asam lemak tak jenuh tunggal. Manfaatnya menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah
  • Mengatur tekanan darah
  • Untuk kesuburan pria
  • Memiliki DHEA (Di-hydro epi-androstenedione) ini berperan untuk mengurangi kemungkinan kanker prostat
  • Punya sifat antiinflamasi yang baik
  • Menurunkan berat tubuh
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Menambah kadar testosteron pada pria
  • Membantu menambah metabolisme dan kekebalan tubuh kita
  • Anti-parasit. Ini dipakai secara tradisional untuk menghilangkan parasit dan cacing pita
  • Tinggi antioksidan
  • Melawan pembentukan radikal bebas
  • Cegah kondisi kronis seperti penyakit kanker, gangguan autoimun, jantung
  • Untuk kesehatan kandung kemih dan prostat
  • Meningatkan kualitas sperma

Biji labu kuning untuk kecantikan

1. Untuk pertumbuhan rambut
Vitamin C dalam labu kuning telah memainkan peran penting. Kemudian asam amino, cucurbitin inilah yang mungkin sebagai penubuh rambut. 

Mengapa rambut pria bisa rontok, padahal mereka sudah merawatnya dengan baik, dan gizi terpenuhi? Ini karena hormon androgen dalam tubuh kamu rendah.

Apa itu  androgen [testoid /androgenik]? Yaitu sebuah istilah untuk senyawa alami/sintetis.

2. Kulit, dan mata
Adalah senyawa antioksidan, punya kemiripan dengan betakaroten yang terdapat pada buah-buahan berwana oranye, juga sumber squalen berfungsi untuk menjaga kulit dari terpaan radiasi, sinar UV, dan kerusakan oksidatif.

Nutrisi dari biji labu kuning menurut [USDA]

Fakta nutrisi
Ukuran Porsi 100 g
-----------------------
Jumlah Per Melayani 559
Kalori
-----------------------
% Nilai Harian
-----------------------
Total Lemak 49g : 63%
Lemak jenuh 8,7g : 43%
Sodium 7mg : 0%
Total Karbohidrat 11g : 4%
Serat Makanan 6g 21%
Gula 1.4g
----------------------
Protein 30g : 60%
----------------------
Vitamin D 0,00mcg : 0%
Kalsium 46,00mg : 4%
Besi 8,82mg : 49%
Potassium 809mg : 17%
------------------------------
Daily Value (DV)  nutrisi dalam satu porsi makanan berkontribusi pada diet harian. 2.000 kalori sehari untuk nutrisi umum.

Demikianlah artikel tentang 12 khasiat hebat labu kuning bagi kesehatan yang harus Anda tahu. Semoga berguna.

11 comments for "12 Khasiat Hebat Labu Kuning Untuk Kesehatan Yang Belum Anda Ketahui"

  1. Oh, aku jadi malu ... karena sejauh ini makan kolak labu tinggal makan saja, tanpa mengerti manfaat baik dari labu πŸ™‰.

    Dari ulasan ini aku jadi paham labu siam kegunaannya mujarab untuk asam lambung yang kualami juga.
    Terimakasih banyak untuk itu, kak πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk lambung [asam lambung] paling bagus mah 1 buah labu dimakan dlm seharian, pagi-siang-mlm tanpa makan yg lain dgn cara dilubangin atasnya, keluarin biji n hatinya lalu di kukus pake gula merah.

      Nanti berasa manfaatnya mas :)

      Delete
  2. Oh, jadi cara mengkonsumsinya buah labu wajib disantap dalam satu hari ... juga tanpa makan makanan yang lain.
    Wow, banyak juga porsinya, kak ...
    Mungkin aku carinya ukuran labunya yang kecil saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terserah mas Him, klo sanggup 1 bh gak papa, tapi klo gak jangan hehe...

      Iya utk pengobatan memang begitu
      mas Him, spy labunya bs bersihin
      perut (lambung).

      Delete
    2. Iya, kak.

      Jugaaa .. manfaat hebat lain dari si labu ternyata bagus untuk kolagen kekenyalan kulit.
      So, buat yang pada pengin kelihatan awet muda wajib nih mengkonsumsi labu.

      Delete
    3. Nah, saran yg bener dari mas Him. Yang pengen awet muda, konsumsi labu😊

      Delete
  3. Waahh labu sebenarnya salah satu makanan enak loh, kami di Buton sering makan labu dibikin sayur gitu.
    Pakai santan.
    Atau kadang, direbus gitu aja, trus di makan sama sambal, yum!

    Kalau di Jawa ternyata malah labu dibikin kolak doang, nggak pernah dibikin sayur.
    Malah mereka aneh saya bilang itu bisa bikin sayur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, makanan org minahasa, labu tuh
      dibikin bubur menado. Enak buangeettt
      deh...

      Pasti mbak Rey dah makan y...
      aku baca artikel mbak Rey yg lahir di
      Minahasa, nah kalo misal gede disitu
      pasti udah nyoba :)

      Mbak, aku malah doyan banget klo
      labu dikukus udah gitu dicampur gula
      merah...



      Delete
  4. Banyak juga ya manfaat walu parang atau bahasa Indonesia nya labu kuning. Menurutku paling enak labu kuning ya dikasih santan plus parutan kelapa nya, gurih mbak.πŸ˜‹

    Baru tahu kalo walu parang bisa mengobati disfungsi ereksi juga, coba ah.πŸ˜†

    ReplyDelete
  5. Favorit aku banget ini
    Di kukus terus ditaburi kelapa muda, enyaaak
    atau dijadiin kolak juga enak

    baru dua hari lalu juga buka puasa sama kolak labu :))

    ReplyDelete
  6. Kalo labu kuning biasanya aku bikin soup cream mba, anak2' doyan bangettt. Lembuut kan soalnya. Pernah ada yg bikin donat pake labu juga, aku coba dan memang ENAAAAK . Donatnya JD keorenan warnanya..

    Tapi baru tahu ttg biji ya... Jadi diolah kayak kuaci juga ya. Cara makan juga sama kayak kuaci berarti kan? Kebetulan kami doyan kuaci. Tp memang biasanya yg dr biji bunga matahari. Blm coba nih yg dr labu. Malah aku buang bijinya tiap beli 🀣🀣

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.