17 Manfaat Sehat Buah Manggis Serta Efek Sampingnya

17 Manfaat sehat buah manggis serta efek sampingnya adalah buah yang sangat disukai saya dan banyak orang. 

Yang lebih hebat dan heboh lagi karena buah ini menjadi favorit para olahragawan yang berasal dari luar negeri disaat perhelatan Asian games Agustus tahun 2018. 

Beberapa media Indonesia mengulas bagaimana buah manggis ini menjadi rebutan mereka di saat selesai makan siang.

Apakah buah ini tidak ada di luar negeri? Tentu saja ada, tetapi harganya cukup mahal. Ini adalah buah musiman. 

Tidak seperti mangga atau jeruk yang bisa diperoleh hampir setiap hari. Bagaimana tidak? 

Buah ini punya rasa yang sangat manis dicampur sedikit asam. Memiliki banyak air. Sangat cocok untuk daerah panas seperti di Jakarta.

17 Manfaat sehat buah manggis serta efek sampingnya
Buah manggis. Pixabay Images

Manggis adalah buah asli Indonesia, dan sudah ada juga di beberapa negara tetangga Indonesia seperti; Malaysia dan Singapura. 

Kemudian juga di Vietnam dan Thailand. Sudah tersebar juga di wilayah Afrika. 

Terdapat berbagai vitamin dan nutrisi penting yaitu; protein, besi, magnesium, sodium, mangan, kalsium, kalium, seng, fosfor, tembaga, kalium dan serat.

Kemudian, berbagai vitamin yang terdapat dalam buah manggis ini seperti; vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin B kompleks, vitamin B12, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, riboflavin, karoten, niacin, asam folat, cryptoxanthin, thiamin dan asam pantotenat. 

Ini sesuai dengan data Nutrisi Nasional [USDA]. Luar biasa bukan. Makanya aku sarankan, agar kamu lebih banyak mengonsumsi buah lokal Indonesia saja.

Okey, kamu harus baca sampai selesai ulasan artikel ini ya, biar tidak tahu sebagian saja.

1. Menjaga tekanan darahkamu

Mineral yang terdapat dalam manggis seperti; potasium, kalium, tembaga, dan mangan punya andil besar dalam menjaga keseimbangan tekanan darah, membantu menstabilkan detak jantung dan menolak beberapa faktor penyebab naiknya tekanan darah [hipertensi] yang bisa berakibat fatal seperti stroke dan penyakit jantung.

2. Mengontrol gula darah

Diabetes tidak hanya terjadi karena genetik [keturunan] saja, namun faktor gaya hidup tidak sehat kamu juga sangat beresiko kamu menderita diabetes. 

Sambil terus latihan fisik, kamu bisa kombinasikan manggis dengan buah-buahan lainnya untuk diet kamu, agar dapat membantu mengatur, juga menurunkan kadar gula darah, oleh karena peran asam tannic dalam manggis. Buah-buahan segar ini sangat penting. 

Nutrisi yang ada dalam manggis diketahui baik untuk orang dengan kondisi diabetes. [Konsumsi manggis dalam jumlah normal saja].

Satu studi yang telah diterbitkan dalam Journal of Agricultural and food Chemistry mengatakan bahwa, buah yang memiliki senyawa sama dengan acarbose, resep obat yang diberikan dokter untuk orang dengan gejala diabetes tipe-2. 

Manggis dapat dikatakan obat alami yang baik. Seperti diketahui, pasien diabetes memiliki kondisi tubuh yang lemah, sehingga mereka paling peka terhadap infeksi.

3. Membantu melindungi kesehatan kardiovaskular

Pusat Studi Lanjut di Botani di Universitas Madras yang bertempat di India, melakukan sebuah studi pada hewan, memperlihatkan efek dari kardioprotektif dari alpha-mangustin, turunan xanton manggis. 

Manggis memiliki tinggi xanthones. Ini adalah antioksidan hebat, juga vitamin B kompleks dan B1 yang mana, dapat membantu menjaga kesehatan dan meminimalkan serangan jantung.

Dua faktor yang diketahui bisa menimbulkan serangan jantung adalah kekurangan antioksidan, dan stres oksidatif yang tinggi. 

Sementara, stres oksidatif itu sendiri adalah, ketidakseimbangan di antara radikal bebas, dan kemampuan tubuh untuk dapat mendetoksifikasi efek yang berbahaya. 

Selain itu juga, stres oksidatif adalah, salah satu penyebab penyakit degeneratif dan kardiovaskular.

Ingat, Anda dan saya bisa saja mengalami jantung tidak sehat. Tidak memandang umur oleh karena gaya hidup. 

Mengonsumsi berbagai makanan cepat saji, tinggi garam, tinggi kolesterol jahat [LDL].

4. Menjaga pencernaan

Salah satu manfaat buah manggis adalah, menjaga pencernaan sehat. Zaman sekarang dimana semua serba instan membuat kita menjadi malas. 

Malas memasak, kemudian, membeli makanan di luar yang tidak sehat dalam cara pengolahannya. 

Lalu timbul kebiasaan buruk, kita tidak mau berolahraga karena terlalu asyik dengan kendaraan sendiri. Jarang menggerakkan tubuh, sehingga pencernaan kita lemah. 

Manggis diketahui dapat membantu meningkatkan pencernaan, dan mencegah racun. Ini karena seratnya yang tinggi.

5. Membantu melawan Kanker

Konsumsi manggis dalam jumlah normal dapat membantu menurunkan risiko pertumbuhan sel-sel kanker, dan tumor. 

Mengingat anti-inflamasi yang ada di dalamnya. Ia mengandung zat yang penting yaitu polifenol [xanthone] yang terbagi dalam dua jenis: gamma, dan alpha yang berfungsi untuk menekan pertumbuhan sel-sel kanker itu. Ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Sementara itu Gifu Interntional Institute of Biotechnology di Jepang, melakukan penelitian pada tahun 2008 yang memperlihatkan satu xanthone yang berasal dari buah manggis, yaitu [alpha-manggostin] mempunyai efek pencegah kanker terhadap hewan. 

Mereka mengambil kesimpulan untuk mengkombinasikan xanthone dengan terapi lain dalam pencegahan, dan pengobatan kanker.

Studi lain berkaitan dengan buah manggis yang diterbitkan di International Journal of Oncology pada tahun 2006, mengamati aktivitas buah manggis terhadap sel kanker payudara seseorang. 

Selanjutnya penelitian tersebut memperlihatkan bahwa manggis bisa dipakai sebagai suplemen makanan juga sebagai terapeutik yang baik bagi kanker payudara.

6. Membantu mengobati gangguan perut

Antioksidan tinggi yang ditemukan dalam buah manggis dapat membantu mengobati gangguan perut, seperti disentri, dan diare. Diketahui bahwa tanin yang terkadung dalam manggis punya peran penting.

7. Mengandung anti-peradangan

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, kandungan ekstrak etanol pada manggis memberikan histamin serta membantu mengurangi terjadinya peradangan, dan alergi pada tubuh manusia. 

Kemudian, di dalam buah ini juga terdapat zat bioaktif yaitu, alpha, dan gamma, yang diketahui punya sifat anti-inflamasi. Konsumsi manggis dalam jumlah normal bisa membantu mengurangi gejala asma.

8. Meningkatkan sel darah merah

Orang dengan kondisi anemia, mungkin bisa mencoba konsumsi manggis, karena ia adalah sumber yang menghasilkan sel darah merah, juga membantu meningkatkan aliran darah ke tubuh, sehingga kita terlindungi dari berbagai penyakit yang sangat menakutkan seprti; kolesterol tinggi, stroke, nyeri dada, jantung tersumbat, dan aterosklerosis.

9. Menjaga sistem kekebalan tubuh Anda

Jika sistem kekebalan tubuh kamu lemah, maka sangat gampang untuk terjangkin berbagai jenis penyakit. Misalnya flu, dan pilek. 

Ini dikatakan sebagai penyakit musiman. Jika musim pancaroba [pergantian dari musim panas ke musim hujan], maka banyak orang terserang flu, dan pilek]. 

Agar tubuh kita kuat, baiknya konsumsi buah-buahan, sayuran segar yang mengandung banyak vitamin, mineral, nutrisi, dan antioksidan. 

Ini bisa membantu melindungi kita dari infeksi jamur, bakteri, dan virus. Salah satunya adalah, buah manggis yang sarat dengan semua komponen tersebut.

10. Membantu mengatur siklus haid

Selain buah, kulit, dan daun, akar manggis juga dapat membantu mengatur siklus haid terhadap wanita. 

Selain itu juga meringankan gejala yang sering terjadi menjelang menstruasi akibatnya dapat mengganggu aktivitas wanita sehari-hari.

11. Menurunkan bobot tubuh

Kamu yang sedang dalam program diet [penurunan perat badan], kamu bisa masukkan manggis di dalam daftar menu kamu. Diketahui, 100 gram manggis mengandung 63 kalori. 

Terdapat juga serat makanan yang baik yang dapat membantu mengelola gerakan usus, untuk menghindari kita dari gangguan perut, dan merasa kenyang lebih lama. Tapi jangan lupa, kamu harus tetap lakukan latihan fisik.

12. Membantu memperbaiki sel-sel yang rusak

Diketahui bahwa, kulit manggis mengandung xanthone yang tinggi dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Karena itu ia dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan memulihkan penyakit kulit.

13. Membantu mencegah Tuberkulosis [TB]

TB dapat menyebar melalui udara seperti flu dan pilek. Pada saat seseorang dengan kondisi tersebut berbicara, bersin, atau batuk, maka dapat mengeluarkan kuman. 

Saat kita berada disekitarnya, dan menghirup kuman tersebut, maka kita akan terinfeksi. Buah manggis dapat membantu mencegah  Anda dari bakteri [mycobacterium tubercolosis] yang menyerang paru-paru.

Perhatian! Buah manggis hanya membantu, bukan mengobati kamu yang sudah TB aktif. Jika Anda dengan kondisi TB aktif maka harus dengan program pengobatan secara intensif. Segera hubungi dokter terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

14. Mempercepat menyembuhkan luka

Sifat anti-radang, dan anti-bakteri pada buah manggis diketahui dapat membantu mempercepat penyembuhan luka ringan. Dengan merebus daun dan kulitnya.

15. Alzheimer

Manggis dikatakan efektif dalam membantu mengobati alzheimer yang sering terjadi di usia lanjut seperti; kebingungan, tidak mampu mengingat sesuatu. 

Kamu dapat mengonsumsi manggis dengan jumlah normal untuk mendapatkan manfaatnya.

16. Memperbaiki gangguan tidur

Tryptophan merupakan asam amino paling penting bagi otak manusia. Hal tersebut dapat membantu menambah kualitas tidur seseorang tanpa memiliki dampak negatif terhadap fungsi kognitif, dan memori. 

Selain itu, xanthones yang terkandung dalam buah manggis ini dapat mengatur jumlah kortisol, mengurangi kecemasan, dan memperoleh sistem metabolisme tubuh yang baik.

17. Memelihara penglihatan

Selain wortel yang dikenal masyarakat luas sebagai sayuran yang baik untuk mata, manggis juga telah memenuhi kriteria terkait dengan penglihatan. 

Kaya antioksidan, vitamin A, vitamin C membuatnya berguna untuk memelihara penglihatan, mencegah kamu dari katarak, melindungi lensa mata. 

Membantu penyembuhan luka pada mata lebih cepat, dan melawan radikal bebas.

Manfaat sehat lain dari manggis

  • Membantu mengobati penyakit gusi [periodontitis]
  • Membantu mengurangi peradangan saat menyikat gigi
  • Membantu dalam mengurangi gejala Asma [memiliki efek terapeutik] 
  • Meningkatkan energi
  • Membantu meminimalkan pertumbuhan sel pada pasien dengan kondisi leukemia.
  • Membantu menyembuhkan sel-sel yang rusak akibat radikal bebas
  • Dapat mengobati eksim
  • Mengurangi lingkaran hitam di bawah mata
  • Membantu mencegah penyakit degeneratif, kemunduran fisik dan mental
  • Sebagai antiseptik juga antibakteri yang dapat membantu mengobati luka ringan
  • Membantu mengurangi kadar kolesterol darah

Untuk perawatan kulit

1. Melindungi kulit dari jerawat
Antioksidan yang signifikan menjadikan ia sebagai perawatan kecantikan. senyawa mikroba, dan sifat antibakteri yang ditemukan dalam manggis sangat berguna untuk membantu merawat kulit berminyak, menghilangkan flek-flek hitam dan noda bekas jerawat. 

Selain itu juga terdapat nutrisi, mineral penting dan vitamin yang telah disebutkan pada paragraf ke 3 dan 4 di atas. Manggis kaya vitamin C yang paling diperlukan kulit.

2. Memiliki antioksidan tinggi
Antioksi dan bertugas sebagai sisitem pertahanan tubuh yang handal. 

Sebuah penelitian mengatakan bahwa, manggis memiliki senyawa polifenol alami yaitu [xanthone] yang terbagai menjadi dua jenis, alfa, dan gamma. 

Diketahui paling efektif dalam mencegah penyakit degeneratif , membantu menyembuhkan sel-sel yang rusak karena terpapar radikal bebas dan memperlambat proses penuaan dini.

3. Sebagai astringent
Buah manggis diketahui juga punya sifat astringen yang baik yang bisa membantu menyembuhkan aptha, dan sariawan di mulut yang seringkali mengganggu kamu.

4. Menjaga kesehatan kulit [kulit lembab]
Melakukan berbagai aktivitas di luar rumah sudah pasti kita sering terpapar oleh sinar UV yang sangat merugikan kulit kita. Manggis membantu menghindari kulit kamu menjadi kering, kusam dan rusak.

5. Sebagai anti-aging
Mencegah radikal bebas, memiliki antioksidan tinggi berupa katekin yang juga di temukan dalam teh hijau.

6. Agen perawatan kulit
Sebuah studi memperlihatkan bagaimana manggis sangat bermanfaat dan membantu melawan penyakit kanker kulit oleh karena sifat anti-bakteri, anti-jamur, serta anti-inflamasi.

Nilai gizi satu porsi ukuran 100 gram buah manggis
63 kalori
7,2 miligram vitamin C 12%
5,1 gram serat
0,5 gram protein
10 miligram kalsium 1%
0,36 miligram besi 2%
15,6 gram karbohidrat
50 IU vitamin A 1%
0,4 gram lemak

Perhatikan beberapa efek samping manggis di bawah ini

1. Bisa mengganggu pengobatan kemoterapi dan radiasi
Tidak dianjurkan untuk orang yang sedang dalam pengobatan [radiasi dan kemoterapi]. Ini menurut beberapa penelitian. 

Sebab, efek perlindungan ekstrak manggis ini bisa mengganggu obat kemoterapi tertentu seperti; anthracyclines, alkilasi.

2. Bisa meningkatkan risiko pendarahan
Seseorang dengan kondisi pendarahan harus menghindari konsumsi manggis, sebab bisa meningkatkan risiko pendarahan. 

Mengingat manggis mungkin dapat memperlambat pembekuan darah. [konsultasi dengan dokter jika mau mengonsumsi manggis]

3. Bisa menyebabkan alergi
Stop konsumsi manggis jika timbul alergi di kulit Anda; bibir bengkak juga tenggorokan, gatal-gatal, nyeri dan sesak dada.

4. Terjadi asidosis laktik
Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering telah melakukan penelitian tentang orang-orang yang minum jus buah manggis dalam 12 bulan, kemudian mereka mencatat bahwa telah terjadi asidosis laktit parah. 

Gejalanya adalah mual, dan lemah. Asidosis laktit ialah sebuah kondisi dimana penumpukan asam laktat yang tidak terlihat dan tidak normal di dalam aliran darah.

5. Perlu dipertimbangkan untuk penderita diabetes
Sebaiknya kamu membuat jus manggis sendiri di rumah, karena kebanyakan yang dijual di mall mereka sudah mencampur dengan gula yang sangat banyak. 

Memang manggis yang segar tidak ada efek bahaya untuk orang dengan kondisi diabetes. Namun, bisa mengganggu pengobatan kamu. [harap konsultasikan dengan dokter kamu].

6. Ibu hamil, dan menyusui, sebaiknya Anda tidak konsumsi buah manggis
Hindari mengonsumsi buah manggis dalam bentuk buah utuh segar, dan suplemen.

7. Mengganggu pembekuan darah yang normal
Seperti kita ketahui bahwa, tubuh kita mampu untuk mencegah pendarahan secara alami. 

Dengan demikian, jika kita mengonsumsi buah manggis dapat mempengaruhi kemampuan tersebut. 

Xanthone yang ada di dalam manggis bisa berinteraksi dengan obat pengencer darah [warfarin] sehingga terjadi pendarahan gastrointestinal. 

Jika kamu mengalami kondisi tersebut, hentikan konsumsi buah ini.

8. Menghasilkan Konstipasi
Jangan konsumsi secara berlebihan, karena dapat mengakibatkan gejala sembelit parah bagi pasien dengan kondisi sindrom usus, dan diabetes dengan komplikasi gastroparesis.

9. Stop konsumsi manggis jika terjadi
Nyeri otot, susah tidur, kepala terasa pusing, sesak napas, merasa mual

Catatan
Efek dari buah ini mungkin sifatnya sementara saja dan tidak sulit untuk diatasi. Konsumsi manggis dalam porsi, atau jumlah normal. 

Harus konsultasi dengan dokter jika memang kondisi menjadi lebih serius.

Demikianlah artikel tentang 17 manfaat sehat buah manggis serta efek sampinya ini diharapkan bisa menambah pengetahuan Anda.

11 comments for "17 Manfaat Sehat Buah Manggis Serta Efek Sampingnya"

  1. Wah ternyata banyag banged manfaadnya cuyy baru sadar gw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak manfaatnya.. jangan ragu makan manggis y..

      Delete
  2. Saya sering liat buah ini, tapi jarang beli, ternyata malah manfaatnya banyak banget ya .
    Justru buah-buah begini sebenarnya mengandung banyak manfaat ya, makanya orang-orang di desa itu sehat-sehat, mereka makan buah yang lebih organic pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Rey, justru makan buah lokal (buah2an musiman) sangat aman n jauh dari berbagai bahan kimia pengawet.

      Buahnya seger, enak, asli Indonesia. Terkadang orang lebih memilih buah2 import dibanding buah lokal. Padahal belum tentu baik.

      Mungkin mereka merasa kalo buah import itu lebih bergizi dsbg. Mungkin juga lbh ke gengsi2an. Salah besar!!

      Delete
    2. Eh tapi terserah ketang mbak...
      Selera org mah beda2 y :)

      Delete
  3. Manggis itu enaaaaak bangettttt :D. Selalu suka buah iniii. Tiap mudik ke Medan, dan kalo kebetulan sdg musim, buahnya enaaak banget. Maniiis. Aku pasti beli trus kalo lagi di Medan.

    Manggis EMG banyak fungsi sih yaa, sampe kulitnya pun baik. Aku pernah mba, jari luka dan malah timbul kayak jerawat gitu, tp harusnya bukan. Lumayan lama ga ilang, akhirnya disaranin temen minum suplemen kulit manggis. Eh lukanya lgs mengering loh bbrp HR kemudian. Dulu aku sempet rutin konsumsi suplemen manggis Krn ini antioxidan. Tp skr udh ga. Ganti suplemen lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba Fanny. Dari buah2 yang pernah aku makan selama ini, buah manggis yang rasanya muaaanis pol. Manisnya tuh kerasa alami banget,.. duh rasanya gak mau brenti deh makan manggis :D

      Iya, kulitnya juga bagus. Terkenal dengan suplemennya. Antioksidan, dan banyak vitamin lainnya.

      Delete
  4. Aku pernah nyobain menjemur kulit manggis sampai kering lalu kuseduh seperti membuat teh, kak.
    Itu karena aku tertarik dengan info seabrek manfaat baik kulit manggis, juga mahalnya kapsul vitamin kulit manggis.
    Sayangmya sekarang manggis kok jarang terlihat ada di pasar juga supermarket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Him, kapsul vitamin dari kulit manggis memang jarang di pasaran, dan memang mahal.

      Manggis itu Buah musiman mas Him, jadi kalo gak ada di pasar, mungkin belom musimnya... dua jempol buat rasa manisnya manggis. Beda sama buah2 yang lain...
      Enak bangettt :D

      Delete
  5. banyak banget manfaatnya, dan nggak nyangka bisa melindungi kulit juga dari jerawat
    dulu aku pikir buah manggis ini apaan, mau makan dan buka buahnya aja kadang aku males, dan kadang dapet yang rasanya agak kecut mbak.
    ehh kalo pas dapet yang manis,enyakkk juga

    baideweiii mohon maaf lahir batin mbak, maaf maaf kalo ada komenku yang ngga berkenan di hati

    ReplyDelete
  6. Banyak banget ya manfaat buah manggis, dari segi medis bisa untuk melawan kanker, mengontrol gula darah, dan juga hipertensi.

    Selain itu bisa menjaga kulit dari jerawat, kulit bisa lembab dan lainnya.

    Tapi paling enak manggis ya di makan kalo siang hari pas panas, manis asem, segaaarrrr.😋

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.