Doa Untuk Seorang Kekasih Yang Sakit

Doa untuk seorang kekasih yang sakit. Sebenarnya kita berdoa tidak semata-mata untuk seseorang yang kita cinta saja, jika ia sedang dalam keadaan lemah, dan tidak berdaya. Tapi, pada saat sehat pun ceria.

Bolehkah aku katakan, kekasih tidak terbatas pada pacar saja? Orang juga bisa memberi sebutan ini untuk ibu, ayah, anak, bahkan kepada sahabat karib. 

Namun, memang untuk dia yang hadir khusus di hati kita terasa berbeda. Ada kata-kata yang lebih spesial.

Nah bagaimana perasaanmu melihat orang yang kamu kasihi terbaring sakit tak berdaya? Rasanya sedih, dan tidak tenang. Mungkin juga ada rasa khawatir, atau takut. 

Hal ini membuat kita tidak sanggup berdoa sendirian. Apalagi duduk disampingnya. Bagaimanapun kita harus kuat. Menjaga emosi kita, agar tidak terbawa pada saat sedang bersekutu dengan Allah.

Doa untuk seorang kekasih yang sakit
Tuhan beri kekuatan untukku mendoakannya. Unsplash Images

Jika kesedihan yang terlalu mendalam kita rasakan, kadangkala membuat suara kita terdengar bergetar menahan rasa, kita menangis dalam mengucap kata. 

Lalu dia yang sedang terbaring pun ikut merasa sedih. Bisajadi ia berpikir "apakah aku ini sudah menjadi beban penderitaan?" Ini sangat berpengaruh pada jiwa, dan kondisi fisiknya. 

Orang yang sedang sakit sangat sensitif. Ia bisa kuat, dan tabah saat melihat kamu kuat. Berbahagia jika kamu bersemangat, juga bergembira kalau kamu suka cita. Dan, memiliki harapan manakala kamu setia mencintainya.

1. Untuk dia tersayang yang sedang terbaring sakit

Tuhan beri kekuatan bagi orang yang sangat aku cintai ini. Jamah seluruh bagian tubuhnya yang sakit dengan tangan kuasa-Mu ya Allah, sehingga, dia boleh melihat satu keajaiban terjadi. 

Aku yakin sungguh bahwa, kekuatan-Mu dapat menghidupkan hati, dan pikirannya untuk bangkit, dan tidak mudah putus asa, menyerah kalah menghadapi sakit yang ia derita. 

Tetapi, ia selalu datang pada Allah dengan doa yang tak pernah berhenti, walau tubuhnya sangat lemah.

Ya Allah yang maha pengasih, berikan hati yang tenang, jiwa yang damai untuknya, dan lepaskan dia dari rasa bersalah, menyesal, yang dapat mengganggu proses pengobatannya, supaya semua yang diupayakan, dapat berjalan dengan baik menurut kehendak Tuhan.

Jauhkan dia dari rasa khawatir yang berlebihan bahwa, tidak mungkin penyakitnya akan sembuh, tetapi, berikan keyakinan yang sungguh, dan semangat yang baru dalam jiwanya setiap hari.

Biarkan dia merasakan kehadiran Engkau ya Allah dalam hidupnya, dan mengerti bahwa, sedetikpun Engkau tidak pernah meninggalkan dia. 

Bagi manusia mustahil, tetapi bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Aku pasrahkan dia yang kucintai ini ke dalam tangan-Mu biar kehendak-MU yang jadi. Amin.

2. Untuk saudara yang sakit

Tuhan yang maha pengasih, dan pengampun, dengan segala kerendahan hati, hamba datang menghampiri hadirat-Mu yang suci, dan kudus, memohon kiranya Engkau mau menjamah, memberkati, dan menyembuhkan saudara kami yang terbaring sakit. 

Hamba yakin dalam nama Tuhan, bahwa, bagi Tuhan tiada yang mustahil, Tuhan sanggup melakukan segala perkara yang ajaib, dan besar. 

Kami percaya hanya di dalam nama-Mu saudara kami bisa mengalami mujizat Tuhan lewat kesembuhan. Terpujilah nama Allah dari kekal hingga kekal. Amin.

3. Ucapan syukur pada Tuhan atas kesembuhan

Terima kasih Allah atas kesembuhan yang dia alami. Orang yang kucintai ini kembali bersemangat dengan wajah tersenyum. Allah Engkau ajaib dan luar biasa. 

Kami percaya sungguh bahwa hanya kemurahan, dan kuasa-Mu semua ini terjadi. Terima kasih, karena Engkau sudah mendengar seruan doa kami setiap saat, dan ketabahan serta kekuatan yang senantiasa Tuhan berikan untuk kami menghadapi sakitnya, hingga hari ini kesembuhan, dan kesehatan menjadi bagiannya.

Dalam masa-masa sakitnya, kami sering merasa putus asa, dan tidak kuat. Iman kami goyah, bahkan ada sedikit kecewa berpikir mengapa ia harus diberikan cobaan yang berat ini. 

Namun, Tuhan baik, dan setia menemani kami. Perlahan tapi pasti terlihat cahaya yang mulai hadir dalam hidupnya. Matanya mulai terbuka, dan senyum mulai merekah.

Doa kami sudah Tuhan jawab. Semua yang menjadi kerinduan kami mulai sekarang kami kembali akan merealisasikan rencana, yang kami susun begitu lama. 

Rasa syukur ini tak terhingga, karena Allah memulihkan sakit penyakitnya yang tadinya kami merasa itu tidak mungkin bagi manusia, tetapi kami menyadari sungguh bahwa, bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. 

Engkau adalah penguasa bumi, dan hidup. Tuhan yang empunya napas hidup ini. Dalam nama-Mu yang Agung, kami naikkan doa ini. Amin.

Semua yang terjadi di dalam hidup ini atas izin Allah, dan itu tidak akan melebihi batas kekuatan kita. [Ike lawbers]

Catatan:
Jika kita melawat orang sakit, dan akan berdoa untuk mereka, tolong jangan sampai pada saat berbicara dengan mereka, kita mngeluarkan kata-kata yang tidak berkenan. 

Ada saja orang yang lupa bahwa, yang ada didepannya adalah seorang sangat lemah tubuhnya, yang butuh kekuatan, semangat, atau spirit dari kita yang sehat, agar ia bisa bangkit dan kuat dalam menghadapi penyakitnya.

Namun apa yang terjadi? sering kali kita malah menambah bebannya dengan cara bicara kita yang kita anggap itu baik, dan menyenangkan.

Misalnya, kita mengatakan begini; kamu ini terlalu bandel, keras kepala. Waktu sehat tidak pernah mengucap syukur. Makanya kamu sudah berdosa. Kamu harus mengakui dosa-dosamu, supaya Tuhan mengampuni, dan mau menyembuhkan penyakitmu.

Ingat, mereka tidak membutuhkan nasihat kamu seperti itu. Yang harus kamu lakukan adalah, mendoakannya, memberi kekuatan, semangat, dan harapan. Menceritakan hal yang membuatnya merasa bahagia, dan gembira, karena 'hati yang gembira adalah obat yang sangat manjur.'

Semoga artikel ini berguna.

3 comments for "Doa Untuk Seorang Kekasih Yang Sakit"

  1. Awww... membaca ini, tak lupa saya haturkan doa, semoga saudara-saudara atau sahabat di luar sana, yang sedang sakit, bisa segera diberikan kesembuhan, tetap diberikan semangat untuk sembuh, aamiin.
    Dan juga seketika saya merasa sangat bersyukur, karena Alhamdulillah masih selalu diberi kesehatan.

    Saya sering banget sebenarnya semacam diingatkan oleh hal tersebut, saat saya galau, kadang semacam diarahkan Tuhan buat membaca hal-hal seperti ini, langsung saya teringat, segalaunya saya, sesungguhnya saya masih punya banyak hal yang lupa saya syukuri, salah satunya kesehatan buat saya dan khususnya buat anak-anak dan keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mbak Rey, selalu diberikan kesehatan sampai hari ini. Luar biasa..
      Salah satu yang terbesar adalah, anak-anak yang terus tumbuh dengan baik, sehat, lincah. Begitu juga dengan mbak Rey yang selalu diberi kekuatan ekstra untuk menjaga, merawat, mendidik, dan membesarkan. Slm sehat n bahagia sll...

      Delete
  2. Sangat menyentuh artikel ini dan merupakan kata-kata kekuatan doa harapan untuk sembuh.
    Saat ini ada salah satu saudaraku yang mengalami sakit akan kudoakan dengan kalimat dia dari kak Ike.

    Merry Christmas and Happy New Year untuk kak Ike dan keluarga 🌲🕯️✨.
    Jbu 😇.

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.