13 Manfaat Sehat Bawang Putih Untuk Kanker, Hipertensi Dan Efek Samping

Jika kita mendengar kata kanker, dan hipertensi membuat kita sangat takut. Bagaimana tidak, kedua nama ini merupakan penyakit yang mematikan. Setiap hari ada saja kematian. 

Berkat makanan, dan gaya hidup yang tidak bagus, maka tak ayal lagi kita terserang penyakit tersebut.

Dewasa ini, manusia seringkali mengalami sakit yang samasekali tidak terbayangkan. 

Artinya, sebenarnya jenis penyakit berat, dan menakutkan ini tidak ada di dalam keluarga, atau keturunan. Namun, mengapa bisa mengalaminya?

Ada hal lain yang juga berperan besar dalam memicu banyak penyakit yaitu, cara hidup kita.

13 Manfaat sehat bawang putih untuk kanker, hipertensi dan efek samping
Bawang putih. Pixabay Images

Kamu bisa bilang bahwa, selama ini gaya hidup saya sehat, padahal, kamu masih makan makanan yang penuh dengan lemak berbahaya. 

Maaf ya, sanking fanatiknya saya dengan makanan seperti itu, maka saya istilahkan "menu sampah" artinya tidak berguna untuk tubuh kita. 

Apabila kamu mengonsumsinya, maka kamu akan tahu sendiri, itulah yang  menjadi penyebab berbagai penyakit.

Penjelasan di atas cuma sebagai gambaran saja.

Bawang putih [allium sativum], adalah salah satu rempah dapur yang sering digunakan sehari-harinya untuk memasak. 

Dibalik bau menyengat, dan harum, ada manfaat besar bawang putih untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan terhadap berbagai penyakit, antara lain, kanker, dan hipertensi, dan masih banyak lagi.

Coba perhatikan, setiap masakan pasti ibu-ibu senang menggunakan bawang putih untuk penyedap alami makanan. 

Bawang putih juga kaya akan vitamin B1, B2, B6, B3, magnesium, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, vitamin C, natrium, seng, dan natrium.

Mari baca ulasan berikutnya di bawah ini

1. Bawang putih untuk pasien kanker

Banyak orang merasa kurang yakin, alias ragu kalau ada yang bilang, makan bawang putih bisa bikin tubuh sehat. 

Apa benar? Menurut saya, tidak salah jika kamu memasak tiap hari harus pakai bawang putih, karena banyak manfaat sehat yang bisa kamu dapat.

Misalnya, diallylsulfide [senyawa organosulfur] yang ada pada bawang putih punya efek terhadap tahap pembentukan kanker, yang mana bisa membantu mencegah stres oksidatif. 

Kemudian, mempengaruhi proses biologis dengan mengubah risiko penyakit kanker. Memblokir mutasi DNA, serta sel yang tidak terkontrol.

Jawaban tentang cara bawang putih digunakan sebagai pencegah kanker di dalam sebuah ulasan The National Cancer Institute yaitu, Sifat antibakterinya mampu menginduksi sel mati, memblok zat yang menyebabkan kanker, dan memperbaiki DNA.

Mengonsumsi bawang putih teratur dengan jumlah normal, menurunkan risiko kanker hati, paru-paru, kerongkongan, kandung kemih, prostat, perut, dan memperkecil pertumbuhan tumor terkait kanker payudara.

2. Membantu menurunkan tekanan darah

Beberapa penelitian ilmiah mengemukakan bahwa, bawang putih terbukti signifikan membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. 

Studi lain yang juga dilakukan pada tahun 2014, menjelaskan mengenai manfaat ekstrak bawang putih tua yang dipakai untuk tambahan pengobatan terhadap mereka dengan kondisi hipertensi yang mengonsumsi obat antihipertensi, namun tetap saja tekanan darahnya masih tinggi.

Ekstrak bawang putih tua ini diketahui memiliki senyawa sulfur bioaktif, S-allylcysteine, yang telah ditemukan secara efektif mengurangi tekanan darah 10 mmHg [sistolik] dan 8 mmHg [diastolik].  

Selanjutnya, kita ketahui bahwa, allicin di dalam bawang putih membantu melemaskan pembuluh darah.

3. Untuk mereka dengan diabetes

Gula darah yang tinggi dapat menyebabkan stroke, serangan jantung dan hipertensi, dan obesitas. 

Para ilmuan telah mengadakan penelitian terhadap tikus yang terkena diabetes, dan mengambil kesimpulan bahwa, bawang putih mungkin secara keseluruhan dapat membantu memperbaiki kesehatan penderita diabetes.

Ini juga menyangkut mitigasi diabetes seperti nefropati, dan aterosklerosis. Bawang putih memperlihatkan bagaimana ia dapat membantu penderita diabetes dalam menjaga glukosa darah. Mencegah efek dari komplikasi diabetes.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Meskipun makan bawang putih bikin mulut kamu bau, tapi, jika dibandingkan dengan jengkol baunya nggak ketulungan. 

Bawang putih masih dapat ditoleransi, dan punya manfaat yang berbeda. Dikatakan dapat memperkecil tromboemboli [pengumpalan darah], dan memperlancar aliran darah. 

Secara signifikan bisa membantu mencegah penyakit aterosklerosis.

Penulis telah membaca sebuah artikel yang diulas oleh internationaljournalofcardiology.com sebagai berikut; "ekstrak dari bawang putih tua, dan turunannya, S-allylcystein [SAC] manjur untuk apoptosis, stres oksidatif, dan kerusakan kardiomiosit."

Tahun 2016, sebuah studi acakpun dilakukan untuk mendukung penelitian lebih lanjut yang diterbitkan di Journal of Nutrition mencakup beberapa pasien dengan umur 40 sampai 75 tahun, dimana mereka telah diketahui memiliki sindrom metabolik. 

Adapun hasilnya memperlihatkan bahwa, ternyata ekstrak bawang putih tua efektif menurunkan plak pada arteri koroner.

5. Untuk Penyakit Alzheimer

Usia tua tidak berarti otak kita harus ikut tua, dalam arti tidak mampu untuk berpikir lagi. Celakanya, kebanyakan masyarakat kita memaklumi hal demikian. 

Mereka menganggap orang tua memang begitu. Kalau sudah tua, ya tidak usah berpikir yang rumit, tidak bisa berpikir secara normal lagi.

Seperti diketahui, jika seseorang sudah terdeteksi mengalami penyakit alzheimer, maka itu dapat mempengaruhi kemampuan otak untuk berpikir dengan baik, diikuti dengan kerusakan oksidatif, dan berujung pada penuaan dini.

Peran bawang putih begitu penting dalam mengurangi penyakit alzheimer. Ini dibuktikan dengan beberapa penelitian yang salah satunya dipublikasikan melalui Journal of Neurochemistry

Dimana ekstrak bawang putih tua dengan SAC membantu mengobati penderita penyakit alzheimer.

6. Mengurangi kolesterol

Setelah cek-up ke dokter, dan ternyata kolesterol kamu tinggi, kamu boleh coba konsumsi bawang putih dalam takaran normal. 

Gunakan bawang putih di setiap masakan kamu. Senyawa allicin di bawang putih mencegah meningkatnya LDL.

Konsumsi bawang putih tidak meningkatkan HDL atau menurunkan kadar lemak darah [trigliserida].
Para peneliti memperlihatkan hasil eksperimen mereka yang dilakukan terhadap senyawa bawang putih yang larut dalam lemak, menghambat kolesterol sampai 60 %.

7. Untuk infeksi dan pilek

Dalam sebulan 2 kali saya langganan Flu dan pilek. Meskipun penyakit ini terbilang ringan, namun sangat menyusahkan jika tengah malam terbangun dan hidung tersumbat, akhirnya sampai pagi tidak bisa tidur. 

Saya tidak mau minum obat kimia, jadi, andalannya adalah obat herbal.

Bawang putih jadi pilihan saya untuk meringankan pilek, karena sifat antimikrobanya. Pergi ke dapur memasak sayur sup, dan makan selagi hangat. 

Ini menambah kekebalan tubuh, dan mencegah kita dari flu, dan pilek.  

Cochrane Database of Systematic Reviews menerbitkan sebuah makalah di tahun 2014, tentang studi terhadap 146 orang selama 3 bulan, untuk memastikan apakah khasiat yang ada dalam bawang putih ini bekerja dengan baik. 

Ternyata, bawang putih memiliki kemampuan yang dapat membantu mencegah infeksi seperti flu, pilek, dan batuk.

8. Tulang sehat

Menurut pendapat sebagian orang bahwa, dengan bertambahnya umur seseorang maka, ia rentan terhadap risiko patah tulang. 

Namun, studi yang diadakan pada wanita menopause memperlihatkan bahwa, mengambil dosis ektrak bawang putih kering signifikan membantu meminimalkan risiko tersebut, dan mengurangi defisiensi estrogen serta radang sendi. Selain itu juga, mencegah osteoartritis.

9. Masalah pencernaan

Jangan khawatir bagi mereka yang punya masalah pencernaan, jika mengonsumsi bawang putih asalkan tidak berlebihan. 

Jika memasak, masukkan saja bawang putih ke dalam masakan kamu. Untuk penyedap makanan, dan paling penting adalah membantu meringankan iritasi saluran lambung, gas perut, dan masalah pada usus [diare, kolitis dan disentri].

10. Membantu kekebalan tubuh

Fitonutrien yang ada pada bawang putih membantu mencegah dari kerusakan DNA. Secara langsung juga menjaga kekebalan tubuh. 

Menambah energi, dan umur panjang bagi mereka yang disamping megonsumsi bawang putih, mereka juga mempraktekkan hidup sehat.

11. Pencegahan terhadap keracunan logam berat

Konsumsi bawang putih juga membantu mengurangi konsentrasi timbal dalam darah, dan jaringan antara manusia, dan hewan, juga keracunan logam berat. 

Artikel tentang khasiat bawang putih ini telah diterbitkan di Farmakologi pada tahun 2012.

12. Antibiotik untuk infeksi jamur dan bakteri

Bawang putih mencegah infeksi jamur, dan bakteri. Sebuah studi mengatakan bahwa, ektrak bawang putih dipakai pada anak-anak yang mengalami infeksi cacing pita. 

Dengan demikian, kita tidak perlu ragu untuk mengguanakan bawang putih, asalkan dengan dosis tepat.

13. Menyerap zat besi dan seng

Kandungan belerang yang ada dalam bawang putih menjadikannya efektif untuk menambah penyerapan zat besi, dan seng.

Manfaat lain dari bawang putih

  • Merawat mata infeksi dan radang karena terdapat nutrisi yang mencakup vitamin C, quercetin, selenium, dan mengurangi intraokular.
  • Antimikroba antiinflamasi. Konsumsi bawang putih mentah bisa mencegah radang karena tinggi kadar allicin.
  • Mengurangi lemak hati. Ada efek detoksifikasi, dan asam amino sistein.
  • Membantu meredakan sakit telinga [infeksi telinga]. Antijamur.
  • Gigitan serangga beracun [blender bawang putih, dan oles].
  • Mengontrol infertilitas wanita, dan impotensi. Campur jus bawang putih dengan susu, minum pagi hari.
  • Membantu mengurangi penyakit kulit autoimun [prosiasis]. Gejala: kulit bersisik, memerah, gatal-gatal. [Belum memiliki bukti ilmia yang memperkuat].
  • Melindungi dari rasa lelah, juga naikkan libido wanita, dan pria.
  • Kamu sakit tenggorokan? Ambil bawang putih dan jus pakai air panas, kemudia berkumur.
  • Digunakan untuk luka infeksi.
  • Infeksi ringan pada telinga [Belum ada bukti ilmiah].
  • Dipakai untuk gangguan usus ringan.
  • Cobalah jus bawang putih, dan buah delima cocok untuk kamu yang batuk.
  • Membantu mengobati athlete's foot, disebabkan oleh infeksi jamur. Kudis, dan kurap di kaki.
  • Cegah penyakit neurodegeneratif. Rambut kamu habis dari kepala alias botak? gosok bawang putih.
  • Untuk obat kumur biar gak bau mulut.
  • Cegah karies gigi.
  • Membasmi parasit yang ada di lambung [penyebab tukak lambung].
  • Rambut berkutu? Basmi dengan bawang putih. Cara: Jus bawang putih dengan lemon, segera gosok pada malam, dan keramas besok pagi.
  • Pembasmi serangga.
Nutrisi dari bawang putih
Fakta nutrisi menurut USDA
Ukuran Porsi: 1 kepala (30g gram)
----------------------------------
Jumlah Per Penayangan
Kalori 45
Kalori dari Lemak 1.3
---------------------------
% Nilai Harian : 0%
---------------------------
Total Lemak : 0,1g gram : 0%
Lemak jenuh 0g gram : 0%
Lemak Trans 0g gram
Kolesterol 0mg miligram : 0%
Sodium 5,1 mg miligram : 3%
Kalium 120mg miligram : 3%
Total Karbohidrat 9,9g gram : 3%
Serat Makanan 0,6 gram gram
Gula 0,3 gram
Protein 1,9g gram
Vitamin A : 0,1%
Vitamin C : 16%
Kalsium : 5,4%
Besi : 2, 8%
Nilai Persen Harian didasarkan pada diet 2000 kalori.

Efek samping jika makan bawang putih kelewat batas

1. Ada efek samping untuk ibu yang sedang mengandung
Ibu mengandung dan sementara menyusui, sebaiknya batasi konsumsi bawang putih, sebab bisa mempercepat waktu melahirkan yang tidak diinginkan.

2. Aliran darah jadi tidak lancar [penyempitan pembuluh darah]
Jangan lakukan terapi bawang putih selama 3 bulan. Itu tidak mengurangi rasa sakit pada kaki melainkan memperburuk aliran darah.

3. Mulas dan muntah
Makan bawang putih dalam keadaan perut kosong bisa berakibat mual, dan muntah. Ini terbukti dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh Harvard Medical School

Bawang putih bisa menyebabkan terjadinya penyakit gastroesophageal reflux, atau yang sering disebut GERD.

4. Bisa terjadi migrain
Makan bawang putih dalam bentuk mentah, dan berlebihan dapat mengalami migrain, oleh karena ia dapat merangsang saraf neuropeptida [molekul mirip protein kecil/polipeptida] yang langsung ke membran, dan menutupi otak.

5. Hati-hati, bisa mengakibatkan pencernaan kamu terganggu
Perut kembung, nyeri, dan diare, jika kamu makan bawang putih terlalu banyak. Hindari makan bawang putih, jika pencernaan terganggu. Mengapa? Karena bisa mengiritasi saluran gastrointestina.

6. Menurunkan tekanan darah
Mereka yang memiliki tekanan darah rendah, batasi makan bawang putih, mengingat bawang putih punya sifat penurun tekanan darah.

7. Batasi konsumsi bawang putih untuk anak-anak
Tidak baik digunakan dalam jangka panjang untuk anak-anak, namun, belum ada penelitian, atau laporan khusus mengenai efek samping yang signifikan terhadap anak-anak.

8. Ingat, penderita diabetes tidak dianjurkan konsumsi bawang putih berlebih
Bawang putih bisa menurunkan gula darah terlalu rendah. Ini tidak baik untuk penderita diabetes.

9. Tidak baik untuk asma
Pasien asma, jangan makan bawang putih, karena mungkin memiliki efek samping. Mereka yang akan dioperasi juga harus hindari bawang putih.

10. Masalah lambung
Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa, bawang putih salut enterik sesudah dikonsumsi, mengakibatkan kemerahan pada membran mukosa lambung.

11. Meningkatkan risiko pendarahan
Hentikan makan bawang putih sebelum operasi. Bawang putih mentah, dapat meningkatkan risiko pendarahan. 

Jangan konsumsi bawang putih bersamaan dengan obat clopidogrel, dan warfarin [obat pengenrer darah]. Seperti yang dilaporkan oleh University of Marylang Medical Center.

Selain itu, Mayo Clinic juga mengatakan hal yang sama.

12. Dapat menyebabkan iritasi kulit
Bagi orang yang alergi dengan bawang putih, jika diolesi, atau menggunakannya dalam dosis berlebihan, mengakibatkan iritasi, dan kulit seperti terbakar.

13. Bawang putih juga dapat menurunkan kadar gula darah
Sebaiknya tidak makan bawang putih dua minggu sebelum operasi.

14. Menyebabkan keracunan hati
Jika dikonsumsi terlalu banyak, kemungkinan bisa menyebabkan keracunan hati.

Catatan: Konsumsi bawang putih tidak berpengaruh banyak untuk seseorang terhadap risiko kanker lambung, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker perut.

Bawang putih untuk kecantikan

1. Pertumbuhan rambut yang sehat
Diyakini allicin yang terdapat pada bawang putih ini membantu memperbaiki sirkulasi darah, sehingga tentunya dapat memicu pertumbuhan rambut dengan lebih baik.

2. Rambut rontok
Kebanyakan orang jika mendapati rambutnya rontok, pasti ada rasa stres, dan cepat-cepat cari solusi untuk mengatasinya. 

Beberapa peneliti di Mazandaran University of Medical Sciences, telah menguji jel dari bawang putih, dan diterapkan langsung ke kulit kepala selama kurang lebih tiga bulan 2 kali dalam sehari, bisa berpengaruh kepada mereka yang konsumsi kortikosteroid untuk alopecia.

Ada yang lebih simpel lagi yaitu, pakai minyak zaitun, atau bisa juga minyak kelapa yang dicampur dengan bawang putih. Ini bagus sekali, dan alami. Bawang putih menghilangkan racun.

3. Rambut sehat dan lebat dan berkilau
Kamu bisa coba pakai bawang putih dengan madu. Campur dengan sampo, atau kondisionernya. Jangan takut rambut kamu bau, sebab madu bisa menetralkan bau bawang putih.

4. Jerawat
Bawang putih memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiinflamasi. Ampuh mengobati jerawat. Bawang putih dipadukan dengan kunyit, madu, dan krim bisa mengatasi bekas jerawat pada kulit muka kamu. Dijamin mulus.

5. Lindungi kulit dari ultra violet
Bawang putih bisa melindungi kulit dari penuaan dini, dan paparan sinar UV yang sangat merusak.

6. Ketombe
Paling sederhana mengobati rambut berketombe, kepala gatal dengan bawang putih. Kamu bisa coba sendiri di rumah. Caranya? 

Rebus bawang putih pakai air sesuai kebutuhan kamu. Saring, setelah dingin, bilas rambut seminggu tiga kali saja.

7. Rambut beruban
 Efektif membantu mengobati rambut beruban untuk mereka yang belum waktunya.

8. Komedo
Kulit berminyak adalah faktor terbesar penyebab komedo. Kamu bisa atasinya dengan tiga siung bawang putih ditumbuk, satu sendok teh gandum, dan setengah sendok jus lemon, kemudian tambahkan juga madu.

8. Mengecilkan pori-pori
Bikin masker bawang putih campur dengan tomat. Dengan menggunakan masker tersebut, maka pori-pori kamu bisa mengecil, dan sekaligus mengencangkan kulit.

9. Stretch mark
Bawang putih membantu kamu mengurangi stretch mark dengan cara, 3 siung bawang putih dengan minyak mustard dipanaskan hingga bawangnya harum, angkat lalu tunggu sampai dingin. 

Silahkan oles dimana terdapat stretch mark. Jangan lupa sambil pijat memutar.

Catatan
Konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, jika kamu mengonsumsi suplemen bawang putih dalam jumlah besar [diterapkan sebagai diet], karena dapat berinteraksi dengan obat-obat kimia tertentu. 

Tidak baik jika bawang putih digunakan sebagai pengobatan. Ia hanya dapat membantu mengobati.

Demikianlah artikel 13 manfaat bawang putih untuk kanker, hipertensi dan efek samping. Mudah-mudahan berguna.

33 comments for "13 Manfaat Sehat Bawang Putih Untuk Kanker, Hipertensi Dan Efek Samping"

  1. Oh, ternyata khasiat bawang putih banyak manfaat juga untuk kesehatan dan keindahan rambut .. , aku baru tau infonya dari sini kak.
    Terimakasih sudah berbagi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mas Himawan, moga bermanfaat y

      Delete
    2. Ya, kak.
      Artikel tentang bawang putih ini sangat informatif.
      Manfaat baik dan kurang akibat mengkonsumsi bawang putih diulas secara detil.

      Delete
  2. Halo,kak.
    Datang lagi disini untuk membaca ulang manfaat baik dari bawang putih 😁.
    Selamat beraktivitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat seneng jika mas Him datang untuk membaca artikel ini n merasa bermanfaat. Mt beraktivitas jg y GBU...

      Delete
  3. Kuperhatikan artikel-artikel disini kesemuanya informatif dan keren-keren.
    Menambah wawasan banyak hal 👍.

    ReplyDelete
  4. Saya pertama kali baca manfaat bawang putih itu di blognya Kang Nata, waktu itu dia testimoni makan bawang putih dan masuk anginnya kabur.

    Ternyata banyak yang ikutin caranya dan manjur.
    Kalau saya paling suka, tumis kangkung pakai bawang putih doang, sayangnya paksu kurang suka bawang putih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya, banyak juga yg gak suka bawang putih, termasuk suamiku. Sayang y, padahal banyak banget manfaat sehatnya..

      Mbk Rey, si Kang Nata mah dah gak aktif diblognya lg y... sptnya udah ganti pemiliknya. Aku dulu jg suka brkunjung keblognya.

      Bai de wei tx mbk....

      Delete
  5. Aku baru tahu kalau bawang putih juga bisa untuk kecantikkan kak 😆
    Selama ini hanya tahu untuk obat penurun darah tinggi, kolestrol dan sejenisnya yang berkaitan dengan darah gitu.
    Tapi btw, aku nggak sanggup kalau harus makan bawang putih mentah. Baunya itu lho awet banget di mulut 😂
    Lebih memilih makan bawang merah mentah ditambah nasi goreng #ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kebanyakan orang taunya si bawang putih cuman utk stabilkan darah, kolesterol, padahal banyaak loh :) paling mantep mah utk ngilangin ketombe hehe..

      kalo gak suka mentah jangan maksa. Boleh jg digoreng.

      Aku mah yg nama bawang2an gak suka makan mentah...

      Delete
  6. Betul sekali ulasan diatas tentang bawang putih..😊😊

    Dulu waktu masih merokok saya sering batuk2...Dan ternyata parutan bawang putih saya kasih air langsung hilang batuk saya...Yaa walau rasanya tidak mengenakan, Tetapi banyak sangat manfaatnya.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener, mas Satria, kalo merokok hrs makan bawang putih, biar bau
      ditahan ajah y :D

      Daripada makan obat kimia, bener gak? Ngilangin racun yang dihasilkan rokok yang bikin batuk itu agak susah y..

      tapi bersyukur deh dari kalimatnya sepertinya mas Satria udah berhenti merokok.
      Kesehatan lgh penting y...

      Slm sht..:)

      Delete
  7. Banyak banget ya manfaat bawang putih untuk kesehatan dan kecantikan. Kalau aku paling suka bikin sambal bawang putih karena aromanya khas dan aku suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak Siti. Bumbu dapur yg satu ini ternyata punya banyak manfaat..

      Aku malah blm pernah icip sambel bawang puti. Kapan2 cobak ah :)

      Delete
  8. Semenjak stay di Korea, saya jadi hobi makan bawang putih grill mba. Apalagi dicampur sama BBQ daging 😂 hehehe. Kebetulan orang Korea sendiri juga pecinta bawang putih. Sekali makan pun bukan dalam bentuk irisan, melainkan dalam bentuk siung yang dililit bersama daging maupun menu-menu lain 🤣

    Katanya, bawang putih salah satu rahasia mereka berumur panjang dan hidup sehat. Nggak heran sih, karena faktanya range hidup mereka bisa sampai 100 tahun lamanya. Dari situ saya belajar mengenai khasiat bawang putih meski yang saya pelajari belum sedetail yang mba Ika bagikan. Dan dari post ini akhirnya saya belajar lebih banyak 😍

    Thanks for sharing, mba 💕

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wo hebat y orang Korea doyan banget bawang putih. Tapi iya bener, wkt textile machinery exibition, kami banyak tamu2 kantor dari korea, krn kami sering import sparepart dari sana.

      Bener aja, pas makan bareng2
      keliatan banget menu2nya sll bertaburan bawang putih hehe...

      Pantesan umur mereka bisa sampai 100 th
      ya mbak, emejing kali...

      Aku sih jujur kagak suka korean food.
      Lbh suka chinese food :)

      Delete
  9. Aku sendiri suka banget bawang putih. Biasanya aku slalu minta Ama asistenku, kalo masak yg pakai bawang putih, dibanyakin garlic nya :D.

    Tapi jadi inget pas zaman kuliah, itu sempet ada pertentangan antara dosenku yg orang India, dengan mahasiswi China. Dulukan dlm 1 kls itu ada banyak foreign students dr berbagai negara. Naah temen2 yg dari China punya kebiasaan ngemilin bawang putih, yg direndam minyak gitu. Pas kliatan Ama dosenku yg orang India, dia lgs ceramah bahaya bawang putih bagi lambung, bisa mengakibatkan luka Krn sifat garlic yg panas :D.

    Duuuh mereka lgs ribut hahahahahah. 1 sama lain percaya Ama keyakinan masing2. Jd ga ketemu titik tengahnya :p. Si dosen ttp menganggab bawang putih bahaya dalam bntuk apapun, dan si mahasiswi ttp percaya garlic itu bagus :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang China memang terkenal suka banget makan bawang putih. Mereka gak segan makan mentah. Chines food begitu jg kekuatannya kan di bawang putih yg bikin enak :)
      Mungkin mereka rata2 gak ada sakit lambung kali hehe..

      Bener banget, yg punya sakit lambung ini mesti hati2 makan bawang putih. Sulfurnya tinggi, bisa bikin luka lambung. Boleh si makan, tapi jangan berlebihan. Kalo bisa, hindari makan bawang putih mentah utk mereka dgn kondisi lambung tidak sehat/sensitif.

      Orang India memang mereka betul2 terapkan obat2an herbal yg bener.
      Mereka juga banyak ahli dlm obat2an herbal.

      Delete
  10. baru tau juga bawang putih bisa untuk menjaga gula penderita diabetes
    saya taunya untuk pilek aja sama batuk
    ternyata banyak juga ya khasiatnya

    terima kasih ulasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Ikrom, bawang putih itu punya sejuta manfaat. Konsumsi dengan gak berlebihan akan bermanfaat, and khasiatnya dapet.
      Makasih kunjungannya y mas...moga bermanfaat.

      Delete
  11. ortu saya juga sering konsumsi ini. hampir rutin.. jaga kesehatan katanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, orang tua biasanya cenderung hindari obat kimia and konsumsi bawang putih untuk jaga kesehatan.

      Delete
  12. Beberapa aja yang aku tau soal khasiat bawang putih, tapi ternyata segini banyaknya.
    Dulu aku sering denger kalau anak kecil flu, diobatinya pake bawang putih. Kadang ada tukang pijit yang ramuannya dicampur bawang putih.
    Semanjur itu si bawang putih

    Kalau buat masak masak,kayaknya nggak afdol kalau nggak ada bawangnya ya

    ReplyDelete
  13. Kalau dicampur untuk masakan atau dioles dan sebagainya memang sudah umum. Tadi saya baca ada yang dijus. Waw, jus bawang putih gimana rasanya.

    Wah, bisa dicoba ini yang manfaat buat pilek. Karena selama ini saya seringnya minum obat-obatan kimia yang dijual di apotek. Misal pakai bawang putih, sepertinya lebih terjangkau dan mudah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tahan baunya, mas blh jus bawang putih untuk mendapat khasiatnya.

      Rasanya pasti bawang putih😅

      Iya, daripada terus2an dgn obat kimia, klo bisa yg alami aja kenapa nggak?
      Murah meriah lagi😊

      Delete
  14. kalau dulu aku sering liat ditukang pijit, kalau ada bayi sakit atau dipijit, ada campuran si bawang putih ini di ramuannya. karena waktu itu aku nggak ngerti apa apa, jadinya terliat kok aneh ya, ehh ternyata emang semujarab itu rempah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Ainun, bawang putih banyak manfaatnya. Ya bisa juga utk dipake pijet.
      Kalo org yua kita dulu sukanya nyampur bawang putih dgn minyak kelapa 😇
      Terus dibalurin ke perut...

      Delete
  15. Bapak saya yang tinggi darah biasanya konsumsi bawang putih dengan direbus atau langsung dikunyah begitu saja, saya yang melihatnya saja mual tapi ya nanmanya untuk kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mas Muhajir, bau bawang putih kadang gak nahan ya.. apalagi pas mentah..
      Lain lagi kalo dah digoreng, wangi😇
      Tapi, banyak manfaatnya.

      Delete
  16. Hallo cara makannya langsung atau menggunakan sayur sebagai bumbu penyedap rasa...apakah ditumbuk atau..?

    Mohon arahnya mbak Ike

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak guru, baiknya bawang putih dipakai masak sayur... misal capcay😊
      Tapi, klo buat obat, biasanya si pakai yg mentah...

      Delete
  17. ternyata si bawang putih sodaranya bawang merah ini kaya akan manfaat ya kak. Sejauh ini aku sih baru tahunya yang antibiotik ama mencegah flu atau pilek. Soalnya pas males ke apotek beli obat flu e di dapur adanya bawang putih ya akhirnya jalan pintasku pake itu xixixi..lumayan pake alami..walaupun ga instan juga sih khasiatnya...tapi berangsur angsur bisa bikin badan agak enakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu kuliah dulu, temenku masuk angin jadi bikin dia batuk flu, terus dia dikerok pake bawang putih......
      Eh, ternyata manjur loh😊

      Delete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.