14 Manfaat Wortel Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh Anda

14 Manfaat wortel untuk kecantikan dan kesehatan tubuh Anda. Kita sering membaca di berbagai media bahwa, mengonsumsi wortel sangat baik untuk mata. 

Lalu wortel juga punya banyak manfaat dan kegunaannya. Jangan salah kaprah bahwa wortel dapat menyembuhkan penyakit mata. 

Tetapi yang benar adalah, wortel dapat membantu menyehatkan mata. Tidak hanya untuk mata, tapi banyak sekali yang bisa kita dapat dari wortel ini.

Coba perhatikan warna oranye segar yang ada pada wortel yang membuat kita sangat tertarik untuk memakannya. Ini menandakan betakaroten tinggi dan antioksidan dari sayuran tersebut. 

Dilengkapi dengan kalium, asam folat, mangan, besi, asam pantotenat, tembaga, vitamin A, B, C, D, E, K. Kamu dapat mengolah wortel untuk masakan lezat, sebagai masker wajah, menyuburkan rambut, membuat jus segar. 

Maka, lengkaplah sudah keajaiban wortel. Aku hampir lupa, wortel ini memiliki serat paling banyak.

14 Manfaat wortel untuk kecantikan dan kesehatan tubuh Anda
Wortel. Pexel Images

Dalam seminggu saya makan wortel sebanyak lima kali dalam jumlah normal dengan cara dikukus. wow, rasanya enak dan manis. [Dimakan mentah pun enak]. 

Jika makan gado-gado, tambahkan juga wortel. Saya berharap kita semua mau konsumsi wortel, sehingga bisa dapat begitu banyak khasiatnya yaitu, sebagai detoks, membantu melindungi kardiovaskular, menambah penglihatan. 

Kemudian, menjaga sistem kekebalan tubuh, memperlambat keriput [penuaan dini], meminimalkan risiko serangan jantung. Sayuran ini diketahui punya banyak nutrisi penting.

1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular [penyakit jantung]

Antioksidan yang ada dalam wortel bertindak untuk membantu melindungi jantung, meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular, terutama sekali untuk wanita yang sudah dewasa. 

Seperti diketahui bahwa, diet tinggi karotenoid selalu dihubungkan dengan menurunnya risiko penyakit jantung. Hebatnya lagi, wortel juga memiliki lutein, dan alpha-karoten.

Beberapa peneliti yang berada di Wolfgang Gastrointestinal Laboratory di Eidenburgh memberikan pendapat bahwa jika kita makan wortel mentah tujuh ons dalam tiga hari, maka dapat mengurangi kolesterol kita kurang lebih 11 persen.

Mari makan, atau bisa juga minum jus wortel rutin dalam jumlah normal, untuk melindungi kesehatan tubuh kita, membatu jaga jantung kita dari kerusakan oksidatif, kolesterol jahat yang meningkat, dan terbentuknya plak.

2. Mengendurkan pembuluh darah yang tegang [turunkan tekanan darah]

Konsumsi wortel secara rutin dalam jumlah normal, dapat membantu mengendurkan pembuluh darah kita yang tegang. Mengapa demikian? 

Karena wortel memiliki potasium yang tinggi. Kalium adalah, vasolidator yang fungsinya membantu mengendurkan pembuluh darah, dan arteri yang tegang. 

Menurunkan stres terhadap kardiovaskular. Apabila kedua hal ini berhasil normal, maka aliran darah menjadi baik pula [lancar].

Terjadinya serangan jantung, stroke, dan arterosklerosis, merupakan akibat langsung dari tekanan darah tinggi. Oleh karena itu tidak salah jika kita makan wortel.

Yang paling penting adalah kamu juga harus bisa menjaga gaya hidup kamu. Mengontrol emosi kamu agar selalu stabil. Tidak meledak-ledak emosi. Jangan jadi seorang pemarah. Berperilaku, dan hidup sehat. Jangan lupa sering-seringlah berwisata.

3. Wortel membantu meminimalkan Risiko Stroke

Memang ada banyak syarat untuk dapat menghindarkan kita dari stroke, Seperti  diet, latihan fisik, berjalan kaki di pagi hari untuk menghirup udara segar. 

Namun, selain mengerjakan tiga hal itu, usahakan rutin makan satu buah wortel saja sehari secara signifikan membantu meminimalkan risiko stroke sampai 65 persen. 

Banyak penelitian di lakukan di Universitas Harvard sudah mengungkapkannya.

Belum lagi berbagai studi yang dilakukulan menunjukkan bahwa penderita stroke yang makan sayuran yang memiliki betakaroten tinggi punya kelangsungan hidup yang lebih baik. 

Konsumsi sayuran berwarna oranye ini 5 kali seminggu dan dapatkan keajaibannya membantu menurunkan secara signifikan stroke kamu.

Sayuran yang memiliki betakaroten tinggi; wortel, labu kuning [labu parang], tomat, ubi jalar dan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, katuk. Selain itu buah pepaya, melon, semangka, mangga, dan jeruk .

4. Membantu memberikan perlindungan bagi kamu dari kanker

Sebuah studi yang khusus memantau wanita dengan memiliki latar belakang kanker payudara, dan mereka disarankan untuk konsumsi delapan ons jus wortel, dan jus jeruk selama tiga minggu memperlihatkan hasil yang sangat baik mempertahankan ketahanan tubuh terhadap kanker. 

Ini paling efektif dalam menambah antioksidan dalam darah yang pada akhirnya meminimalkan terjadi stres oksidatif.

Penelitian menyebutkan bahwa, betakaroten, dan serat yang terdapat pada wortel diketahui dapat membantu mengurangi risiko kanker usus besar, ovarium, payudara, paru-paru dan melawan sel leukemia. 

Para peneliti lain di dalam studinya juga menemukan bahwa konsumsi wortel membantu menurunkan terjadinya kanker usus sebesar 24 persen. 

5. Membatu menjaga fungsi liver [hati]

Studi yang dilalukan terhadap tikus mengemukakan bahwa, sayuran berwarna oranye ini kemungkinan besar punya sifat pelindung bagi hati terhadap efek racun, dan bahan kimia. 

Tanpa sadar bahan kimia itu juga ada pada alat masak kita. [Peralatan masak anti lengket]. Betakaroten, antioksidan tinggi serta serat yang ada dalam wortel dapat membantu menjaga fungsi liver kita, dan meningkatkan sekresi empedu dari hati.

6. Memperlambat terjadi degenerasi makula

Degenerasi makula ini biasanya terjadi pada manula [manusia lanjut usia]. Menurut penelitian, mereka yang mengonsumsi wortel secara rutin dalam jumlah normal membantu menghambat risiko degenerasi makula sebanyak 40 persen daripada yang jarang konsumsi, atau tidak pernah samasekali. 

Seperti deketahui bahwa, betakaroten yang ada pada wortel dapat membelah diri melalui reaksi enzimatik sehingga menciptakan provitamin A.

7. Mengurangi risiko diabetes

Para peneliti menemukan bahwa, orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi betakaroten secara rutin [jumlah normal], dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. 

Karotenoid memiliki dampak buruk terhadap resistensi insulin. Dengan demikian dapat menurunkan gula darah.

Selain itu, peneliti lain di Stanford University School of Medicine juga menemukan bahwa, mereka yang punya riwayat keluarga yang terkena diabetes tipe 2 memiliki kemungkinan mengalami risiko penyakit yang sama pula, sehingga dengan mengkonsumsi betakaroten dapat meminimalkan pengembangan kondisi tersebut.

Adapun penelitian tersebut belum bisa dikatakan positif, akan tetapi Anda yang dengan kondisi diabetes tipe 2 perlu mencobanya.

8. Menghilangkan plak, dan noda dari gigi

Wortel bisa membersihkan mulut dan gigi kamu, tapi ingat ya, kamu harus tetap menggosok gigi 2 kali sehari dan berkumur yang bersih. 

Jangan makan wortel saja, lalu tidak sikat gigi. Nanti orang yang berhadapan dengan kamu bisa muntah gara-gara mencium uap mulut kamu. 

Nutrisi yang ada di dalam wortel diketahui dapat mencegah racun, dan bakteri melalui makanan yang kamu makan. Kemudian hidup di gigi dan gusi.

Kegunaan lain dari wortel ialah, membersihkan plak yang melekat di gigi, dan partikel makanan, menghilangkan noda pada gigi apabila kamu konsumsi sehabis makan. 

Memiliki mineral yang dapat mencegah karies gigi, serta membasmi kuman. Makan wortel juga dapat mengeluarkan banyak air liur, memberi asam yang seimbang dalam mulut.

9. Membantu menjaga pencernaan sehat

Mengapa saya suka konsumsi wortel? selain mendapat manfaat sehat, juga untuk lambung saya yang sensitif. 

Saya jadi tidak bisa sembarangan makan sayur, apalagi yang mengandung gas, atau sulfur yang tinggi, maka aku memilih wortel sebagai sayur andalan saya, tentunya divariasi dengan sayur pilihan lain.

Dengan makan wortel, saya dapat memenuhi kecukupan serat, dan bisa mempromosikan gerakan pertalistik, dan sekresi lambung saya lebih baik. 

Tapi, saya garis bawahi bahwa, saya makan wortel [dalam jumlah normal]. Karena segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik.

Kita tahu, wortel bisa diolah dalam berbagai menu masakan. Dari yang sulit sampai gampang. Bikin pitza, keripik, bolu, dan banyak lagi. 

Kamu mau coba? Silahkan searching di om google, tapi saya pikir lebih baik wortel dikukus, atau kalau kamu suka, makan mentah saja, karena semua vitamin, dan nutrisi tetap terjaga.

10. Sehatkan mata Anda dengan wortel

Apa jadinya jika kita kekurangan asupan vitamin A? Pertama, kita akan alami kebutaan malam, selanjutnya menjadi kebutaan secara permanen. 

Tentu kita tidak mau ini terjadi pada mata kita bukan? Tidak ada alasan kita tidak suka makan wortel. Wortel dapat menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula saat kita bertambah usia seperti pada poin [6].

Konsumsi wortel mulai dari sekarang untuk menjaga mata sehat, bukan nanti tunggu umur tua. Bikin jus wortel lalu minum, ini sangat baik untuk membantu memelihara penglihatan kita. 

Ada tiga nutrisi inti dalam wortel yang punya peran penting yaitu; betakaroten, zeaxanthin dan lutein.

11. Membantu menghambat pembentukan sel leukemia

Journal of Medical Food telah menerbitkan hasil dari penelitian mereka pada tahun 2011 yang tertulis; wortel dapat menghambat pembentukan garis sel leukemia. 

Selain itu, dijelaskan juga bahwa, wortel yang merupakan sayuran tinggi betakaroten, serat, dan antioksidan ini adalah, sumber bahan kimia bioaktif sangat penting perannya dalam melawan pertumbuhan leukemia.

12. Wortel menjaga kesehatan kulit tetap awet

Jika kamu sudah membaca artikel saya tentang mentimun, maka manfaat wortel hampir sama dengan mentimun dalam hal perawatan kulit. 

Vitamin A yang terkadung dalam wortel membantu mencerahkan kulit kamu. Kamu bisa memarut, atau jus wortel kemudian aplikasikan saja langsung ke kulit. 

Tempatkan pada kulit kusam, berjerawat, flek-flek hitam, kasar, dan berminyak. Bahkan bisa juga untuk luka bakar ringan.

13. Wortel Mengurangi Peradangan

Kita bisa melawan peradangan ringan dengan mengonsumsi wortel, karena wortel adalah salah satu makanan anti-inflamasi yang sangat baik mengingat ia memiliki dosis vitamin A yang banyak, dan betakaroten.

14. Membantu meningkatkan imun tubuh

Seperti diketahui bahwa, wortel juga memiliki antibakteri dan antiseptik yang baik. Inilah manfaat wortel yang tidak perlu diragukan. Memiliki cukup vitamin C, A, dan D. 

Juga sumber mineral dan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dapat mempertahankan imunitas tubuh kita.

Keajaiban lain dari wortel

  • Membantu mencegah infeksi
  • Mengurangi peradangan
  • Kesehatan rambut
  • Membuat kuku sehat
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Sebagai masker wajah dicampur dengan madu
  • Membantu melindungi kulit dari terpaan sinar matahari
  • Menghaluskan kulit kasar dan kering
  • Menghilangkan noda kulit
  • Membantu menghilangkan kolesterol [LDL] yang berlebihan dan meningkatkan [HDL]
  • Mengurangi sembelit
  • Melindungi usus besar
  • Wortel segar membantu menghambat bakteri pembusuk
  • Menjaga kesehatan otak
  • Merangsang aktivitas sel darah putih
  • Membantu mempertahankan dari radikal bebas
  • Meningkatkan memori
  • Membantu mencegah penyakit alzheimer
  • Memperlambat penuaan dini
  • Membantu meminimalkan risiko penyakit kanker tertent 
  • Membantu menyembuhkan luka, kudis
  • Membantu mengatur gula darah
Demikian artikel tentang 14 manfaat wortel untuk kecantikan dan kesehatan tubuh Anda.

Post a Comment for "14 Manfaat Wortel Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh Anda"