14 Khasiat Sehat Belimbing Bagi Tubuh Dan Efek Samping

Dapatkan 14 khasiat sehat belimbing bagi tubuh dan efek samping. Di halaman rumah aku di kampung terdapat pohon belimbing dengan buahnya yang sangat manis, dan banyak air. Belimbing paling cocok dimakan pada siang hari. 

Saat sinar matahari menyengat, rasa haus pun datang. Buah belimbing menjadi cobaan besar menggoda kita untuk segera melahapnya. 

Warna kuning segar, dan air yang banyak bisa menghilangkan dahaga kita.

Buah yang penuh nutrisi, dan mineral penting juga antioksidan, phytonutrient flavonoid polifenol. Rasanya manis asam renyah. 
 
Punya nama ilmia yaitu averrhoa carambola. Bikin jus juga enak, tapi jangan dicampur gula, atau susu kental manis ya, nanti khasiat sehatnya hilang. 
 
Selain itu buat smoothie, atau shake yang enak, atau kalau tidak mau capai langsung saja di makan
 
Kamu mau mengurangi bobot tubuh? Mungkin ini adalah satu alternatif bagus untuk mencobanya. Memiliki 9,5 g karbohidrat per porsi, dan  2,5 g serat makanan. 
 
Tersedia 3 persen dari kebutuhan harian untuk karbohidrat dan 10 persen dari kebutuhan harian untuk serat makanan.

Penting, kamu yang dengan kondisi lambung [asam lambung], ginjal, diabetes sebaiknya menghindari belimbing.
14 Khasiat sehat belimbing bagi tubuh dan efek samping
Buah belimbing. Pixabay Images

Kandungan vitamin C yang sangat banyak tidak kalah dengan buah jeruk, dan buah lain. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan alami yang kuat. 

Tidak hanya vitamin C saja, belimbing juga sumber vitamin B kompleks antara lain riboflavin, pyridoxine. 

Fungsi dari vitamin tersebut adalah, membantu menjadi ko-faktor untuk enzim dalam metabolisme, dan bermacam fungsi sintetis di dalam tubuh kita.

Mari kita teruskan caritahu apa saja khasiat buah ini.

1. Membantu mengurangi ketegangan terhadap pembuluh darah

Diketahui kandungan natrium, dan kalium yang rendah, sementara potasiumnya tinggi, maka belimbing bisa dikosumsi dalam jumlah normal oleh mereka dengan kondisi tekanan darah tinggi. 

Ia juga memiliki kalsium yang cukup. Ini berguna untuk meminimalkan stroke, risiko serangan jantung dan aterosklerosis dengan cara mengendurkan pembuluh darah, dan arteri yang tegang.

2. Membantu mengurangi bobot tubuh

Belimbing terkenal rendah kalori, dan kaya karbohidrat serta banyak air, dan tinggi serat yang mampu mempercepat metabolisme menjadikannya layak dicoba untuk dimasukkan dalam daftar diet kamu. Serat akan membuat kamu merasa kenyang.

3. Membantu menghambat risiko kanker

Peneliti telah mengungkapkan penelitiannya bahwa, buah ini dapat membantu melawan risiko terjadi kanker, berkat anti oksidannya yang tinggi, dan padat serat. Serat berguna untuk membersihkan usus dari keracunan. 

Kemudian, ia bisa menghambat efek mutagenik dari radikal bebas yang dapat merusak tubuh kita, oleh karena flavonoid polifenol yang ada di dalamnya. Inilah yang bisa menurunkan risiko kanker.

4. Jantung sehat [detak jantung teratur]

Belimbing tinggi natrium, dan kalium, hal inilah yang dapat membantu menjaga tekanan darah kita, dan aliran darah yang sehat, sehingga dengan demikian berpengaruh positif pada detak jantung sehat.

5. Mengontrol kadar insulin dalam tubuh

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, belimbing melimpah dengan serat tidak larut, sehingga ia mampu melawan pelepasan glukosa sesudah kita konsumsi makanan, sekaligus mengatur lonjakan insulin dalam tubuh, kemudian membantu mengurangi kadar gula darah dengan cepat. 

Jenis makanan yang bikin gula darah cepat naik adalah, nasi putih, roti putih. Selain itu, minuman tinggi gula. 

Jika kamu ada dalam kondisi diabetes, atau punya riwat, maka sebisa mungkin kamu dapat menggantinya, misalnya dengan nasi merah, dan roti gandum. [Ingat kamu sebaiknya makan belimbing dalam jumlah terbatas].

6. Menurunkan Tingkat Kolesterol jahat [LDL]

Konsumsi belimbing yang padat serat ini sangat menguntungkan. Ia dapat membantu mengurangi kolesterol LDL, dan meningkatkan kolesterol HDL. 

Kamu bisa konsumsi belimbing rutin dengan jumlah normal. Jika kolesterol kamu normal, maka terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan seperti stroke, jantung koroner.

7. Menjaga metabolisme tubuh

Kita tahu bahwa, vitamin A, B dan C fungsinya untuk menjaga agar tubuh kita tetap fit, tidak mudah terkena penyakit. Dalam cuaca yang ekstrim sekalipun tubuh kita tetap stabil. 

Belimbing adalah, buah yang memiliki vitamin tersebut. Bahkan, di dalamnya juga terdapat folat, riboflavin, peridoksin yang kaya, sehingga dapat membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh kita dengan baik.

8. Membantu pernapasan sehat

Bertindak sebagai agen anti-inflamasi, dan pendingin alami, sehingga dapat membantu menambah air liur, dan mengurangi dahak, sehingga bisa menjadi salah satu pilihan baik untuk mereka yang sakit tenggorokan, dan menderita infeksi pernapasan.

9. Merawat rambut kusam

Kandungan vitamin A yang ada dalam belimbing ini gunanya untuk memelihara kelembaban rambut melalui peningkatan produksi sebum. 

Kemudian, belimbing juga memenuhi asupan vitamin C, B kompleks, untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan rambut.

10. Perawatan kulit

Konsumsi belimbing dengan jumlah normal, dapat melembabkan kulit, membantu meminimalkan garis-garis keriput yang muncul di wajah, dan menyamarkan noda bekas jerawat, dan pigmentasi. Ia memiliki efek antimikroba. Kamu juga bisa bikin jus untuk masker.

11. Merangsang aliran susu [ibu yang sulit memproduksi susu untuk bayinya]

Ibu-ibu muda yang baru melahirkan terkadang mengalami kendala tidak dapat memberikan cukup asi kepada bayinya. 

Buah belimbing dipercaya secara tradisional dipakai untuk menambah laktasi pada ibu. Dengan demikian, dapat merangsang aliran susu.

12. Membantu memberikan tidur nyenyak

Magnesium yang terdapat dalam belimbing dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Terutama mengurangi mereka dengan kondisi gangguan tidur [insomnia].

13. Meningkatkan kesehatan tulang

Berbagai nutrisi, dan mineral penting dalam buah belimbing antara lain; kalsium, fosfor, magnesium, seng yang diketahui bisa membantu meningkatkan kesehatan tulang, serta menurunkan risiko osteoporosis saat kita memasuki usia tua.

14. mebantu mendetoksifikasi tubuh

Perhatian, untuk mereka yang mengalami sakit ginjal, tidak dianjurkan untuk melakukan detoks dengan belimbing, [sebagai diuretik]. 

Jika kamu ingin detoksifikasi, mungkin buah ini bisa dipilih, karena dapat merangsang buang air kecil, sehingga mengurangi garam yang berlebihan, lemak tubuh, dan racun. Membantu membersihkan hati, dan ginjal.

Khasiat lain dari buah belimbing

  • Menjaga kekebalan tubuh
  • Mengendalikan denyut jantung, dan tekanan darah
  • Masker wajah untuk cegah jerawat
  • Menetralkan wajah berminyak
  • Menguatkan akar rambut
  • Mencegah rambut rontok
  • Melembabkan rambut
  • Membantu menyembuhkan kurap [rebusan daunnya]
  • membantu menyembuhkan cacar air [rebusan daunnya]
  • Melawan infeksi
  • Membantu menyembuhkan eksim [karena mengandung agen antimikroba]
  • Bunga belimbing manis baik untuk mengobati batuk pada anak-anak
  • Daun belimbing membantu mengobati sakit maag, radang kulit bernanah, dan bisul
Nilai Gizi: Energi 128 kj (31 kkal)
1. Vitamin C 34,4 mg
2. Vitamin E 0,15 mg
3. Vitamin B6 0,017 mg
4. Protein 1,o4 g
5. Kalsium 3 mg
6. Kalium 133 mg
7. Lemak 0,33 g
8. Besi 0,08 mg
9. Kolin 7,6 mg
10. Seng 0,12 mg
11. Karbohidrat 6,73 g
12. Serat pangan 2,8 g
13. Gula 3,98 g

Beberapa efek samping dari buah belimbing yang harus kamu perhatikan

Perhatikan beberapa efek samping yang dapat berakibat serius di bawah ini;

Batu ginjal
Mengkonsumsi belimbing rutin dengan jumlah berlebihan dapat meningkatkan risiko perkembangan batu ginjal. 

Mengingat buah ini punya asam oksalat yang sangat tinggi. Sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedang saja [untuk ginjal yang berfungsi normal]

Toksisitas
Kamu yang punya penyakit ginjal, dan tidak mampu menyaring neurotoksin tertentu, buah belimbing sangat tidak disarankan. 

Karena sangat berbahaya sampai mematikan apabila tubuh tidak bisa memprosesnya dengan baik. Bisa terjadi kejang, mual, muntah, insomnia, dan yang paling mengerikan adalah kematian.

Alergi
Sedangkan mengenai alergi karena makan belimbing sangat jarang. Sebaiknya konsumsi buah ini dalam porsi sedikit, atau sedang saja.

Interaksi Obat
Seperti di ketahui bahwa, buah belimbing ini dapat berinteraksi dengan beberapa obat kimia, yang bisa bikin obat tersebut tidak bekerja di dalam tubuh.

Demikian artikel 14 khasiat sehat belimbing bagi tubuh dan efek samping.

1 comment for "14 Khasiat Sehat Belimbing Bagi Tubuh Dan Efek Samping "

  1. Jujur nya aku ga begitu suka buah belimbing, tapi tau kalo khasiatnya bagus buat yg darah tinggi. Mungkin ga sukanya Krn aku jrg nemuin belimbing yg manis. Mostly kan asam semua :D. Makanya kalo mama udh beli belimbing, aku prefer di jus mba. Diminum rasanya jd LBH enak drpd makan gitu aja :D.

    Tapi aku jd tau kalo buah ini ga bgs utk ginjal kalo kebanyakan. Tx infonya mba

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.