13 Manfaat Sehat Makan Pisang Yang Menakjubkan

13 Manfaat sehat makan pisang yang menakjubkan. Makan pisang setiap hari, dan kamu akan terheran-heran melihat perubahan kesehatan tubuh kamu. 

Untuk urusan makan pisang, aku pikir sudah menjadi kebiasaan kita. Bukan lagi hal baru, sebab pisang sudah dikenal di seluruh penjuru bumi ini. Buah yang memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan kita.

Buah ini diciptakan Tuhan untuk dinikmati seluruh umat manusia. Orang kaya, sampai pada yang miskin, karena buah ini dapat dijangkau di pasar tradisional. 

Harganya juga relatif murah. Tidak perlu repot makan pisang. Kupas kulitnya, dan langsung dimakan.

Aku punya tips, untuk simpan pisang di tempat yang sejuk. Sebaiknya pisang dimakan tidak terlalu matang, agar rasanya tidak berubah. 
 
Ada yang namanya pisang tanduk. Pisang ini sangat bagus untuk mereka yang punya sakit maag, dan asam lambung. Jika sudah matang, dan diletakkan di dalam kulkas, maka rasanya seperti ice cream. Silahkan kamu coba.

Di Indonesia, kamu bisa temukan berbagai jenis pisang, jika kamu ke pasar, atau ke mall. Tinggal pilih sesuai kebutuhan. 
 
Bikin kolak, brownis kukus pisang, es pisang ijo [ice pisang hijau], kripik, digoreng, atau dipanggang, dan ditaburkan dengan susu, keju, meses. Aduh, aku sampai ngiler membayangkannya.
13 Manfaat sehat makan pisang yang menakjubkan
Buah pisang. Morguefile images

Nutrisi hebat yang bisa kita dapatkan dari pisang

Untuk ukuran satu porsi pisang [126 gram pisang] terdapat 110 kalori, 30 gram karbohidrat. Pisang penuh dengan serat makanan, kalium, dan protein. Dijamin tidak berlemak, dan berkolesterol. 
 
Makan pisang adalah pilihan terbaik bagi setiap orang. Sudah pasti vitamin, dan nutrisi penting ada dalam buah ini. 
 
Vitamin C, B6, folat, niacin, riboflavin, zat besi. Tidak ketinggalan juga mineralnya seperti tembaga, mangan, fosfor dan kalsium. 
 
Kamu pasti heran kan, kalau pisang ada seratnya? Jika demikian, jangan lupa sediakan pisang di meja makan untuk dinikmati seluruh keluargamu pagi, siang, atau malam, dan lihatlah manfaat sehatnya di bawah ini.

1. Memudahkan buang air besar

Kamu seringkali susah buang air besar [BAB]? Makan pisang solusinya. Jangan makan obat ya, karena pisang punya efek pencahar sebagai pencegah berbagai jenis regangan dan membantu menyembuhkan wasir. Makan pisang BAB lancar jaya.

2. Membuat jantung kamu sehat

University of Leeds di Inggris telah melakukan penelitian, dan menunjukkan bahwa, makan pisang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, dan kardiovaskular. Hal ini karena pisang mengandung serat yang tinggi.

3. Penderita anemia? konsumsi pisang

Ciri-ciri penderita anemia adalah muka pucat, merasa lelah, dan sesak napas. Sedangkan anemia itu sendiri adalah, menurunnya jumlah sel darah merah, yang sering kita kenal dengan sebutan hemaglobin [HB] dalam darah. 

Pisang melimpah dengan zat besi, dan tembaga. Inilah yang merupakan hal terpenting dalam membangun sel darah merah.

4. Menurunkan aktivitas radikal bebas dalam tubuh

Selain buah pisang, bunga pisang juga punya manfaat penting. Kandungan metanol pada bunga pisang ini diketahui punya sifat antioksidan tinggi, yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kerusakan dalam tubuh kita, sehingga memnyebabkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah, penuaan dini, dan beberapa jenis kanker.

5. Membantu meningkatkan kesehatan pada mata

Buah ini dikemas dengan karotenoid, dan antioksidan, vitamin A, mineral, dan nutrisi penting yang mana berperan besar untuk meningkatkan kesehatan mata kita. 

National Institute of Health mencatat bahwa, vitamin A punya senyawa yang dapat melindungi membran di sekitar mata kita, dan elemen dalam protein pembawa cahaya ke kornea. 

Jika kita mengnonsumsi pisang rutin dalam jumlah normal, divariasikan dengan buah-buahan lain serta sayuran, maka sedikit kemungkinan untuk kita mengalami katarak, degenerasi makula, dan glaukoma.

6. Tekanan Darah

Seperti kita ketahui bahwa, pisang mengandung rendah garam sementara kaliumnya tinggi. Sifat inilah yang membuat pisang menjadi ideal untuk dikonsumsi mereka dengan kondisi tekanan darah tinggi. 

Namun, bukan berarti kamu tidak pergi ke dokter untuk berkonsultasi, atau mendapat penanganan yang tepat dari dokter, karena pisang hanya membantu.

7. Pisang membantu meningkatkan energi

Mengonsumsi pisang dapat lebih efektif membatu memberikan energi, dan elektrolit bagi tubuh kita dibandingkan dengan minuman olahraga. Memang benar, kerena Ia tidak memiliki kolesterol, dan lemak. 

Kemudian terdapat tiga gula alami yaitu, glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Dengan demikian, pisang paling cocok dimakan oleh atlet, dan anak-anak sehabis mereka berolahraga. 

Bahkan tidak jarang juga kita melihat para atlet makan pisang di sela-sela pertandingan mereka. Dopamin, dan serotonin dalam pisang membantu meningkatkan antioksidan para atlet tersebut.

8. Bantu Penurunan Berat Badan

Jika kamu sedang melakukan program diet, Jangan lupa memasukkan pisang dalam daftar menu diet kamu, karena pisang memiliki kurang lebih 90 kalori, dan tinggi serat, sehingga kamu tidak akan cepat merasa lapar, dan terhindar dari makan porsi jumbo. 

Serat larut, dan tidak larut yang dimiliki pisang berfungsi untuk memperlambat pencernaan, sehingga kita merasa kenyang dalam waktu yang lama. 

Tukarkan sarapan karbohidrat kamu, seperti nasi dengan pisang agar dapat menurunkan berat badan kamu, namun harus tetap berkonsultasi dengan ahli gizi.

9. Membantu menjaga tulang agar tetap kuat

Kalsium merupakan unsur penting dalam menyehatkan, dan menguatkan tulang. Banyak orang memilih mendapatkan kalsium dengan cara membeli sebuah produk di toko [susu yang mengandung kalsium]. 
 
Namun, kalsium tidak hanya bisa didapat dari susu saja. Ada beberapa buah, atau sayuran yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium kita secara alami, antara lain, pisang. 
 
Ada artikel penting yang dituliskan di Journal of Physiology and Biochemistry, pada tahun 2009, mengenai kandungan prebiotik, fructooligosaccharide yang banyak dalam buah pisang. 
 
Mereka adalah, bakteri menguntungkan di dalam saluran pencernaan kita. Membantu memampukan tubuh kita untuk menyerap kalsium. Jadi, mengapa kita tidak makan pisang ditambah dengan buah atau sayuran?

10. Membantu meningkatkan pasokan air susu

Seringkali masalah datang pada ibu yang baru melahirkan anak pertamanya, yaitu air susu [ASI] sangat sedikit, sehingga belum apa-apa mereka sudah menggantikan dengan memberi susu bantuan [susu instan untuk bayi]. 

Jangan terburu-buru dulu, coba kamu atasi dengan makan bunga pisang, dan jangan lupa divariasi dengan buahnya. Semoga dapat membantu.

11. Perlindungan terhadap kanker ginjal

Sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2005 di Swedia, menunjukkan bahwa, wanita yang makan buah-buahan segar sebanyak 75 porsi ke atas divariasikan dengan sayuran segar, dapat membantu meminimalkan ia terhindar dari risiko kanker ginjal sampai 40 persen.

12. Memberikan perlindungan bagi kulit terhadap sinar UV yang merusak

Jika kita makan pisang rutin dengan jumlah yang tidak berlebihan, maka itu membantu melindungi kulit tubuh kita, juga sel-sel yang lain dari radikal bebas yang merusak. 

Mangan yang terkandung dalam pisang sangat berguna untuk kulit kita. Kulit kita jadi lembab, dan tidak kering.

13. Bermanfaat untuk mereka dengan kondisi diabetes tipe-1 dan tipe-2

Peran penting dari serat larut, dan tidak larut untuk kesehatan tubuh kita. Adapun fungsi dari serat larut adalah, membantu mengatur gula darah, dan memindahkan zat-zat yang lemak kolesterol jahat [LDL]. 

Kemudian serat yang tidak larut membuat tinja [kotoran] menjadi gampang pada saat kita buang air besar [BAB]. Serat larut, dan tidak larut ini juga sangat berguna bagi mereka yang mengalami diabetes tipe-1 dan tipe-2.

13 Manfaat sehat makan pisang yang menakjubkan
Pisang tanduk. Images via buahku.wordpres.com
Ini dia pisang tanduk yang setiap hari aku makan. Buahnya seperti tanduk kerbau, sesuai namanya. Meski bernama tanduk, tapi ini asli jenis buah pisang yang sangat enak. 
 
Kalau matangnya tidak diperam, luarbiasa manis. Harga per buah rata-rata di pasar Rp 5000,- . Kalau di mall lebih mahal. Aku sarankan, kamu beli saja di pasar.
 
Lebih murah, dan kualitasnya sama. Karena lambung aku cendrung sensitif, asam lambung, maka satu-satunya pisang yang bisa aku makan adalah pisang tanduk. 
 
Konsumsi satu buah per hari. Selain obat, pisang ini juga punya sejuta manfaat sehat. 
 
Aku tidak menguraikan panjang lebar tentang pisang tanduk ini, karena ia memiliki khasiat yang tidak jauh beda dengan pisang lainnya. Mungkin akan dibahas di postingan lain.

Manfaat sehat lain dari makan pisang

  • Anti peradangan, dan iritasi
  • Dapat meningkatkan berat badan bila di makan dengan susu
  • Dipakai sebagai antasid untuk mengobati sakit perut
  • Membantu seseorang tidur pulas
  • Melestarikan memori, dan Meningkatkan suasana hati 
  • Dapat menenangkan perut
  • Membantu mengurangi gangguan menstruasi [bunga pisang]
  • Membantu mengobati infeksi ringan [bunga pisang] 
  • Membantu meringankan ketegangan pada ginjal
  • Membantu mengurangi osteoporosis
  • Membantu membangun metabolisme tubuh
  • Menghambat pertumbuhan parasit malaria plasmodium falciparum [ekstrak bunga pisang]
  • Membatu mencegah kanker kolorektal
  • Konsumsi pisang teratur bisa meminimalkan risiko stroke sampai 20 persen [Menurut jurnal American Heart Associatio.

Perhatikan efek samping dari buah pisang

1.Makan pisang berlebihan bisa menyebabkan mengantuk
Sebanarnya tidak masalah makan pisang, dan tidak punya efek samping yang signifikan, tetapi jika kamu makan dalam jumlah besar, [misalnya kamu makan pisang satu tandan] dalam waktu singkat, maka kamu sudah bisa bayangkan apa yang akan terjadi. 

Efek ringannya mungkin kamu mengantuk, tidak dapat bernapas dengan lega, perut bengkak. Efek beratnya kamu jawab sendiri.

2. Pisang punya kadar potasium tinggi
Mereka yang punya penyakit tekanan darah tinggi, dan jantung harus berkonsultasi dengan dokter, jika ingin memasukan buah pisang dalam menu diet kesehariannya, karena obat-obatan tertentu yang dikonsumsi untuk penyakit tersebut, mampu meningkatkan kalium dalam tubuh, mencakup diuretik, dan beta-blocker.

3. Alergi
Tidak begitu terdengar makan pisang menyebabkan alergi. Namun, bagi orang yang memang alergi sama pisang, mungkin saja bisa terjadi gatal-gatal, migren, mengi pada mulut, dan tenggorokan. 

Sebaiknya kamu yang sering mengalami migren, tidak mengonsumsi pisang secara rutin, atau jangan konsumsi pisang lebih dari setengah buah dalam satu hari.

4. Distress gastrointestinal:
Meskipun pisang baik untuk kesehatan, tetapi jika kamu makan pisang dalam jumlah yang tidak terkontrol, maka bisa menyebabkan gangguan gastrointestinal seperti, perut terasa kembung, gas, dan perut kram.

Demikianlah artikel tentang 13 manfaat sehat makan pisang yang menakjubkan.

1 comment for "13 Manfaat Sehat Makan Pisang Yang Menakjubkan"


  1. this blog is very useful and relevan with article i've read, for more detail you can visit
    https://news.unair.ac.id/tag/buah-pisang/

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.