Cobalah 13 Tips Tidur Pulas Ini Dijamin Berhasil

Aku termasuk orang yang sulit tidur malam, karena itu aku selalu berusaha untuk mengatur jadwal tidur malam aku, meski sesibuk apapun. 

Mengingat, tidur malam begitu penting. Sekali saja aku lalai, maka sangat terasa bagi kondisi fisik aku. 

Berangkat dari pengalaman inilah, maka aku mau membagikan tipsnya untuk kamu yang kebetulan susah sekali mendapatkan tidur malam yang pulas. 

Aku mulai mencari artikel, dan membaca berbagai buku untuk mendapatkan referensi bagamana bisa tidur malam dengan pulas.

Cobalah 13 tips tidur pulas ini, dijamin kamu pasti berhasil. Sangat penting untuk dijadikan referensi bagi kamu, sehingga dirimu bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari. 

Seperti kita ketahui bahwa, tidur malam sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sehingga, setiap orang harus tidur dalam jumlah yang cukup, yaitu kurang lebih delapan jam. 

Tidur malam dalam kualitas yang lebih baik, dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan kekebalan tubuh, mengatur mood yang lebih baik, dan bahkan dapat menambah hidup lebih lama.

Kualitas tidur yang baik juga dapat membuat wajah bercahaya. Kulit elastis, tidak jerawatan, dan kusam. Tidak gampang stres, dan lebih bersemangat. 

Kenyataannya, ada banyak orang yang tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, oleh karena memiliki banyak masalah, dan tekanan dalam pekerjaan, dan masalah-masalah pribadi lainnya.

Cobalah 13 tips tidur ini di jamin berhasil
Wanita tertidur pulas. Pixabay Images

Wanita diketahui cenderung kurang tidur dibandingkan dengan pria secara keseluruhan, kata Mariane Legato, MD, FACP, yang adalah seorang Direktur Kemitraan untuk pengobatan berdasarkan gender di Columbia University

Ini juga berlaku untuk seorang wanita yang belum punya anak, maka secara otomatis kadar estrogen akan berkurang sedikit demi sedikit pada saat sedang mengalami menstruasi, dan secara permanen di menopause.

Mari kita lihat beberapa tips tidur nyenyak di bawah ini yang mungkin saja berguna untuk kamu.

1. Meminimalkan cahaya lampu atau matikan lampu

Cahaya lampu yang langsung mengenai mata kamu pada saat kamu memejamkan mata sangat mengganggu, sehingga kamu tidak bisa tidur. 

Diketahui bahwa, cahaya lampu adalah, sebuah signal kuat ke otak kamu untuk terjaga, menurut Dr Shives

Tidak hanya itu, kamu juga perlu menghindari cahaya ponsel, komputer, laptop, atau cahaya elekronik lainnya, sebab kelopak mata kamu bisa dilalui cahaya itu meskipun tertutup, dan retina ke hiptalamus kamu yang merupakan bagian dari otak kamu, yang fungsinya mengontrol siklus tidur.

Hal inilah yang kemudian dapat menunda otak kamu dari hormon melatonin. Adapun hormon melatonin ini adalah, hormon penting yang mempromosikan tidur. 

Dengan demikian, kamu perlu mengatur cahaya di dalam kamar tidur sedemikian rupa, hingga membuat kamar tidur kamu menjadi nyaman untuk beristirahat.

Catatan
Disarankan agar kamu tidak memberi cahaya, atau sedikit cahaya saja di kamar tidur. Kamar tidur yang gelap membuat dirimu tidur lebih nyenyak.

2. Usahakan suhu kamar tidur kamu tetap sejuk

Suhu kamar yang sejuk dapat membuat kamu tidur dengan nyenyak. Kamu tidak berkeringat yang benar-benar sangat menggannggu kenyamanan tidur. 

Para ahli berpendapat bahwa, temperatur yang paling baik pada kamar tidur adalah, antara 65 derajat dan 75 derajat F. 

Namun, ini dapat disesuaikan juga dengan bagaimana kamu merasa nyaman, sehingga kamu dapat mengubah temperatur sesuai kebutuhan tubuh kamu, sehingga kamu tidak merasa terlalu dingin. 

Sebaliknya kamu merasa nyaman. Dengan demikian, kamu akan merasa mengantuk, dan mudah tertidur lelap.

3. Kamu boleh menikmati camilan pengantar tidur

Jangan kuatir tentang camilan pada saat kamu akan pergi tidur dapat menyebabkan badan kamu menjadi gemuk, dan dapat mengganggu tidur kamu. 

Namun sebaliknya, kamu dapat memilih camilan yang tepat antara lain, kamu bisa mengkombinasikan camilan antara karbohidrat, dan kalsium, atau juga protein yang di dalamnya terkandung asam amino, dan triptotan.

Studi menunjukkan bahawa, kombinasi tersebut di atas dapat membantu dalam meningkatkan serotonin, zat kimia otak alami yang dapat membantu kamu merasa tenang pada saat beristirahat.

Catatan
Sebaiknya kamu menikmati camilan tersebut satu jam sebelum kamu pergi tidur. Dengan demikian, asam amino akan memiliki waktu untuk mencapai otak kamu.

4. Tinggalkan masalah kerjaanmu di kantor saja

Pada umumnya seseorang akan membawa pulang masalah pekerjaan di kantor, atau masalah-masalah lain yang terjadi di tempat kerjanya ke rumah, sehingga ia tidak bisa beristirahat dengan baik. 

Dan pada saat menjelang tidur malam, ia akhirnya tidak dapat memejamkan mata, meskipun sudah berada di tempat tidur dalam waktu yang lama. 

Masalah pekerjaan tersebut menyebabkan kamu menjadi stres. Kamu tidak bisa tenang. Otak kamu akan terus bekerja.

5. Menahan diri untuk tidak minum minuman berkafein

Bagi kamu yang sangat gemar mengonsumsi minuman berkafein, maka sebisa mungkin kamu harus menghindari, atau mengurangi minum minuman berkafein seperti; kopi, teh, dan cola pada saat makan malam, dan berdekatan dengan waktu menjelang tidur. 

Diketahui bahwa, kafein adalah, stimulan yang tetap berada dalam tubuh kamu selama 8 jam, jadi, tentu saja berpengaruh mengacaukan tidur Kamu. Kamu akan sulit mendapatkan tidur nyenyak.

6. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat mengurangi stres. Penelitian menunjukkan bahwa, mendengarkan musik dapat membantu menghilangkan stres dengan memicu mengurangi stres biokimia. 

Musik juga dapat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur seseorang, dan sangat efektif,  jika Kamu mendengarkan musik klasik. 

Hal ini sudah terbukti dapat membantu mengobati insomnia pada mahasiswa yang sering dibebani oleh tugas-tugas dalam mata pelajarannya. 

Dengan demikian musik nenjadi suatu alternatif yang sangat baik untuk tidur. Kamu perlu mencobanya.

7. Aturlah jadual tidur kamu

Aturlah jadwal tidur kamu dengan baik. Tidurlah pada jam yang sama setiap malam, dan bangun pada jam yang sama pula. 

Dengan memiliki pola tidur yang teratur, maka dapat membuat jam biologis kamu menjadi stabil, dan kemudian, kamupun mendapatkan tidur yang lebih baik, dan berkualitas, supaya keesokan hari bisa menikmati suasana pagi dengan tubuh fit, bersemangat untuk melakukan berbagai aktivitas keseharian kamu.

8. Jauhkan minuman beralkohol

Berbagai penelitian sudah membuktikan bahwa, minum minuman beralkohol dalam jumlah banyak, dan rutin bisa menghancurkan kondisi tubuh kamu. 

Kamu harus pertimbangkan alternatif lain yang dapat kamu konsumsi. Masih banyak pilihan minuman segar untuk kamu. 

Sebaiknya kamu kurangi, atau lebih baik hentikan samasekali kebiasaan mengonsumsi alkohol. Apakah kamu nggak ingin tubuhmu sehat?

Alkohol sangat mengganggu pola tidur, dan gelombang otak yang fungsinya untuk membantu kamu merasa segar di pagi hari, ketika kamu bangun, dan melakukan berbagai aktivitas dengan semangat.

9. Hindari rokok

Bagi kamu para perokok, mungkin untuk menghindari rokok terasa sangat menyiksa. Mereka mengaku tidak tahan apalagi, jika mencium asap rokok orang lain. Lebih baik kelaparan dari pada tak merokok. 

Semua itu untuk dapat hidup sehat. Kamu harus melatih diri untuk menghindari, atau meniadakan rokok dalam keseharian kamu. 

Ada berbagai jenis zat beracun dalam rokok yang dapat membahayakan organ-organ tubuh kamu, maupun orang-orang disekitar sebagai perokok pasif.

Studi telah menemukan bahwa, perokok empat kali lebih mungkin untuk tidak merasakan mengantuk, dan juga tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam hari, dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok. 

Para peneliti di Johns of Medicine, mengemukakan bahwa, efek stimulatif nikotin inilah yang merupakan faktor penyebab kamu tidak bisa tidur di malam hari.

Selain itu, rokok sudah terbukti punya pengaruh buruk terbesar pada gangguan pernapasan juga sleep apnea.

10. Coba periksa kasur dan bantal kamu

Jika kasur, dan bantal kamu sudah terlalu tua, maka kamu bisa menggantinya dengan kasur, dan bantal yang baru, sebab kasur, atau bantal yang sudah terlalu lama akan memiliki komposisi yang sudah tidak merata, sehingga dapat mempengaruhi posisi tidur kamu. 

Tidak ada kenyamanan di tempat tidur, dan akhirnya kamu tidak bisa beristirahat. 

Bukan tidak mungkin kamu bangun pagi dengan begitu banyak keluhan, dan mendapatkan badan pegal-pegal.

11. Stop lakukan aktvitas di kamar saat jelang tidur

Aktivitas tersebut antara lain; menonton TV, mengerjakan sesuatu dengan komputer, laptop, dan atau notebook kamu. Hal ini dapat sangat mengganggu tidur kamu. 

Matikan semua peralatan elekronik di kamar tidur satu jam, sebelum kamu pergi tidur. Biarkan kamar tidur  menjadi senyap, sehingga kamu mendapatkan ketenangan untuk beristirahat.

12. Jangan makan makanan berat di malam hari

Biasanya orang-orang dengan memiliki segudang aktivitas di siang hari, seringkali mereka melewatkan makan siang, atau mereka makan siang dengan terburu-buru, sehingga mereka akan memenuhinya pada saat makan malam dengan makan makanan berat. 

Padahal sesungguhnya porsi makan malam yang ideal adalah, porsi yang kecil, dengan mengurangi asupan karbohidrat yang berlebihan, dan protein tinggi. 

Makan makanan berat di malam hari sangat tidak dianjurkan. Dapat mengganggu tidur kamu.

13. Latihan fisik (olahraga)

Latihan fisik, atau olah raga sangat baik bagi kesehatan, dan kebugaran tubuh kamu. 

Kalau kita latihan fisik, maka dapat meminimalkan stres, membantu mengelolah stres fisik, dan mental. 

Selain itu, berolahraga pun bisa menaikkan konsentrasi suatu bahan kimia yang fungsinya memoderasi respon otak terhadap stres.

Latihan dapat meningkatkan suhu tubuh kamu beberapa jam sebelum tidur, membantu untuk menurunkan konpensasi suhu tubuh pada saat kamu mempersiapkan diri untuk pergi tidur malam hari. 

Penurunan suhu tubuh tersebut dapat memicu timbulnya rasa mengantuk. Dengan demikin, pilihlah olah raga yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu.

Setelah kamu menerapkan tips-tips di atas, namun tidak ada kemajuan, segerahlah datang ke tenaga medis, dan konsultasikan. Sebisa mungkin tidak memakai obat tidur, karena dapat membuat kamu menjadi ketergantungan, dan dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan, jika dosisnya tidak terkontrol.
Catatan
Olah raga sekitar lima sampai enam jam sebelum waktu tidur malam sangat baik, sehingga kamu mendapatkan tidur nyenyak.

Demikianlah pembahasan tentang cobalah 13 tips tidur pulas ini dijamin berhasil. Semoga dapat bermanfaat

4 comments for "Cobalah 13 Tips Tidur Pulas Ini Dijamin Berhasil"

  1. Kalau saat ini, mungkin karena capek kali ya, jadi saya hanya butuh mematikan lampu semuanya, lalu menjaa suhu kamar tetap sejuk, dan tutup mata, udah langsung tidur hahaha.

    Jarang sih nggak bisa tidur, saking memang kurang tidur , jadinya kalau udah mau tidur tuh, langsung lelap, meski ya nggak bisa puas, karena anak-anak kadang terbangun dan nangis gaje, bikin kita kudu bangun juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo begitu bagus banget mbak, soalnya
      meskipun mbak Rey sibuk dengan deadline
      kerja, dimana artikel harus tayang tiap hari,
      belom lagi pekerjaan urusan rumah, dan
      anak2, tapi mbak bisa tidur dgn baik.

      Aku, orgnya susah tidur mbak...
      palagi kalo udah ada prolem, matanya
      pejam, tapi pikian ntah kemana. Pokoknya
      susah tidur. Jadi sebenarnya artikel ini
      salah satunya utk saya pisan :)

      Delete
  2. Udh semingguan ini aku sudah tidur :(. Ntahlah kenapa. Padahal tips di atas itu banyak yg udah aku lakuin semua, kecuali mengganti bantal. Bisa jd karena itu.

    Olahraga sekarang aku lakuin malam, aku ga nyentuh makanan lagi di atas jam 7. Alkohol, rokok kafein ga sentuh. Makanya pusing kenapa susah banget tidur. Biasanya baru mulai lelap jam 3 pagi, malah pernah jam 6 pagi. Aku lagi usahain utk supaya jadwal tidur bisa balik normal sih mba. Soalnya berasa banget paginya, kepala jadi pusing kalo kurang tidur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalau susah tidur itu rasanya gak emak bangettt...
      Terus nanti efeknya, bangun pagi gak seger..
      Brasa pusing. Sakit kepala. Jalannya kayak melayang2 gitu..

      Kalau mba Fan baru bisa tidur jam 3 subuh, atau malah jam 6 pagi, itu berari seharian gak tidur.

      Eh, bener mba, coba ja ganti bantal..
      semoga nanti mba Fan bisa tidur dg nyenyak. Karena, tidur malam itu paling penting.

      Slm sht to mba Fan n fams..

      Delete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.