Doa Pada Saat Mencari Pekerjaan

Kerapkali seorang yang pintar, dan berhasil masuk di perguruan tinggi yang terkenal dan bagus akreditasinya, pada saat ia lulus, terlihat begitu angkuh. 

Apalagi ia berasal dari keluarga yang kaya raya, maka jelas sekali ia cenderung mengandalkan kekuatan, kepintaran, dan kekayaannya dalam bertarung untuk memperoleh kerja.

Dia lupa bahwa semua kesuksesannya itu berasal dari Tuhan. Lalu tidak pernah berdoa. Kalau bukan Tuhan yang memberikan kekuatan, kesehatan dan napas hidup untuknya, maka dia tidak akan bertahan di dalam dunia ini.

Satu detik saja Tuhan lepas tangan dari kamu, maka hidup kamu berakhir. Napas akan berhenti. Lalu dengan kehebatan apa yang kamu banggakan?

Untuk itulah, mari jadikan Tuhan yang utama dalam setiap aktivitas kamu melalui doa yang tidak pernah berhenti.

Doa pada saat mencari pekerjaan
Pixabay Images

Jangan berdoa pada saat mencari pekerjaan saja. Seharusnya jadikan doa seperti makanan kita sehari-hari. Berdoa pada saat kita membuka mata, menghela napas di pagi hari. 

Mengucap syukur, lalu katakan segala permintaan kamu. Minta penyertaan Allah dalam setiap rencana. Entah itu untuk melamar kerja, atau melakukan aktivitas lain.

Kita sering ragu, tidak percaya diri, atau tidak punya nyali samasekali untuk melamar pekerjaan karena merasa orang lain lebih hebat, sukses. Latar belakang pendidikan di kampus ternama. 

Mereka punya banyak pengalaman. Sementara aku? Baru lulus kuliah, dan pertama dalam hidup pergi melamar kerja sendirian.

Merasa tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan mereka. Akhirnya, jadi takut dan khawatir.

"Ya sudahlah, aku tidak jadi melamar kerja di kantor/perusahaan ini." Pasti kamu pulang dan merasa sia-sia hidup ini. Sudah pasti kamu menangis.

Namun, percayalah, tidak ada yang mustahil jika kita mengandalkan Tuhan dalam setiap rencana. Yakin sungguh bahwa, dengan pertolongan Allah, kamu mampu dan bisa sama dengan mereka yang kelihatannya luar biasa itu. Tuhan di atas segalanya yang ada di muka bumi ini.

Dengan catatan, Kamu tidak mengandalkan dirimu sendiri. Sombong, dan merasa paling hebat dari yang lain. Ingat, kesombongan pangkal dari kejatuhan.
Sudah siap berdoa? Mari kita lihat beberapa contoh di bawah ini.

Tuhan berikan aku kemampuan

Ya Allah, besok pagi aku merencanakan untuk pergi melamar kerja di perusahaan yang cukup besar. Rasanya aku tidak mampu untuk bersaing dengan mereka yang memiliki banyak pengalaman bekerja, karena aku terlalu jauh dari kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Tuhan, meskipun segala persiapan sudah ku lakukan, namun tetap saja aku merasa masih kurang. Satu minggu sebelumnya aku mencari semua informasi mengenai beberapa perusahaan yang menyediakan lowongan kerja, dan melihat persyaratan yang diminta begitu sulit.

Untuk itulah Tuhan, tidak ada jalan dan cara lain yang bisa aku lakukan, selain datang kepada Engkau memohon kekuatan dan penyertaan Engkau agar aku mendapat kekuatan dan keberanian untuk berjuang.

Di dalam nama Tuhan aku pasrahkan seluruh pergumulanku ini. Amin.

Allah Engkau tahu kondisiku saat ini, dimana aku sungguh memerlukan pekerjaan

Tuhan Engkau maha tahu semua yang terjadi atas hidupku hari kemarin dan hari ini. Pikiranku sangat kalut. Aku membutuhkan pertolongan dan petunjuk dari Tuhan untuk mulai melangkahkan kaki menuju ke berbagai perusahaan.

Ya Allah, aku hanya bersandar kepada-Mu, karena hanya Engkaulah Bapa yang mengerti dan peduli terhadap kehidupanku. Saat ini aku datang menghampiri hadirat-Mu menyerahkan seluruh rencana  yang akan aku jalani.

Tuhan, berat perjuangan ini. Untuk mendapatkan lapangan kerja baru, betapa keras aku berusaha sekuat tenaga. 

Namun, sejauh ini aku selalu mendapat jawaban penolakan. Padahal aku sangat merindukan sebuah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Aku benar-benar merasa putus asa Tuhan. Bagaimanapun aku tetap percaya bahwa Engkau tidak pernah melepaskan aku sendiri menghadapi kesusahan. 

Engkau setia, bahkan pada saat yang sulit sekalipun. Engkau takkan membiarkan aku menjadi peminta-minta di jalanan. Apalagi aku dipermalukan.

Bangkitkanlah semangatku ya Allah untuk tidak mundur, tapi justru semakin berapi-api berjuang tanpa menyerah sedikitpun, dan menganggap semua kegagalan itu adalah cambuk penyemangat. Bukan akhir dari segalanya tapi awal.Terima kasih Tuhan. Amin.

Tuhan, aku rindu punya pekerjaan yang layak

Tuhan, ke dalam tangan pengasihan-Mu aku taruh semua keinginanku ini. Aku sadar bahwa tanpa campur tangan Tuhan yang maha kuasa, maka sia-sialah apa yang aku lakukan. 

Oleh sebab itu, berikan aku iman yang kuat, keyakinan yang sungguh-sungguh hanya kepada Engkau, sehingga apa yang aku rindukan dapat tercapai sesuai dengan kehendak-Mu saja.

Aku ingin punya penghasilan tetap setiap bulan agar dapat membiayai kehidupanku dan keluargaku, karena aku adalah tulang punggung keluarga.

Tuhan jualah yang menjadi Bapa bagiku di dalam perjuanganku ini. Aku yakin bahwa Allah sudah menyediakan tempat yang layak bagiku untuk bekerja, dan dengan cara Tuhan aku dapat menemukan apa yang aku inginkan, bukan dengan caraku. Terima kasih ya. Allah Amin.

Persiapkan aku Tuhan untuk menghadapi wawancara kerja

Ya Allah yang baik, saat ini aku sedang mempersiapkam diri untuk menghadapi wawancara kerja, tolong berikan aku kekuatan dan kepercayaan diri yang besar pada saat aku berhadapan dengan mereka yang mewawancaraiku.

Aku sangat gugup dan tidak dapat membayangkan ketika aku duduk di depan mereka yang menanyakan aku dengan berbagai macam pertanyaan, lalu aku diam seribu bahasa, dan aku takut tidak bisa menjawabnya dengan baik.

Namun aku begitu berharap kali ini aku bisa menjemput apa yang kuimpikan dalam hidup ini, yaitu pulang ke rumah dengan membawa kabar baik, bahwa aku berhasil. Ini merupakan tantangan yang sangat berat dalam hidup ini.

Sertai aku Tuhan, dan buatlah aku yakin Engkau ada beserta ku hingga setiap pertanyaan yang mereka tanyakan yang tampaknya sukar menjadi gampang. Aku yakin, karena Engkau ada. Amin.

Catatan
Ketika kita merasa diri kita tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan orang lain, kita tidak yakin apakah kita dapat melakukan hal yang tersulit ini, tolong fokus, dan diam sebentar. Tenangkan hati, dan pikiranmu lalu "berdoa dalam hati sejenak."

Katakan; Aku percaya sepenuhnya pada Engkau ya Allahku. Engkau dapat mampukan aku dalam menghadapi apapun yang tersulit saat ini. 

Jangan biarkan aku dipermalukan, atau terlihat seperti orang bodoh yang tidak mampu menjawab pertanyaan mereka.

Ingat, rasa takut membuat kamu hilang konsentrasi. Yang tadinya kamu sudah mantap, sekejap itu juga buyar. Jadi kuncinya hanya satu; tenangkan diri, dan yakin kamu bisa.

Kalau sudah dapat pekerjaan yang sesuai dengan kriteria kamu, jangan lupa pertama-tama pulang ke rumah lalu mengucap syukur dan terima kasih untuk Tuhan.

Demikian beberapa contoh doa pada saat mencari pekerjaan yang dapat saya berikan. Kiranya membantu.

16 comments for "Doa Pada Saat Mencari Pekerjaan"

  1. Saya jadi ingat selulusnya kuliah, saya nganggur 1 tahun dong sampai akhirnya saya keterima kerja.
    Rasanya selama setahun itu stres banget menanti keterimanya saya di sebuah perusahaan.
    Sampai dari yang awalnya gemetaran pas mau interview, hingga akhirnya udah biasa aja diinterview saking terbiasanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu pas lulus kuliah langsung semangat ngelamar kerja kemana2..
      pokoknya sekali ngirim beberapa lamaran.. yang pasti stres nunggu koq gak dipanggi2 interview y?

      Eh begitu dipanggil, yang ada deg2an, gemetaran, n pas mau diinterview kringet dingin :)

      Delete
    2. Nah iya Mbaaa, dulu tuh ingat banget, setiap hari Sabtu pasti beli koran Jawapos, biasanya Sabtu banyak lowongan kerjaan, trus Minggunya saya ketik, siapin ke dalam amplop, Senin saya keliling anterin.

      Abis itu pulang sambil dekep hape, berharap dapat telpon, banyak juga sih yang manggil, tapi setelah setahun baru ada yang mau nerima hahahaha

      Delete
    3. Iya mba Rey, klo inget masa2 mencari kerja, ngirim lamaran sana sini. Sehari bisa beberapa surat. Udah itu stand by dg Hp. Nunggu tlp panggilan utk diinterview. Harap2 cemas 😊

      Wah2 itu penuh perjuangan banget deh, karena belum tentu ngirim banyak n langsung dipanggil hehehe....

      Delete
  2. Aku jd inget awal2 aku cari kerja dulu mba. Sempet nganggur 6 bulan sblm akhirnya dapet pekerjaan. Selama 6 bulan itu aku stayed Ama sepupu yang kebetulan juga seneng aku temenin. Tapi akunya sebagai yg numpang kan ga enak yaaa.

    Tiap malam tuh berdoa dan tahajud,dengan kata2 curhatan sendiri, ke Yang Di Atas. Aku ga terlalu inget isinya, tp yg pasti aku cuma curhat dan mohon agar dimudahkan jalan rezeki yang halal. Biasanya di saat seperti itu, kita jd berdoa 5x lebih khusyuk saat memohon kan. Dan saat pekerjaan yg diidam2in dapet, dengan gaji lumayan saat itu, aku sampe nangis terharu :D. Percaya banget sih, Ama kekuatan doa. Khusyuk dan minta sungguh2, pasti Allah akan mendengar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal2 cari kerja memang paling sulit. Kebanyakan si iya, pas lulus gak langsung
      dapet kerjaan. Pasti ada nganggurnya.
      Mayan stres y...

      Tapi dengan sabar, terus berdoa, dan
      berusaha maka jalan terbuka. Pekerjaan datang :)

      Apalagi seperti mbak Fanny yg pas dapet
      kerjaan dg tawaran gaji yg lumayan...
      betapa nahagianya y...

      Slm sukses y mbak, n my berkarya...




      Delete
  3. Yaa memang sebagai manusia kita wajib berusaha demi menyambung hidup. Dan untuk itu semua kita diwajibkan bekerja. Apapun pekerjaan yaa harus tetap kita syukuri meski terkadang itu semua belum tentu cocok atau sesuai dengan yang kita inginkan. Dan banyak orang menganggur mungkin banyak juga faktor penyebabnya, yang tentunya setiap orang sangat berbeda-beda.😊

    Seperti yang telah dijelaskan diatas tentang do,a dan cara mendapatkan pekerjaan. Namun dengan itu semua kita juga harus tetap bertanggung jawab dan ikhlas dengan pekerjaan yang sudah didapatkannya atau menjalankannya.

    Naah bagi yang masih menganggur yaa sebenarnya jangan berputus asa juga yaa, Karena siapa tahu Tuhan itu menguji kita, Dengan memberi kita kesempatan untuk memilih dan terus berusaha agar dapat cocok mendapat pekerjaan yang sesuai dengan skil kita.

    Dan juga sudah mendapatkan pekerjaan yaa jangan lupa kembali bersyukur atau berdoa kembali dengan apa yang sudah kita usahakan. Karena apa yang kita dapat semuanya tetap anugrah dari Tuhan. Meski terkadang pada kenyataan banyak yang khilaf juga yaa kalau sudah sukses biasanya...Yaa mananya juga manusia.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas Satria, mencari pekerjaan itu gak gampang ya. Butuh usaha keras. Banyak persaingan, dan banyak juga yang alami stres. Makanya gak bisa mengandalkan kekuatan diri sendiri, selain dengan doa dan berusaha tentunya.

      Iya, sering klo udah dpt kerja bagus dan punya jabatan, maka orang tsb jadi khilaf dan lupa diri. Jika udah dpt kerja yg bagus, jgn lupa bersyukur.

      Delete
  4. jadi inget waktu awal awal lulus kuliah, kirim lamaran sana sini, dan rajin berdoa semoga dimudahkan jalannya. ibaratnya doa sampe ga pernah berhenti untuk memohon

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ainun, begitu selesai kulia, pasti senengnya minta ampun. E# pas giliran cari kerja, melamar sana sini cukup membuat stres. Tapi karena udah bulat tekat, maju terus :D, dan yang sudah pasti berdoa minta kepada Tuhan spy dimudahkan....

      Delete
  5. Halo, kak Ike.
    Pos yang sangat bagus, menginspirasi juga contoh yang baik untuk selalu memohon doa dari setiap usaha yang kita jalani.

    Semoga kak Ike selalu baik dan sehat dan kabarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga Mas Him, Sehat2 sll iya...
      Terima kasih, jika artikel di atas bisa mengiinspirasi.

      Delete
    2. Amin, kak.
      Kak Ike juga selalu jaga kesehatan ya.

      Selamat Tahun Baru 2021.
      Semoga harapan kak Ike akan tercapai, banyak diberi sukacita dan rejeki yang berlimpah, Amin.
      Gbu

      Delete
    3. Amin amin mas Him. Semoga tahun ini lebih baik dari kemaren, n semua blh berjalan dgn sebaik2nya.

      GBU 2 mas Him😇🙏

      Delete
  6. Terkadang manusia sering lupa daratan sih, Kak, apalagi ketika bahagia, sehat, dan serba berkecukupan. 😅

    ReplyDelete
  7. Kadang memang udah merasa rendah diri duluan pas mau melamar kerja karena ijazahnya cuma SMP, tapi Alhamdulillah diterima juga dapat pekerjaan karena kenal sama personalia nya karena kadang makan di warteg.😁

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.