14 Khasiat Ajaib Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Diketahui bahwa, pada pergantian musim, salah satu penyakit yang sering menyerang kita adalah, demam berdarah. 

Ini terjadi pada sahabat aku, dan untuk penambah energi, dan nutrisi tubuhnya. Kita disarankan membuat jus jambu biji untuk dikonsumsi setiap hari, sambil mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

Buah ini sangat membantu. Jadi, jika salah seorang keluarga kamu terserang demam berdarah, segera buatkan jus buah tersebut tanpa gula, dan susu untuk diminum setiap hari.

Kita sering jumpai orang yang hidup dengan masalah jantung, tekanan darah abnormal, menderita kanker, dan masih banyak. 

Apalagi saat ini cuaca cenderung tidak stabil, maka, mudah sekali mengalami flu, pilek, batuk, demam, dan menggigil karena stamina tubuh kita menurun.

14 Khasiat ajaib jambu biji untuk kesehatan tubuh kita
Jambu biji. Pixabay Images

Mengingat kandungam antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat tinggi, juga nutrisi penting dalam jambu biji membuatnya layak menjadi pagar pelindung bagi kesehatan kita. 

Buah yang hidup di iklim tropis ini memiliki daya tarik luar biasa sehingga orang sering mencarinya. Ia tidak sulit ditemukan. 

Silahkan kamu berkunjung ke swalayan, pasar tradisional, dan pedagang kaki lima untuk membelinya.

Satu hal lagi yang membuat jambu biji ini unggul adalah, ia tidak banyak terpapar oleh zat kimia seperti pupuk, pestisida dibandingkan dengan buah-buah lain [anggur, apel]. Mari baca pembahasan selanjutnya.

1. Dapat meningkatkan imunitas

Vitamin C yang ada di dalam jambu biji melebihi buah jeruk, bahkan, dikatakan empat kali lebih banyak. Dengan demikian buah ini dapat meningkatkan imunitas tubuh, dan menjaga agar kita tidak gampang terinfeksi penyakit musiman seperti flu, pilek, batuk, yang seringkali datang menyapa kita waktu hujan, dan juga dapat mencegah patogen umum yang mengakibatkan beberapa penyakit. 

Banyak sekali penelitian menunjukkan bahwa, vitamin C memiliki peran besar dalam menjaga sel-sel tubuh kita dari kerusakan hingga melawan penyakit jantung, kanker, dan radang sendi.

2. Melawan penyakit kanker

Selain melimpah vitamin C, jambu biji juga kaya akan antioksidan, polifenol, quercetin, dan Lycopene, yang memerangi radikal bebas, dan mencegah pertumbuhan sel kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker kolon.  

Dr, Ryan Sato telah memimpin sebuah penelitian di Universitas Hawai, mengatakan bahwa, buah, daun, biji serta kulit batang punya sifat anti kanker yang baik. 

Kamu dapat memasukkan jambu biji di dalam daftar menu diet, karena ia dapat membantu mencegah metastasis sel kanker yang tumbuh di otak.

Seperti diketahui, penelitian, dan uji tabung yang dilakukan pada hewan memperlihatkan bahwa, ekstrak jambu biji bisa membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker, dan kabarnya minyak daun jambu biji lebih hebat dalam pencegahannya, dibandingkan beberapa obat lain.

Meskipun demikian, masih perlu diadakan tes lebih lanjut pada efek ekstrak jambu biji terhadap sel kanker pada manusia, untuk mendukung temuan tersebut.

3. Membantu mengontrol glukosa darah

Penderita diabetes sangat baik mengonsumsi jambu biji secara rutin dalam jumlah normal, ketimbang buah mangga, atau pisang, karena ia memiliki indeks glikemik yang rendah serta tinggi serat yang dapat menurunkan kadar glukosa darah, meminimalkan resistensi insulin, dan menambah kontrol glukosa darah jangka panjang. 

Sebuah studi yang dilakukan belum lama ini memperlihatkan bahwa, makan buah ini bisa membantu menghalangi datangnya penyakit diabetes tipe-2.

4. Membantu jantung sehat

Mengonsumsi jambu biji adalah pilihan cerdas bagi mereka yang hidup dengan masalah jantung, karena dapat membantu menjaga kesehatan jantung, menyeimbangkan kalium, dan natrium dalam tubuh.

Jangan malah makan durian ya! Selain itu, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida, yang merupakan faktor terbesar terjadi penyakit jantung.

5. Membantu mengontrol tekanan darah

Buah yang kaya dengan serat ini dapat dikonsumsi rutin dalam jumlah normal sangat bermanfaat untuk kesehatan, khususnya bagi orang yang memiliki tekanan darah abnormal. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Heart Research Laboratory, Medical Hospital and Research Centre, di India mengatakan bahwa, jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan dan kolesterol jahat.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

Jika kita kurang makan makanan berserat, maka pencernaan kita akan terganggu sehingga sulit BAB. Jambu biji dapat membantu kelancaran BAB, melindungi pencernaan sehat. 

Makan satu buah jambu biji saja kita sudah memdapat 12 persen RDA serat. Ini terbukti dalam penjelasan banyak penelitian tentang ekstrak buah, dan juga daunnya bisa membantu mengobati diare, sembelit, dan melawan infeksi pencernaan, oleh karena ia memiliki sifat antipasmodic, dan antimikroba.

7. Melindungi hati

Jag,a dan rawat hati kamu dengan baik, juga seluruh organ tubuh tanpa terkecuali. Jangan isi dengan berbagai makanan berlemak, makanan cepat saji, yang lagi viral di mall, hingga usia kamu tidak panjang. 

Jangan konsumsi makanan yang mengandung banyak MSG, tinggi garam, rendah serat. Pilih makanan sehat, banyak sayuran, dan buah-buahan segar yang tentunya memiliki tinggi serat, kaya vitamin C, dan kadar potasium tinggi, karena dapat mengurangi kolesterol jahat. Jambu biji memenuhi kriteria tersebut.

8. Membantu meredakan stres

Konsumsi buah yang hebat ini dapat membantu mengendurkan otot tubuh, dan saraf yang tegang, karena ia memiliki magnesium. 

Sebuah studi mengatakan bahwa, peran penting lain magnesium dalam tubuh adalah, membantu meredakan stres, dan mengendalikan kecemasan.

9. Menjaga kesehatan tiroid

Sumber tembaga yang terdapat dalam jambu biji ini diketahui memiliki efek paling penting bagi kesehatan tiroid. 

Bertugas untuk memelihara metabolisme tubuh, agar berfungsi dengan baik, selanjutnya, mengatur penyerapan, dan produksi hormon. 

Ini sangat terkait dengan pentingnya hormon tiroid sebagai pengatur metabolisme, dan energi dalam tubuh kita.

10. Membantu meningkatkan kesehatan visi

Meskipun vitamin A yang dimiliki jambu biji tidak sebanding dengan wortel, namun, ia adalah salah satu sumber nutrisi terbaik. 

Kaya dengan vitamin C melebihi jeruk, sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, penglihatan, memperlambat terjadinya katarak, dan degenerasi makula yang sering dialami oleh manula.

11. Meningkatkan fungsi kognitif

Untuk menjaga kondisi kesehatan kita secara keseluruhan, maka kita harus memiliki asupan sayuran, dan buah-buahan segar bebas kimia. 

Karena makanan terlalu banyak pestisida, pupuk. Bahan pengawet kimia dapat merusak organ-organ tubuh kita. Lalu, kita bisa terkena penyakit parah yang tidak pernah kebayang samasekali. 

Untuk itu, mari memilih makanan, atau buah yang minim zat-zat beracun. Ambil jambu biji. Kandungan vitamin B6 [nutrisi] menyehatkan fungsi saraf, dan kognitif, vitamin B3 [niacin] merangsang fungsi kognitif, dan vitamin C paling tinggi membuatnya berdaya untuk pertahanan tubuh. Khususnya memelihara fungsi otak.

12. Mengatasi Sembelit

Satu buah jambu biji terdapat 12 persen serat. Jadi, jika kamu makan siang hari ini tanpa sayur, tapi, memasukan buah ini dalam daftar ngemil, berarti kamu masih memenuhi kebutuhan serat untuk tubuh, dan bisa tetap menjaga pencernaan sehat kamu, dan membantu pergerakan usus dengan baik, agar nantinya kamu tidak mengalami sembelit.
Ingat, tidak berarti kamu lalu menghilangkan sayuran, dan buah-buahan lain. Konsumsi beragam buah, dan sayuran segar, adalah benteng pertahanan kesehatan tubuh kita.

13. Menyembuhkan sakit gigi

Cuaca dingin paling tidak enak bagi kamu yang punya gigi berlubang. Ngilu, dan sakitnya terasa sampai di kepala. 

Makan obat kimia yang di jual di toko obat cuma bertahan beberapa jam saja. Bisa-bisa kelebihan dosis. Namanya juga zat kimia, lama-kelamaan ada efeknya. 

Memang ada cara terbaik lain adalah, kamu pergi ke dokter gigi, dan cabut. Tapi, misalkan di dalam mulut kamu ada 4 gigi berlubang, kebayang abis dari dokter gigi kamu langsung berubah jadi kakek, atau nenek...

Ini tandanya kamu terlalu pemalas gosok gigi. [Uh, baunya nggak ketulungan].

Kembali ke pembahasan. Jika kamu sakit gigi, ambil daun jambu biji lalu kunyah. Ini dapat menyembuhkan sakit gigi, bisul dalam mulut, gusi bengkak, dan membasmi kuman. Ia adalah anti-inflamasi tinggi, dan dapat melawan bakteri.

14. Membantu meredakan nyeri haid

Ekstrak daun jambu biji diketahui punya efek spasmolotik, yang dapat meredakan nyeri, dan kram perut pada saat menstruasi. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 197 wanita yang sering mengalami nyeri saat menstruasi [dysmenorrhea], dan mengonsumsi ekstrak daun tersebut dalam enam minggu, membantu mengurangi intensitas rasa sakit, dan kekambuhan.

Fakta nutrisi menurut [ USDA]
Jambu biji mentah:
Energi : [68 kkal] Protein : [2,25 g]
Magnesium, Mg : [22 mg] Sodium, Na : [2 mg]
Karbohidrat : [14,32 g] Air : [80,8 g]
Kalsium Ca, : [18 mg] Besi, Fe : [0,28 mg]
Gula : [8,92 g] Fosfor, P : [40 mg]
Total lipid : [0,95 g] Karbohidrat : [14,32 g]
Serat total : [5,4 g] Kalium, K : [147 mg]
Sodium, Na : [0,32 mg] Tiamin : [0,07 mg]
Seng, Zn : [0,23 mg] Niasin : [1,08 mg]
Folat, DFE : [49 µg] Riboflavin : [0,04 mg]
Vitamin A, RAE : [31 µg] Vitamin B-6 : [0,11 mg]
Vitamin D : [0 IU] Kolesterol : [0 g]
Vitamin D, D2+d3 : [0 µg]
Vitamin E Alfa-tokoferol : [0,73 mg]
Vitamin K, phylloquinone : [2,6 µg]
Vitamin C, Total asam askrobat : [228,3 mg]

Khasiat lainnya

  • Mengurangi frekuensi kejang
  • Disentri
  • Mengobati kudis
  • Mengendurkan saraf
  • Mengurangi jumlah hormon sters dlm tubuh
  • Mengurangi infeksi bakteri
  • Mengurangi frekuensi kambuhnya epilepsi
  • Mengurangi stres oksidatif
  • Membantu penurunan berat badan
  • Batuk, dingin [menggigil]

Untuk perawatan kecantikan

1. Anti-aging
Konsumsi satu buah jambu biji setiap hari, dapat membantu mengurangi garis-garis keriput di kulit, dan wajah kamu, karena ia kaya degan vitamin C empat kali lipat dari buah-buah lain, juga lycopen, tinggi antioksidan, dan betakaroten.

2. Kencangkan otot wajah
Jambu biji, dan daunnya yang masih mentah memiliki nutrisi yang lebih tinggi. Kamu dapat melihat di sumber SDA. Hal ini dapat membuat otot wajah kamu kencang.

3. Bagus untuk kesehatan kulit
Jika kamu membaca ulasan pada poin-poin di atas, maka, semua nutrisi yang ada pada buah ini begitu hebat. 

Antara lain, vitamin C nya lebih unggul empat kali lipat dibanding buah lain, seperti jeruk, mangga, lemon, dan strauberi. Kaya dengan vitamin A. 

Mengenai antioksidan, tidak perlu diragukan. Inilah yang berkontribusi untuk mengencangkan kulit kamu.

4. Memperlambat proses penuaan dini
Antioksidan yang tinggi dapat menangkal radikal bebas yang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita, dan membantu memperlambat proses penuaan dini. 

Juga sifat antimikroba dapat membasmi bakteri yang menimbulkan jerawat.

Membuat masker dari jambu biji

a. Ambil 2 buah jambu biji ukuran sedang
Potong menjadi beberapa bagian, singkirkan bijinya. Masukkan buah ke dalam blender lalu blender. Kemudian, campurkan satu sendok makan oatmeal untuk membuat pasta.

b. Tambahkan 3 lembar daun jambu biji
Daunnya untuk menambah kualitas astringent masker, sambil dicampur dengan buah. 
 
Ini dapat membantu mengobati jerawat, dan noda-noda hitam di wajah. Anda bisa ganti oat dengan susu bubuk.

c. Sebelum memakai masker
Bersihkan wajah kamu menggunakan jus jeruk segar. Sekarang aplikasikan masker ke kulit wajah kamu selama 15 menit.
 
d. Pijat lembut
Pijat wajah dengan jemari kamu. Lakukan sekali, atau dua kali seminggu.
 
e. Untuk menghaluskan kulit
Kamu juga bisa memadukan setengah cangkir wortel dengan dua buah jambu biji sedang. Seperti biasa, belah jambu jadi beberapa potong, kasih air secukupnya, terus dicapur sampai kental. 
 
Tambahkan juga setengah sendok teh jus lemon dan madu murni yang asli. Pakai masker tersebut 20 menit. basuh wajah kamu. Lakukan seminggu dua kali.
 
f. Yang terakhir
Untuk memperbaiki tekstur, dan warna kulit, memadukan pisang, dan jambu biji. Ukuran, dan cara buatnya samakan saja dengan poin [e]. Biarkan selama 20 menit di wajah.

Efek samping daun jambu biji

a. Untuk ibu hamil dan menyusui
Sebenarnya daun jambu biji baik untuk dikonsumsi, tetapi sebaiknya ibu hamil, dan yang sedang menyusui disarankan untuk tidak mengonsumsinya.

b. Bisa mengakibatkan kembung

Untuk orang sehat, tidak ada efek samping. Tetapi jangan makan terlalu berlebihan karena buah ini padat serat, sehingga bisa terjadi risiko gas, dan mengakibatkan perut kembung.

c. Mengganggu pencernaan
Kamu dengan kondisi lambung abnormal tidak dianjurkan mengonsumsi buah, dan daunnya. Dapat mengganggu dinding pencernaan kamu, dan mempengaruhi pergerakan usus, karena seratnya yang tinggi.
 
d. Menyebabkan sulit BAB
Khusus untuk kamu yang memang sudah mengalami kesulitan BAB.
 
e. Bisa mengalami anemia
Mengonsumsi daun jambu biji dalam jumlah banyak dapat berpengaruh terhadap ginjal, sakit kepala dan anemia.
 
f. Daun jambu biji dapat bereaksi dengan obat lain
Untuk itu orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan untuk penyakit tekanan darah tinggi, atau penyakit lain, tidak dianjurkan.

Demikianlah artikel tentang 14 khasiat hebat jambu biji untuk kesehatan tubuh kita. Semoga berguna.

3 comments for "14 Khasiat Ajaib Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh Kita"

  1. Wowwww bisa buat anti aging.
    Waktu kecil di samping rumah ortu ada pohon jambu biji, jadi saya sering banget manjat buat petikin buahnya yang masih setengah matang.
    Setelah itu saya malas karena bijinya banyak.

    Sampai akhirnya saya hamil anak kedua, nggak tau kenapa saya tergila-gila banget ama jambu biji dong, sampai sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Rey, jambu biji ueeenaak banget kalo dijus. Ya ampun, aku sama gilanya sama mba Rey dengan jus jambu biji ini. Dijus pake air es, susu/sirup, terus diminum pas hawa panas... kagak ade duenye mbak hihi...

      Satu manfaatnya itu loh, kalo lagi kena demam berdarah, cepet2 deh bikin jus jambu biji, n minum sesering mungkin. Tapi gak usah pake susu kental manis ye...

      Delete
  2. Sbnrnya aku ga terlalu suka rasa jambu ini, trutama yg dagingnya merah. Menurutku baunya menyengat dan kayak bau ketiak hahahaha

    Tapi aku tahu khasiatnya bagus. Makanya sering paksain makan, walopun ga terlalu doyan :p. Kalo yg dagingnya putih msh mendingan. Biasa aku rujak mba. Yg dagingnya merah jus ajalah.

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.