Cinta memiliki seribu wajah

Cinta memiliki seribu wajah artinya cinta itu dapat membahagiakan dan menyakitkan. Tak bisa dipungkiri bahwa cinta memicu semangat banyak orang, tapi juga membuat mereka kehilangan gairah, penuh derita. 

Banyak orang datang ke psikolog untuk konsultasi minta bantu menenangkan batinnya, mencari solusi terbaik karena mereka menghadapi masalah cinta yang berat.

Ketika aku mau terima cinta dalam hidupku, aku mesti berani terima tantangan dan ujian meski terluka nanti. Termasuk juga sebuah kegagalan, sebab yang namanya cinta tidak cuma yang indah saja. 

Jika kamu mau yang indah maka tutuplah kedua belah mata kamu dan bayangkan hal yang manis. Mengapa ya cinta itu penuh misteri? 

Aku mau tanya: ada yang bisa genggam cinta? Di antara kamu ada yang dapat meraba cinta? Terus terang sampai sekarang tidak ada yang punya jawaban tentang ini.

Cinta memiliki seribu wajah
StockSnap Images

Cinta itu seperti air. Tidak dapat dibendung dan seperti api. Bisa membakar kamu. Cinta juga seperti laut bisa membuat kamu hanyut tanpa bisa melawan arusnya yang deras. 

Dahsyat dan kuat. Dapat menggerakkan seisi bumi. Bisa jadi awalnya kamu adalah pribadi yang ramah tapi karena cinta akhirnya suka emosian.

Pada saat tertentu Anda bisa merasa ada yang beda dari hidupku

Kenapa aku bisa lakukan hal ini? Padahal tadinya tidak begitu. Cinta juga bisa bikin orang jatuh miskin dan sebaliknya. Lalu apa benar cinta cuma bisa bikin aku kecewa dan sakit hati? Sebenarnya untuk apa cinta? 

Nyatanya dampak cinta tak selalu buruk, akan tetapi ada manfaat baiknya yang bisa dirasakan banyak orang. Saya tahu hari ini kamu juga telah menikamati kebahagiaan bersama orang yang kamu cinta.

Cinta dapat membuatmu lupa, lupa dimana dirimu ada.

"Karena diriku dalam dekapnya."  Aku hanyut dalam mesrah dan kasihnya. Pokoknya cinta itu segalanya. Kamu tidak cuma luka, namun ia sanggup memberi seribu bahagia di hatimu sampai kau tak ingat apa-apa lagi. 

Bukan karena organ tubuhmu tidak berfungsi atau fisik kamu tidak sehat. Sebagaimana cinta melukaimu, cinta juga dapat membalut luka-luka itu. Kebahagiaan oleh cinta melenyapkan semua kehancuran.

Sebenarnya siapakah cinta itu?

Cinta adalah pemilik hati dan rasa. Kuat seperti bapak bekerja demi penuhi kebutuhan hidup mereka yang dicintainya. Setegar ibu dengan setia menanti bapak pulang bawa hasil seadanya. 

Cukup untuk makan satu hari. Cinta juga bisa menjelma menjadi seorang yang kejam dan tanpa pamrih. Mengambil semua yang kamu punya hingga kamu hilang kendali.

Beberapa puisi indah tentang cinta yang dituliskan Seorang sastrawan, philosoper dan theologian sangat terkenal lahir di Bsharri, Mount Lebanon Mustsarrifate, Syria Ottoman Syria bernama Kahlil Gibran yaitu:

Cinta tidak memberikan
apa-apa melainkan dirinya,
dan tidak mengambil apa-apa
melainkan daripada dirinya...
Apabila cinta tak bertemu,
bebaskan dirimu,
biarkan hatimu kembali
kealam bebas..
Kau mungkin menyadari,
bahwa kamu menemukan cinta
dan kehilangannya,

Pabila cinta mengamitmu,
ikutlah ia walaupun jalan-
jalannya sukar dan curam...
Pabila ia mengepakkan sayapnya,
serahkanlah dirimu padanya
walaupun pedang kan melukaimu...

Pabila ia berkata-kata percayalah
padanya walau kan menghancurkan
mimpimu seperti angin utara
memusnahkan taman-taman...
Karena sekalipun cinta
memahkotaimu, ia juga
mengorbankanmu...
Walau ia menyuburkan dahan-
dahanmu, ia juga mematahkan
ranting-rantingmu...

[Kahlil Gibran]

Di atas itu puisi cinta Kahlil Gibran yang hebat. Maknanya sangat dalam. Aku  membaca beberapa kali puisinya dan menyimpulkan bahwa benar puisi cintanya memiliki makna seribu wajah dan barangkali sulit diterka. 

Pengaruhnya sangat besar sampai kadangkala kita tak sanggup berpikir jernih. Kita mau miliki cinta tulus, kita musti berkorban. Jadi mungkin maksudnya untuk mendapatkan cinta sejati harus berkorban. kamu setuju?

Akan tetapi jika saya sudah mengorbankan segalanya terus cinta tidak berpihak pada saya? Anggap saja bukan rejekinya. Buang sial nggak apa-apa kan!

Cinta itu selalu tumbuh tanpa kita tahu lalu Anda dan saya sudah berada dalam lingkarannya

Ia membuat kita terjerat. Saya akui cinta membuat banyak perubahan dalam diri saya.
Cinta bisa datang kapan saja lalu pergi tiada berpamit tinggalkan kamu pedih mengerumit. 

Tanpa rasa kasihan, akhirnya kecewa nian.. kalau cinta sudah bertakhta, hati membuta, akupun tak bisa meronta. Semesta berkata, biarkan aku sendiri nikmati dusta! Ah, rasanya bicara cinta tak ada habisnya...

Seorang politikus, dari India sekaligus sebagai pimpinan spiritual Mahatma Gandhi pun telah menuliskan kata-kata bijaknya tentang cinta:

Cinta tidak pernah meminta,
ia senantiasa memberi.
Cinta membawa penderitaan,
tetapi tidak pernah membalas
dendam.
Dimana ada cinta disitu
ada kehidupan; manakala
kebencian membawa kepada
kemusnahan.

[Mahatma Gandhi]

Bagaimana dengan kamu? Aku yakin, kamu juga punya berbagai catatan tentang cinta lewat berbagai hal yang terjadi. Kalau bisa kamu simpan sebagian hal penting mengenai cinta yang sudah dilewati supaya bisa lebih menguatkan diri kamu.

Bagaimana perasaanmu tentang cinta? Aku yakin kamu selalu mau berbahagia. Namun jika tidak, yakinlah itu bagian dari proses.

Efek positif dari jatuh cinta

Efek positifnya yang ditemukan dalam penelitian dari University of North California di Chapel sebagai berikut:
  • Menurunkan efek stres (hormon stres)
  • Dapat meningkatkan mood
  • Dapat mengurangi tekanan darah
  • Terkendalinya rasa sakit dalam tubuh

Pendapat seorang profesor dalam ilmu psikologi, di Brigham Young University, Juliane Holt Lunnstad:

  • Jatuh cinta bisa mengurangi depresi
  • Mempercepat penyembuhan luka
Kepedulian dan dukungan orang dekat yang kita cinta sangat berperan penting dan dapat menyangga efek stres, "kata Juliane.

Efek negatif dari jatuh cinta

Dr. Richard moss, ahli dalam bidang fisiologi jantung dari University of Wisconsin Madison mengatakan bahwa; sesaat sesudah seseorang jatuh cinta maka detak jantungnya menjadi lebih rendah dan stabil

Adapun kesimpulan dari Mental Health of Amerika yaitu:
Saat kamu jatuh cinta, maka emosi kamu bisa tidak sewajarnya. Ini dapat membawa bahaya. pada saat jatuh cinta berubah menjadi obsesi dan ketergantungan untuk bersama. Hidup bergantung penuh kepada orang lain. Ini dapat melahirkan "menambahkan hubungan" kasar dan emosi yang tidak terkontrol.

Meski cinta memiliki seribu wajah yang dapat membuat kita dalam suasana senang dan susah, jangan gentar, malahan kamu harus berbesar hati yakin kita dapat menanggulanginya. Bagaimanapun pilihan tetap ada pada kita. Kita yang memastikan semua itu. Tidak sepenuhnya cinta menguasaimu ya?

Aku mau bertanya kepada kamu; " wajah cinta kamu berbentuk apa?"

Demikianlah artikel tentang cinta memiliki seribu wajah. Semoga memberikan manfaat. Terimakasih telah membaca.

2 comments for "Cinta memiliki seribu wajah"

  1. Aahhh kuingin jatuh cinta terus, biar bisa senyum-senyum terus, biar sumringah terus, dan awet muda terus, hahaha.

    Jadi ingat rasanya dulu jatuh cinta, rasanya tuh waktu ingin dipercepat aja, jika nggak ketemu dirinya, dan kalau udah ketemu, pengennya waktu diperlambat :D

    ReplyDelete
  2. Kalo cintanya bisa bertemu dengan cinta berbalas, mungkin bentuk wajahnya jadi lembut, penuh asih :p.

    Tapi giliran si cinta cuma jalan sendiri, baru deh penampakannya sedih, kadang merusak diri.

    Aku sendiri kadang takut kok mba terlalu mencintai sesuatu, kecuali untuk yg maha kuasa ya. Mencintai makhluk hidup lain, kalo terlalu dalam, kadang jadi sakit kalo kehilangan. Aku berusaha secukupnya aja. Jangan sampe terlalu ngorbanin segalanya, untuk apapun itu.

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.