11 Makanan Paling Bagus Untuk Penderita Rematik

11 Makanan paling bagus untuk penderita rematik yang dapat kamu konsumsi dan masukkan ke daftar menu pilihan kamu. Banyak orang tidak bisa mengendalikan keinginan makan enak yang di penuhi dengan daging merah, makanan berminyak, santan dan makanan yang sangat tidak dianjurkan meskipun mereka tahu bahwa mereka hidup dengan kondisi rematik.

Ada lagi yang tidak sabar, begitu merasa pembengkakkan dan nyeri yang diakibatkan rematik sudah mulai berkurang maka ia langsung mengonsumsi makanan-makanan pantangan itu. Mengkonsumsi obat kimia dalam jangka panjang pasti ada efeknya. Bagaimana Anda bisa bebas dari rematik atau paling tidak berkurang secara perlahan.
11 Makanan paling bagus untuk penderita rematik
Penderita rematik. Pixabay Images
Jangan berpikir saya sudah mengonsumsi obat rematik lalu boleh makan segala macam. Itu sama saja Kamu ingin menginap rumah sakit. Kamu bisa menggantikan makanan penyebab rematik itu. Makanan apa sajakah?

1. Ikan salmon

Ikan salmon sangat baik bagi kesehatan tubuh pada umumnya. Ikan salamon ini begitu kaya dengan asam lemak omega-3 yang besar manfaatnya bukan saja bagi orang dengan kondisi rheumatoid arthritis namun juga sangat bermanfaat bagi jantung sehat. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam ikan salmon ini dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan peradangan.

Bagi orang-orang yang dengan kondisi rheumatoid arthritis ini, mereka memiliki risiko lebih besar dari masalah jantung, daripada mereka yang tanpa rheumatoid arthritis. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa, asam lemak omea-3 yang ditemukan dalam minyak ikan ini dapat melindungi terhadap pengembangan rheumatoid arthritis dan bisa membantu dalam mengurangi keparahan terhadap penyakit.

"Jika kamu penderita rematik, maka, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi ikan salmon ini," kata Hyon Choi, MD, DrPH, profesor kedokteran di Boston University School of Medicine. Ikan tuna, dan makarel jg adalah sumber dari omega-3. Dengan demikian kamu diharapkan untuk meninggalkan makanan-makanan yang sangat tinggi lemak jenuh, lemak trans.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga mengandung omega-3 yang sangat baik bagi tubuh. Dapat membantu mengurangi peradangan sendi, kata Dr Choi. Hal ini merupakan salah satu diet Mediterania yang sudah terkenal, yang ditujukan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2003, minyak zaitun tidak hanya dapat membantu mengurangi peradangan pada pasien rheumatoid arthritis, namun dapat juga membantu dalam meningkatkan fungsi fisik, dan vitalitas.

Diketahui sebuah senyawa yang terkandung dalam minyak zaitun yang disebut oleocanthal, yang telah memberikan rasa pada minyak zaitun ini, kemungkinan memberikan efek yang sama dalam tubuh sebagai aspirin, ibuprofen, dan NSAID lainnya (adalah obat anti-inflamasi non-steroid).

Catatan
Kamu disarankan untuk mengonsumsi minyak zaitun dengan jumlah yang wajar saja, karena minyak zaitun ini memiliki banyak kalori sebagai jenis lain dari lemak.

3. Bawang putih

Bagi penderita mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang wajar sangat baik, dapat membantu meringankan nyeri sendi. Bawang putih dapat melenyapkan jalur inflamasi yang sama dengan ibuprofen, kata Lona Sandra, RD, yang adalah seorang asisten profesor nutrisi klinis di UT Southwestern Medical Center di Dalas.

4. Kunyit

Kunyit digunakan untuk berbagai masakan lezat. Tidak hanya itu, Bahan dasar jamu juga adalah kunyit. Selain itu kunyit paling manjur untuk penderita arthritis. Bahan yang hebat yang terkandung dalam kunyit ini adalah kurkumin yang merupakan senyawa aktif. Kunyit ini diketahui mungkin memiliki beberapa anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan nyeri sendi. Kamu juga disarankan untuk mengonsumsi kunyit secara wajar.

5. Raspberry, stroberi, dan blackberry

Buah-buahan tersebut banyak bermanfaat untuk dimakan oleh mereka yang punya rheumatoid arthritis. Buah-buahan tersebut mengandung phytochemical yang diketahui terkandung dalam buah-buahan ini yaitu berupa anthocyanin, yang memberikan manfaat sangat baik. Seperti diketahui bahwa Senyawa tersebut dapat distop oleh anthocyanin, kata Sadon. pada sebuah studi, hewan yang diberi ekstrak merah raspberry kurang mungkin untuk mengembangkan kondisi. Namun ada efek pada tulang rawan

6. Ceri

Ceri juga merupakan salah satu buah yang masuk dalam daftar bagi orang dengan rematik. Tetapi haruslah ceri pilihan, sebab "terdapat beberapa bukti bahwa ceri tart dapat mempengaruhi nyeri," kata Sadon. Penelitian telah menunjukkan bahwa, penurunan kadar darah dari sejumlah penanda inflamasi yang berbeda terkait makan buah ceri.

Manfaat yang lain dari buah ceri ini adalah, membantu menghilangkan asam urat, yang adalah bentuk lain dari pada rheumatoid arthritis yang memiliki episode nyeri berulang. Sebuah penelitian yang juga dilakukan oleh Dr Choi telah menemukan bahwa, orang yang makan buah ceri selama dua hari hanya  berisiko 35% lebih sedikit berpotensi terjadi serangan gout dibandingkan dengan orang yang tidak makan buah ceri.

7. Yogurt

Apabila kamu telah terbiasa dalam mengonsumsi yougurt, maka sangat baik, lanjutkanlah mengonsumsi yougurt dalam keseharian kamu. Ada beberapa jenis dari yougurt yang mengandung probiotik mikroorganisme yang menguntungkan, dan para peneliti percaya bahwa mungkin ada hubungan antara rheumatoid arthritis dan usus. Jika kita punya usus yang sehat maka bisa mengatur peradangan. Jika kamu memiliki bakteri baik yang berjuang untuk kamu, kata Sadon.

8. Brokoli

Siapa yang tidak kenal brokoli? Sayuran hijau berbentuk kepala ini adalah salah satu sayuran yang punya segudang khasiat sehat, terutama mereka  yang dengan kondisi arthritis. Namun tidak hanya brokoli saja, tetapi diet yang kaya sayuran umumnya membantu.

Sebuah studi telah menemukan bahwa, orang yang mengonsumsi sayuran secara teratur memiliki 61% penurunan risiko mengembangkan rheumatoid arthritis dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumi sayuran.

Penelitian lain pula telah menemukan bahwa, diet vegetarian dapat membantu mengurangi nyeri sendi, dan sendi yang bengkak. "Dr Choi berpendapat bahwa, sayuran punya efek perlindungan pada peningkatan rheumatoid arthritis.

9. Bawang

Kandungan phytochemical dalam bawang diketahui dapat membantu mengurangi peradangan. Suatu studi diidentifikasi mengenai quercetin, adalah suatu senyawa yang ditemukan dalam bawang sebagai mediator untuk efek peradangan. Bawang juga telah menunjukkan efek anti-kanker, dan hampir tidak memiliki kalori.

10. Nanas

Buah nanas tidak hanya sedap untuk rujak, ternyata sangat baik dikonsumsi oleh penderita rematik. Memiliki kadar air yang banyak, terdapat vitamin C.  Rasanya asam-manis. Ada yang lebih istimewa dari nanas ini karena bukan buahnya saja tapi batangnya justru mengandung bromelain, suatu enzim pencernaan yang sudah terbukti dalam menurunkan peradangan pada mereka yang menderita osteoarthritis juga RA. Namun batang nanas ini harus diproses dan diambil suplemen berupa kapsul. Tidak apa-apa dengan hanya mengkonsumsi buah nanas saja.

11. Anggur

Di Indonesia sangat susah untuk membudidayakan anggur sehingga jika ingin makan anggur kita mesti beli anggur import. Memang tidak begitu baik karena mungkin saja sudah memakai pengawet, Tapi baiklah kita perlu mencucinya beberapa kali sebelum mengonsumsinya.

Di dalam buah anggur terdapat nutrisi paling penting berupa antioksidan serta punya anti-inflamasi. Anggur juga terdapat senyawa yang paling bermanfaat untuk pengobatan atrhritis yang dapat dibuktikan seperti resveratrol yang merupakan antioksidan itu dan terletak pada kulit anggur.

Semoga 11 makanan paling bagus untuk penderita rematik berguna bagi Anda.

1 comment for "11 Makanan Paling Bagus Untuk Penderita Rematik"

  1. Kunyit itu memang juara banget sih buat saya. Kapan hari yang saya sakit gejala covid, saking bosan minum obat, akhirnya selama 1 mingguan lebih, saya minum air jahe kunyit dan serai dong, setiap hari.
    Kadang saya tambahin teh hijau biar nggak terlalu aneh rasanya, meski nyatanya makin aneh hahaha.

    Ini ngaruh banget, bikin tenggorokan juga jadi lebih enak.
    tapi saya baru ngeh juga ternyata bagus ya buat rematik juga :)

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.