11 Kebiasaan Hidup Sehat Dengan Aktif Olahraga

11 Kebiasaan hidup sehat dengan aktif olahraga agar tubuhmu tetap bugar tidak lemas juga tak bergairah. Apalagi anak muda zaman now gengsi punya body lembek. 

Olahraga lari atau jalan pagi bersama pasangan harus jadi prioritas saat ini tidak cuma jalan berduaan sambil pacaran atau agar mengikuti hal yang sedang trend di berbagai kota di Indonesia, seperti pada hari minggu menikmati jalan-jalan di area Car Free Day (CFD) di Jakarta, namun ada baiknya dapat memanfaatkan momen tersebut untuk berolahraga.

Tidak ada kata "tidak punya waktu" untuk berolahraga. Jadikan olahraga sebagai kebutuhan penting bukan sekedar mengisi waktu tersisa, tetapi benar-benar mengatur waktu untuk olahraga. Anda akan mendapatkan efek sehat yang sangat besar dan hidup lebih lama.
     
Telah terbukti jika kita menjadi aktif dalam berolahraga maka sangat berpengaruh besar bagi kesehatan fisik dan mental. Tampil lebih percaya diri dengan bentuk tubuh yang ideal, sehat bugar, terlihat lebih berenergi.

Anda akan memetik hasilnya tidak hanya dalam jangka pendek, namun dalam jang panjang. Jantung, paru-paru sehat, otot , tulang kuat, aliran darah menjadi lancar, menghilangkan stres sehingga membawa perasaan bahagia dalam menjalani hari-hari hidup.

11 Kebiasaan hidup sehat dengan aktif olahraga
Olah raga fitnes. Unsplash Images

Masih banyak lagi hal yang sangat menguntungkan. Jadi mulai hari ini dengan olahraga. Lebih lanjut kita akan melihat beberapa manfaat penting dari gaya hidup sehat alami dengan olahraga.

"Mari berolahraga secara teratur agar tubuh kita menjadi sehat bugar, dan tentunya kita bisa lebih produktif dalam berbagai aktivitas hidup sehari-hari. 

Lebih penting lagi, kita akan melahirkan generasi-generasi yang sehat jasmani dan rohani bagi bangsa ini. Semangat..😊"

1. Dengan berolahraga kita dapat meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir lebih efektif

Olah raga dapat meningkatkan kemampuan otak kita untuk berpikir dengan lebih baik. Penelitian menunjukkan bahwa, dengan latihan sangat berpengaruh positif bagi kardiovaskular dan dapat membantu menciptakan sel otak baru dan dapat memperbaiki kinerja otak secara keseluruhan dengan lebih baik. 

Olahraga juga dapat membantu meningkatkan protein yang diturunkan dari otak sehingga dapat mengambil suatu keputusan dengan baik

2. Dengan berolahraga rutin dapat membuat perasaan kita menjadi bahagia

Olah raga keluar lingkungan membuat perasaan kita menjadi bahagia. Kita merasa semua hal yang menjadi beban dalam pikiran kita tergantikan dengan berlari-lari dipagi hari menghirup udara segar. 

Dapat bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, dapat menikmati sentuhan sinar matahari yang membelai hangat tubuh kita dengan khasiat vitamin D yang sangat besar.

Itu sangat baik bagi tulang kita. Ini paling penting untuk mereka yang memiliki aktivitas yang padat setiap harinya, berangkat subuh lalu pulang malam sehingga tidak pernah menikmati manfaat magis sinar matahari pagi. Maka agendakan hari-hari libur kamu juga untuk berolahraga.

3. Olahraga membuat kita terhindar dari stres yang bisa memicu depresi

Setiap hari otak kita diisi dengan berbagai macam masalah baik itu masah dalam kehidupan sehari-hari maupun masalah pekerjaan kantor. Terkadang membuat kita merasa stres. Otak menjadi sangat penuh dan bisa berimplikasi pada depresi. 

Maka, olahraga menjadi salah satu alternatif penting untuk mengembalikan kondisi fisik kita yang mulai stres. Membantu menjaga depresi dan kecemasan.

Pergilah ketempat olahraga untuk aerobik, fitnes atau yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dengan berolahraga, tubuh kita akan mengeluarkan keringat, dan ini bisa membantu mengatasi stres fisik dan mental. 

Latihan fisik juga diketahui sangat membantu meningkatkan konsentrasi noreppinephrine yang merupakan zat kimia yang dapat memoderasi respons otak kita terhadap stres yang bisa berujung kepada depresi.

4. Dengan berolahraga secara rutin maka dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Sangat fatal jika kamu tidak pernah latihan fisik, dan waktunya dipakai selurnya untuk bekerja dari hari-kehari kemudian waktu libur kamu hanya untuk beristirahat. 

Segerahlah mengambil inisiatif untuk berolahraga, sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit mematikan seperti penyakit jantung, dan stroke. Dengan latihan fisik dapat memperkuat otot jantung, menurunkan kolesterol "jahat" dan meningkatkan kolesterol baik, dan melancarkan aliran darah.

5. Olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik

Jika kita konsisten melakukan latihan fisik maka dapat membantu kita mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. 

Mereka yang tadinya sangat sulit tidur akan lebih mudah untuk tidur nyenyak dengan melakukan olahraga pada soreh hari. Kamu diharapkan untuk tidak melakukan latihan fisik pada malam hari yang berdekatan dengan waktu tidur.

6. Olahraga dapat membantu meningkatkan gairah seks

Olahraga teratur sangat besar manfaatnya bagi kondisi fisik kita dan dapat membantu meningkatkan gairah seks. Orang yang aktif berolahraga memiliki sirkulasi darah yang baik. Hal ini diketahui sangat kecil kemungkinannya untuk memiliki risiko disfungsi seksual.

7. Olahraga rutin dapat membantu mempertahankan massa tulang dan otot sehat

Latihan fisik memiliki peran yang sangat penting dalam membantu memelihara massa tulang dan otot. Seiring dengan bertambahnya usia  maka secara alami massa otot mulai menurun yang kemudian tingkat aktivitas menjadi menurun. 

Sangat penting untuk tetap latihan fisik secara sktif sehingga dapat terus mempertahankan massa otot dan tulang yang kuat untuk mendapatkan keseimbangan.

8. Olahraga dapat membantu seseorang mendapatkan energi lebih

Latihan fisik secara aktif dapat membantu meningkatkan energi tubuh. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat melawan berbagai penyakit seperti kita tidak mudah terserang flu, demam. 

Orang yang sering melakukan aktivitas fisik akan terlihat lebih bugar, bersemangat dan penuh energi. Hal ini berpengaruh positif dalam mengembangkan kariernya.

9. Olahraga diketahui dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara

Ini sangat penting bagi wanita di seluruh dunia, bahwa wanita harus aktif dalam latihan fisik sehingga dapat menurunkan risiko kanker payudara. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang aktif latihan fisik secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara 20 sampai 30 persen dibandingkan dengan wanita yang jarang atau tidak pernah samasekali latihan fisik.

10. Olahraga dapat menjadikan kulit lembab dan bercahaya

Dengan teratur berolahraga maka kita akan mendapatkan bonus lain seperti kulit lembab, kulit menjadi lebih sehat bercahaya dan wajah awet muda karena latihan fisik dapat memperlancar aliran darah keseluruh organ tubuh. 

Kemudian, oksigen dan nutrisi dibawa ke sel-sel ke seluruh tubuh dan membuang produk limbah dari dalam tubuh kita, kata Berman.

11. Olahraga diketahui dapat membantu mengurangi bobot tubuh berlebihan

Ini berlaku bagi mereka dengan bobot tubuh berlebihan maupun mereka yang kekurangan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang pasif, dalam arti tidak melakukan latihan fisik memiliki faktor besar kenaikan berat badan yang akhirnya menjadi obesitas.

Dengan demikian kamu disarankan untuk secara rutin melakukan aktivitas fisik dan mengatur asupan makanan bagi tubuh kamu. 

Dengan latihan fisik maka dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dapat membakar banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan.

Kemudian bagi mereka yang mengalami kekurangan berat badan, dengan latihan fisik secara teratur dapat meningkatkan selera makan kamu sehingga dengan sendirinya kamu dapat memiliki berat tubuh yang lebih baik. 

(Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi). Anda juga dapat minum segelas susu setelah latihan fisik.

Demikianlah artikel tentang 11 kebiasaan hidup sehat dengan aktif olahraga. Semoga menjadi referensi bagi kamu.

1 comment for "11 Kebiasaan Hidup Sehat Dengan Aktif Olahraga"

  1. Huhuhu insekuuurrrrr saya baca ini, entah mengapa, meski udah tau butuh banget olahraga, sering banget mutung di tengah jalan.
    Sehari dua hari rajjin, hari ke-5 udah malas.

    Tapi memang sih, pernah baca kalau memang kodratnya perempuan itu malas olahraga :D

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.