11 Bahaya Akibat Anda Sering Tidur Tengah Malam

11 Bahaya akibat Anda sering tidur tengah malam. Awalnya sih tidak terasa apa-apa dan enjoy saja, tapi lama-kelamaan mulai ada yang tidak beres dalam tubuh. 

Pusing kliengan sampai ingin muntah, timbul penyakit bahkan sampai pada kematian. 

Untuk itu, sangat penting dan tidak boleh mengabaikan jam tidur malam.

Banyak orang tidak begitu memperdulikan berapa banyak ia harus tidur untuk mengistirahatkan tubuhnya yang sudah lelah seharian dengan berbagai aktivitas. 

Padahal tubuh manusia memiliki keterbatasan. Dengan adanya kemajuan teknologi, maka gaya hidup seseorang tentu mengalami perubahan. 

Mereka hampir tidak memperhatikan jam-jam tidur yang semestinya.

Penyakit datang tanpa memberitahu Anda. Menyesal kemudian tidak ada gunanya. 

Tak bisa dipungkiri risiko penyakit berbahaya pasti datang dan bersarang di tubuh akibat Anda setiap hari tidur tengah malam. 

Apakah Anda tidak sayang dengan hidup Anda? Pada jam-jam yang seharusnya untuk beristirahat [tidur malam] namun mereka mempergunakannya untuk beraktivitas.

11 Bahaya akibat sering tidur tengah malam
Ilustrasi wanita bekerja sampai larut malam. Pixabay Images

Bekerja lembur, menonton video memutar film kesukaan mereka hingga larut malam. 

Tanpa sadar mereka telah melewatkan jam tidur mereka. Pada awalnya memang biasa-biasa saja, dan hampir tidak terasa efeknya. 

Akan tetapi jika hal ini berlangsung secara rutin, maka akan ada konsekuensi kesehatan yang terjadi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa jika tidur larut malam secara rutin [empat - lima jam] maka sangat berisiko mengalami serangan jantung, kardiovaskular, tekanan darah menjadi naik, insomnia parah, penurunan sistem kekebalan tubuh, stres sampai berujung pada depresi. 

Bagi wanita yang tidur larut malam dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Masih banyak lagi risiko yang akan Anda alami. Aturlah jadwal tidur Anda dengan baik. 

Tidur pada jam yang sama, dan bangun pada jam yang sama pula supaya dapat mencegah berbagai penyakit. Mari kita lihat risiko yang akan terjadi;

1. Dapat berpengaruh pada jantung

Sangat fatal, jika Anda sering tidur tengah malam, dan hanya tidur empat sampai lima jam. Jantung akan terasa berdebar-debar. 

Dalam sebuah studi kesehatan perawat, peneliti telah menemukan fakta bahwa risiko peningkatan terjadi koroner pada mereka yang tidur malam hanya lima sampai tujuh jam atau kurang dari itu.

Begitu juga dalam studi lain mengatakan bahwa tidur malam yang berkisar antara lima sampai enam jam atau kurang dari itu [dua kali dalam seminggu] dapat meningkatkan risiko kardiovaskular tiga kali lipat. 

Coba Anda bayangkan jika Anda secara rutin tidur tengah malam maka apa yang akan terjadi?

2. Akan mengalami pusing [mata berkunang-kunang]

Hal ini pernah dialami saya sendiri karena mengerjakan tugas-tugas kantor yang semestinya tidak dibawah pulang ke rumah. 

Selama tiga hari saya begadang sampai jam satu dini hari. Itu berarti saya hanya tidur empat jam. 

Apa yang terjadi? saya merasakan pusing yang luar biasa pada saat beraktivitas.

Seperti terjadi gempa bumi, karena saya [terhuyung-huyung] saat melangkah. Mata saya tidak dapat melihat dengan jelas. 

Begitu besarnya risiko tidur tengah malam membuat saya berjanji pada diri sendiri untuk mengutamakan tidur malam. 

Saya berharap kamu pun demikian tidak mengorbankan kesehatan dengan melalaikan jam-jam tidur malam.

3. Dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker

Jika sering tidur tengah malam maka berisiko terjadinya kanker. Ini terutama bagi para wanita. 

Penilitian telah menunjukkan bahwa wanita yang sering tidur kurang dari delapan jam per malam [hanya tidur empat sampat lima jam] memiliki risiko kanker payudara yang lebih tinggi, dibandingkan dengan wanita yang tidur delapan jam per malam.

Jadi para wanita, kita harus memperhatikan jadwal tidur malam dengan baik. Mengingat tubuh kita sangat sensisitif. 

Hal ini tidak hanya berlaku bagi wanita, tetapi juga untuk para pria. Tua atau muda, anak-anak atau orang dewasa. Tidur malam sangat penting.

4. Meningkatkan tekanan darah tinggi

Jika Anda hanya tidur empat sampai lima jam saja per malam, maka tekanan dararah akan meningkat. Hal tersebut dapat berpengaruh pada jantung kamu. 

Besar kemungkinan bisa merusak jantung. Tidak hanya itu, pengaruh buruk juga akan terjadi pada arteri, ginjal, sampai kepada stroke. Kamu juga bisa kehilangan penglihatan.

Sekali lagi jangan pernah mengabaikan jam-jam tidur malam kamu. Sebab penyakit datang tanpa memberitahukan kepada kamu. 

Sehat itu murah, tetapi sakit sangat mahal. Kamu akan membayarnya dengan seluruh jiwa raga kamu. Menyesal kemudian tidak ada artinya.

5. Dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh

Diketahui jika seseorang sering tidur tengah malam yang hanya empat sampai lima jam saja, maka pada saat dilakukan vaksinasi [vaksinasi tertentu] seperti vaksinasi hepatitis B tidak akan efektif. Semua ini karena kondisi tubuh sangat lemah.

Adapun vaksinasi ini bertujuan untuk menciptakan antibodi yang memberikan daya tahan bagi tubuh terhadap penyakit atau suatu infeksi. 

Tapi mengingat kamu hanya tidur empat sampai lima jam saja, maka mustahil untuk tubuh menghasilkan antibodi yang baik.

6. Berisiko pada kecantikan

Jika setiap malam seseorang tidur hanya empat sampai lima jam maka tubuhnya akan mengeluarkan sangat banyak kortisol, sehingga dapat memecah kolagen dan juga protein yang menciptakan kulit halus dan elastisitas. 

Tidak hanya itu, ada pengaruh buruk lain seperti menurunnya produksi hormon pertumbuhan yang dapat mencegah kulit menjadi keriput.

Jadi, kamu akan terlihat jauh berbeda dari umur kamu. Bukannya lebih cantik, tapi kelihatan lebih tua. Kulit wajah berubah kering. 

Banyak penampakan garis-garis halus keriput di wajah. Lingkaran mata kamu berwarna hitam. Wajah kusam, kasar, kulit berminyak dan jerawatan.

7. Bisa mengalami kecelakaan

Bagaimana tidak mengalami kecelakaan, jika kamu mengemudikan kenderaan pada saat kamu berada dalam kondisi yang sangat lemah dan mengatuk? 

Penelitian lapangan telah menunjukkan bahwa sebagian besar dari kecelakaan lalulintas adalah faktor manusia (Human error). Salah satunya adalah subjek mengemudikan kendaraan dalam kondisi mengantuk.

8. Risiko kegemukan pun tidak terhindarkan

Jika kamu sering begadang sampai larut malam setiap hari, maka dapat berpengaruh pada berat badan kamu. Mengapa? 

Karena dapat mempengaruhi hormon yang tugasnya untuk merangsang nafsu makan kamu (ghrelin) sehingga kamu merasa lapar tengah malam. Ujung-ujungnya kamu makan pada jam yang seharusnya lambung sudah dalam keadaan istirahat.

Tentunya makan tengah malam sangat tidak sehat. Sementara hormon leptin yang bertugas untuk menekan rasa lapar dan memberitahukan langsung kepada otak bahwa, kamu sudah kenyang menjadi tidak berfungsi. Inilah alasan mengapa sering tidur tengah malam bisa menambah berat badan kamu. Apapun alasannya, makan tengah malam itu sangat tidak baik.

9. Memiliki risiko kematin yang sangat tinggi

Mereka yang tidur malam hanya empat sampai lima jam saja diketahui memiliki risiko kematian yang sangat tinggi. 

Berbagai penyakit bisa terjadi dan menggerogoti tubuhnya. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa studi besar. Penyakit yang mematikan serangan jantung, jantung koroner, stroke, kanker, hati, dan masih banyak lagi. Tentu kamu dan saya tidak menginginkan hal ini terjadi.

10. Tidur hanya empat sampai lima jam per hari dapat meningkatkan stres

Jika kamu hanya tidur empat sampai lima jam saja maka tubuh kamu dengan sendirinya akan melepaskan hormon stres kortisol, ini menurut seorang ahli yaitu Dr. Shalini Paruthi. 

Selain itu berdasarkan fakta lapangan bahwa, tidur hanya empat sampai lima jam membuat seseorang tidak dapat berkonsentrasi dengan baik dalam mengerjakan pekerjaan di kantor, sehingga menjadi beban. Bisa saja hal ini membuat prestasinya menurun.

11. Tidur hanya empat sampai lima jam dapat membuat kulit kamu menjadi kering dan kusam

Tidur adalah hal yang paling penting. Namun, banyak orang sering mengabaikannya. Padahal manfaat tidur begitu besar bagi kesehatan tubuh kita. 

Seperti diketahui bahwa tidur merupakan suatu perawatan peremajaan yang sangat besar dari semua perawatan kecantikan yang ada. 

Ini menurut Seorang ahli khusus dibidang kulit kepala dan kulit, Geoff Wright, ia adalah direktur sebuah klinik yang menganalisis masalah kulit.

Tubuh memiliki jam-jam tertentu dalam berbagai proses. Ini sangat penting untuk kita ketahui sebagai berikut;

  • Jam 20.00 sampai 23.00, adalah waktu untuk hidrasi dan stimulasi.
  • Jam 23.00 sampai 03.00, adalah waktu untuk nutrisi dan regenerasi.
  • Jam 03.00 sampai 05.00, adalah waktu untuk beristirahat.

Kita disarankan untuk tidur paling tidak tujuh sampai delapan jam per malam. Ini paling ideal. Jangan tidur lebih dari delapan jam. 

Kamu bukannya merasa bugar, namun sebaliknya akan merasa lesu dan lemas. Diketahui pula bahwa, pada saat kita tidur yang baik di malam hari, maka sel-sel tubuh kita dapat memperbaiki fungsi hormon pertumbuhan.

Jika tidur kita terganggu, maka kita cenderung menjadi stres dan hal tersebut bisa berakibat mengencangnya kapiler sehingga dapat mempengaruhi aliran nutrisi ke kulit. Kulit akan menjadi kusam dan kering. Inilah faktor penyebabnya.

Hal yang bertentangan;

  • Tidak konsisten dengan jadwal tidur
  • Menggunakan tidur siang sebagai pengganti tidur malam
  • Tidak mempersiapkan waktu tidur dengan baik
  • Sering bekerja di larut malam
Demikianlah ulasan mengenai 11 bahaya akibat Anda sering tidur tengah malam. Semoga berguna.

2 comments for "11 Bahaya Akibat Anda Sering Tidur Tengah Malam"

  1. Waduuhhh, saya banget ini, sering tidur malam hahaha.
    Soalnya kadang saya tidur abis Magrib, bangun jam 11 malam, begadang deh, trus tidur lagi menjelang Subuh, apalagi kalau si kecil belum mau bobok, kacau deh jam tidur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener loh mba, sering tidur tengah malem itu gak bagus. Bikin kulit kering sampai bisa keriput. Muka cepet tua. Ya, yang seperti aku udah tulis di atas itu mba.

      Aku udah pernah ngerasain efeknya sering tidur larut malam. Tubuh kan beregenerasi itu pada wkt malem, jadi sebaiknya tidur...

      Tidur siang gak sama dengan tidur malem. Gak bisa diganti.

      Delete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.