Katakan Semua Dalam Doamu

Katakan semua dalam doamu jika kamu berdoa setiap saat. Entah malam atau pagi. Pertama-tama apa yang akan kamu katakan di dalam doa? 

Ucapan terimakasih, atau mengucap syukur?  Atau kita lupa karena sanking suksesnya dalam usaha dan pekerjaan yang diraih. 

Kadangkala juga kita bingung harus berbuat apa karena terlalu susah, banyak masalah sampai tak bisa melakukan apa-apa lagi. Jangankan berdoa, ingat Tuhan saja sudah tidak.

Jadi sukses dan gagal sama dengan susah dan senang. Ingat ya, berdoa itu paling penting. Taruh Tuhan di urutan pertama dari segala yang ada di dunia ini. 

Jangan nanti kita sudah tiba di ujung kematian barulah teringat Tuhan dan berdoa. Apakah sudah terlambat? Tidak juga, Tuhan tetap terima kita apa adanya.

Katakan semua dalam doamu
Doa memberi ketenangan dan kedamaian. Unsplash Images

Ada banyak hal dalam kehidupan ini seperti masalah-masalah hidup datang berganti, perjuangan yang tiada henti, kerja keras tak kenal waktu, kesuksesan, kegagalan, persaingan, kesedihan dan kemarahan terus berputar selama kamu hidup. 

Maka apapun yang terjadi terhadap diri kamu, katakan dalam semua pergumulan doamu setiap detik. Mengapa harus setiap detik? 

Karena setiap detik adalah hidup. Bisa saja kita melewati 5 detik dengan napas, lalu 1 detik kemudian napas kita berhenti!

Berdoa harus di lakukan setiap tarikan napas hidup kita

Jangan pernah abaikan berdoa. Begitu kamu bangun dari tidur itu berarti Tuhan masih berikan hidup untukmu. 

Jangan langsung lemparkan selimut dan pergi cari sarapan. Atau, keluar mencari udara segar. Jangan lakukan hal lain selain berdoa. 

Berdoalah dengan cara kamu masing-masing. Tidak ada batasan jika kamu ingin berdoa. Selain doakan kehidupan kamu, kamu juga dapat berdoa untuk keluarga, sahabat dan pasangan kamu.

Jangan malu atau takut mengatakan segala rahasia kamu dalam doamu pada Tuhan

Apapun yang kamu rasakan atau yang menjadi beban dalam hidupmu katakan. 

Hal baik dan buruk, rahasia kamu yang paling memalukan sekalipun, atau dirimu sedang menaruh dendam dan benci terhadap dia yang sudah mencabik-cabik juga merampas masa depan, harga diri dan kesuciankamu.

Ekspresikan semua untuk Tuhan apa yang membuatmu begitu sedih, luka, menyesal, marah. Dia bersedia menampung semua. Setelah itu, kamu akan merasakan kelegaan yang luar biasa.

Berdoa dalam keadaan apapun

Susah atau senang, sakit, sehat, kaya maupun miskin tetaplah berdoa. Jangan waktu susah, sengsara, sakit, gagal dan ada musibah saja kamu berdoa sampai tak ada aminnya. 

Malam sampai pagi berdoa tanpa makan, minum dan tidak melakukan apa-apa. Alih-alih kamu bukannya dapat kekuatan, malah mati lemas tak berdaya sampai pingsan. Kalau keadaan seperti ini apakah kita masih bisa berdoa dengan baik?

Berdoa dengan kerendahan hati

Dirimu pasti merasa doa memberi kekutan dahsyat dalam hidupmu. Di dalam doa kita mendapatkan ketenangan dan kedamaian hati. Untuk itu, datang pada Tuhan dengan apa adanya diri kita. 

Lalu, rendahkan dirimu di saat menghadap Tuhan karena dihadapanNya kita adalah debu. Kita penuh dengan sampah egois, sombong, licik, serakah, rakus yang hanya mementingkan diri sendiri, mau menang sendiri. 

Tidak pernah mau mengakui kesalahan diri, merasa paling benar, suci dan murni. Apakah ada di antara kita sudah lulus dari semua sifat yang di sebutkan ini?

Berdoalah dan jangan mempermainkan Tuhan

Dalam arti; Kita hari ini berdoa melaporkan segala perbuatan dari A sampai Z, menyerahkan total hidup kepada Tuhan, mau ikuti apa yang Tuhan mau lalu di akhiri dengan ampuni aku Tuhan. Kemudian esok hari kembali lakukan hal yang sama. 

Sekali melakukan eh ternyata tidak apa-apa. Aku aman-aman saja. Ada harga yang harus kamu bayar yaitu pertanggungjawaban kamu kelak dengan Tuhan. Jangan tanya berapa besar harganya, ya Anda sendiri yang tahu.

Doa yang dinaikkan dengan sungguh hati kepada Tuhan sangat besar kuasanya. Melatih kita untuk bersabar dan menguasai diri.

Meskipun kita manusia yang penuh dengan kelemahan dan dosa kita tetap naikkan doa

Banyak kesalahan dan dosa bukan berati kamu lalu menjauh dari Tuhan karena merasa diri tak layak. Justeru sebaliknya kamu harus mencari Tuhan supaya tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang sesat. 

Agar kamu mampu melihat  kedalam diri kekurangan yang kamu punya dan berusaha untuk belajar memperbaiki sedikit demi sedikit. 

Terkadang seseorang baru mengerti tentang kebenaran pada saat dia melakukan kesalahan.

Hanya kamu dan Tuhan yang tahu

Maka jangan mengobral segala sesuatu yang sangat prinsip tentang diri kamu kepada orang lain yang belum tentu menjaga atau menyimpannya. 

Kamu harus bisa memilah mana yang mesti di bagi dan mana yang tidak boleh. Hanya kamu dan Tuhan saja yang tahu lewat doa-doa kamu setiap saat. 

Tidak semua orang bisa dan mau mengerti apa yang kita alami. Apalagi ketika kamu cerita kepada orang yang mungkin punya segudang masalah, sama saja dengan kamu menjadi beban untuk dia.

Percayalah, kamu akan setegar batu karang

Karena doa adalah obat yang paling manjur. Dapat menyembuhkan kamu dari segala masalah yang dihadapi. Artinya, dengan berdoa kamu mendapatkan kekuatan luar biasa untuk bertahan. 

Dirimu tidak mudah jatuh dan tidak akan ada kata menyerah. Kamu akan melihat segala masalah besar menjadi kecil.

Jangan pernah merasa bosan

Kebanyakan dari kita merasa lelah menunggu jawaban dari doa-doanya kepada Tuhan. Lalu mulailah mengeluh, marah-marah kepada Tuhan. "mengapa ya, aku sudah berdoa sekian hari, bulan bahkan tahun tapi begini-begini saja hidupku?" 

"Kalau di hitung sudah berapa ratus jam yang sudah aku habiskan untuk berdoa", sementara orang lain sekali berdoa langsung beres. Semua terkabulkan. Benarkah begitu? 

Apakah kamu tahu pasti hanya dengan sekali berdoa langsung di jawab? Ataukah ada proses yang harus dilewati? Jika memang demikian, itu berarti kita tidak perlu berusaha, bekerja keras tetapi berdoa lalu tidur saja.

Catatan: Mari berdoa sepanjang hari tanpa kenal lelah apalagi bosan. Sebab jika kita merasa bosan, lelah melakukan itu, bagaimana dengan Tuhan yang setiap detik mendengar dan menampung setiap keluahan kita?

Puisi Katakan semua dalam doamu

Tuhan,
Aku merasa hidupku ini
hanyalah beban semata
penuh dengan keluh kesah
yang tak layak  meminta cinta
kasih dan sayang...

Tuhan,
Aku sebenarnya ingin berlari
meninggalkan semua
yang membuatku ingin mati
aku rindu tenang
aku rindu damai...

Tuhan,
Bolehkah aku meminta?
Aku ingin Kau jamah hatiku
lalu peluk aku..
supaya aku kuat
dan merasa Kau ada

Tuhan,
Apakah aku harus berdoa?
mengatakan semua padamu?
sedang aku merasa tak layak
untuk bercerita semua pada-Mu...

Tuhan,
Aku malu
jika aku harus katakan semua
tentang diriku...
banyak hal memalukan
sudah ku lakukan
masih pantaskah aku berdoa?

Tuhan,
Jawablah aku
di dalam tidurku
dalam diamku...

Dari anakMu yang masih malu berdoa

Catatan
Sebenarnya kita tak layak datang kepada Tuhan karena keberdosaan kita, namun Tuhan kita adalah Tuhan yang melimpah cinta dan kasih serta pengampunan. 

Maka siapapun kita, dalam keadaan bagaimanapun Tuhan menerima kita. Datang kepada Dia melalui doa-doa kita setiap waktu.

1 comment for "Katakan Semua Dalam Doamu"

  1. Setuju banget Mba, sekarang tuh rasanya yang paling menguatkan saya adalah doa, setiap kali merasa nggak kuat, hanya bisa pasrah dalam doa yang panjang.
    Dan ternyata Tuhan selalu memberikan apa yang kita minta, meski tentu saja didahulukan apa yang kita butuhkan, dan Tuhan tahu apa itu :)

    Tulisan ini meneduhkan banget rasanya, thanks Mba :)

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.