10 Tips Diet Paling Baik Untuk Kesehatan

10 Tips diet paling baik untuk kesehatan artinya jangan lakukan diet asal-asalan saja supaya badanmu langsing tapi ikuti petunjuk dengan kemauan yang sungguh-sungguh dan disiplin diri kamu. 

Ini juga membutuhkan kesabaran. Kamu juga harus berpikir positif. 

Apakah motivasi kamu dalam melakukan diet hanya untuk mendapatkan badan yang kurus? 

Ataukah ada hal lain yang lebih penting adalah untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Ini sangat penting. Jadi, jika kamu benar-benar ingin memiliki tubuh yang langsing, ideal, dan sehat. 

Tetapkan niat kamu, dan lakukan semua tips dengan tidak merasa tertekan, atau terpaksa. Akan tetapi, lakukanlah dengan happy, dan enjoy!

10 Tips diet paling baik untuk kesehatan
Pixabay Images

Seringkali program diet seseorang tidak berhasil, alias berhenti ditengah jalan. 

Mereka sering merasa tersiksa melakukan program dietnya. Ini karena tidak disiplin, dan tidak sabar. 

Untuk memiliki tubuh yang langsing, dan sehat membutuhkan proses, dan tidak seperti membalikkan telapak tangan. 

Hari ini Kamu melakukan program diet, lalu besok hari sudah merasakan hasilnya.

Segala sesuatu yang diperoleh dengan cara instan, tentu ada efek sampingnya. 

Alih-alih ingin memiliki tubuh langsing malah sebaliknya menjadi sakit, atau bahkan menjadi lebih gemuk. 

Mereka membalas dietnya yang gagal dengan makan sebanyak-banyaknya. Ini kenyataan. 

Apakah kamu juga termasuk salah satu orang yang gagal diet? 

Jika demikian, mari lakukan lagi program diet kamu dengan rahasia sukses diet tanpa efek samping di bawah ini.

1. Makan makanan yang mengandung banyak serat

Makanan yang mengandung banyak serat (buah-buahan dan sayuran) sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Menurut seorang penulis buku The F-Factor Diet, Zuckerbrot, R.D., makanan berserat ini tidak hanya dapat membuat kamu lebih cepat kenyang dan lebih lama merasa lapar namun makanan berserat dapat membantu mencegah tubuh menyerap beberapa kalori dalam makanan kamu.

"Serat mengikat molekul lemak pada saat mereka melakukan perjalanan melalui saluran pencernaan, dan mengurangi beberapa kalori yang benar-benar kamu dapatkan."

Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang makan serat dengan jumlah lebih dari 26 gram sehari, dapat membantu menurunkan kemungkinan risiko penyakitnya sebesar 18 % dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi kurang dari 19 gram per hari.

Para peneliti percaya bahwa:

  • Mengonsumsi makanan kaya serat dapat membantu menjaga berat badan menjadi tetap sehat, dan ideal
  • Membantu menjaga gula darah agar tetap stabil
  • Membantu mencegah perkembangan diabetes
  • Menurunkan kemungkinan risiko mengalami penyakit jantung
  • Membantu mengurangi hipertensi
  • Membantu mengurangi risiko penyakit kanker seperti; kanker kolorektal, dan kanker payudara. 
Ini menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals Of Oncology
Ada dua jenis serat:

a. Serat larut

Bentuk seperti gel yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan dapat memperlambat penyerapan gula, dan nenurunkan gula darah. Serat larut bisa diperoleh dari; kacang polong, gandum, apel, wortel, kacang-kacangan dan sitrus.

b. Serat tidak larut Serat tidak larut

Berguna untuk meningkatkan pergerakan materi melalui pencernaan, dan sangat berguna bagi mereka yang sering mengalami sembelit. 

Selain itu juga diketahui dapat mengrurangi risiko terjadinya diabetes tipe 2. 

Serat tidak larut bisa diperoleh dari: kembang kol, kacang hijau, kacang, kentang, tepung gandum oatmeal (serat larut, dan tidak larut), kacang-kacangan (serat larut dan tidak larut). 

Kamu juga dapat memilih makanan sehat berserat lainnya seperti kacang merah, dan beras merah yang memiliki sumber serat sangat baik, juga memiliki sumber protein, dan zat besi. 

Kacang hitam yang diketahui mengandung tinggi flavonoid, dan antioksidan kuat.

Catatan: jika kamu mengonsumsi makanan-makanan ini, kamu harus minum air yang banyak. Alpukat merupakan sumber serat yang baik. 

Kandungan lemak mono, dan polyunsaturated diketahui dapat membantu menurunkan kolesterol, dan risiko jantung. 

Brokoli juga tak kalah kaya akan serat yang paling baik bagi tubuh. Membantu mencegah kanker

2. Makan makanan yang mengandung banyak protein

Makanan yang mengandung  banyak protein sangat baik bagi mereka yang sedang melakukan program diet. 

Hal ini karena protein tersebut memiliki efek yang kuat terhadap nafsu makan seseorang, dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi rasa lapar, dan juga membantu asupan kalori lebih sedikit. 

Adapun mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup protein sehat, dapat sangat membantu dalam mengendalikan berat badan, dan menurunkan berat badan. Jika memiliki program menurunkan berat badan, maka kamu harus mengonsumsi lebih sedikit kalori dari yang dibutuhkan oleh tubuh kamu.

Penelitian telah menemukan bahwa, diet yang kaya protein dapat membantu mencegah obesitas, osteoporosis, dan diebetes. Makan cukup protein sehat sangat baik dan membantu orang yang sedang melakukan program diet yang benar. Protein memerlukan kerja ekstra untuk dicerna, dan dimetabolisme. Ini berarti kamu membakar lebih kalori untuk dapat mengolahnya. Oleh karena protein butuh waktu lebih lama untuk meninggalkan perut kamu, sehingga kamu tidak cepat merasa lapar. Sumber protein terbaik adalah: ikan, daging rendah kolesterol (tidak daging merah), susu kacang.  Sebenarnya berapa jumlah protein yang disarankan? Konsumsilah makanan secara teratur dengan porsi gizi seimbang, dan menyediakan protein yang baik tanpa suplemen tambahan.

Adapun jumlah yang disarankan untuk memenuhi kebutuhan protein harian tersebut berbeda-beda sesuai dengan kondisi kesehatan, dan usia. Jika kamu makan 2 sampai 3 porsi makanan yang kaya akan protein, itu sudah cukup untuk nemenuhi kebutuhan harian. 

Ambil contoh, orang dewasa mengonsumsi 1 butir telur, atau 1 ons keju, atau 1/2 gelas kacang yang dimasak sebagai panduan. 

Diet asupan protein adalah 0,75 gram per kilogram untuk seorang wanita, kemudian 0,84 gram per kilogram untuk seorang pria. Sedangkan, untuk ibu hamil, menyusui, atlet, mereka memerlukan protein yang berbeda dari ukuran normal. 

Kekurangan protein dapat berakibat: tubuh berisiko mengalami defisiensi protein, resistensi cairan, anemia, dan terjadinya penyusutan jaringan otot

Catatan: kamu diharapkan tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan tinggi protein, karena dapat menyebabkan kondisi lain seperti penyakit jantung, kolesterol meningkat, sehingga dapat berimplikasi pada asam urat, dan membebani ginjal.

3. Minum air putih (air mineral)

Minum air putih sangat penting. Tidak hanya berlaku untuk mereka yang sedang dalam program diet, namun sangat berguna bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Minum air putih dapat membuat kamu merasa kenyang disela makan. Terkadang, perut kita terasa lapar, dan kita segera mencari makanan. 

Padahal, mungkin saja tubuh kita hanya memerlukan air. Kita disarankan untuk minum air putih secukupnya agar dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu sistem pencernaan kita agar dapat bekerja dengan baik, dan juga dapat membantu meningkatkan pergerakan usus yang lebih baik. 

Tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan tubuh yang sehat. Menurut Institute of Medicine, asupan minum air total per hari (AI) yang cukup adalah sekitar 3 liter, atau 13 gelas untuk pria, dan untuk wanita adalah 2,2 liter, atau 9 gelas.

Air putih adalah salah satu detoksifikasi yang sangat baik bagi tubuh kita, karena dapat membantu mengeluarkan racun tubuh, dan membuang limbah melalui keringat, dan air kencing. 

Seperti diketahui, minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan. Air putih dapat membantu menurunkan berat badan dengan dua cara: minum 2 gelas air putih sebelum makan, maka porsi makan kamu menjadi lebih sedikit. 

Dengan minum air putih, maka dapat sedikit membantu meningkatkan metabolisme yaitu sistem pembakaran kalori tubuh.

Catatan: Para ahli mengatakan bahwa, meskipun kita membutuhkan air untuk keseharian tubuh kita, namun diharapkan untuk tidak mengonsumsi air dalam jumlah yang terlalu berlebihan, karena dapat mengurangi kemampuan ginjal untuk menyaring limbah."

4. Makan makanan rendah karbohidrat (membatasi asupan karbohidrat)

Para ahli diet berpendapat bahwa, membatasi jumlah asupan karbohidrat pada saat melakukan program diet sangat berpengaruh besar terhadap keberhasilan diet tersebut, dan merupakan salah satu metode paling baik untuk menurunkan berat badan, dengan tidak ada efek samping apapun. 

 Selain itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa, menurunkan berat badan dengan cara diet rendah karbohidrat terbukti dapat membantu mengurangi berat badan tiga kali lebih besar daripada diet rendah lemak. 

Diketahui bahwa, diet rendah karbohidrat sangat efektif dalam membantu melawan sindrom metabolik, yang merupakan kondisi medis yang terkait dengan beberapa risiko penyakit, seperti penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

5. Memperbanyak makan buah dan sayuran

Mengurangi karbohidrat, lalu memperbanyak mengkonsumsi buah, dan sayuran sangat baik bagi  orang yang sedang melakukan program diet (penurunan berat badan). 

Buah, dan sayuran miliki begitu banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Mereka memiliki sejumlah vitamin (vitamin A, C, seng, asam folat, magnesium, fosfor, potasium, serat). 

Selain itu, manfaat penting lain dari buah, dan sayuran adalah, mereka memiliki banyak air yang sangat berguna bagi tubuh, dan sistem pencernaan. 

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa, jika kamu mengonsumsi buah, dan sayuran secara teratur, maka dapat membantu kamu untuk: mengurangi risiko penyakit jantung, (kardiovaskular) diabetes tipe 2, menurunkan tekanan darah (hipertensi), menurunkan kolesterol, mempertahankan berat badan sehat, dan mencegah obesitas.

6. Olahraga (latihan fisik)

Olahraga adalah bagian yang paling penting dalam hidup. Tidak hanya berlaku bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, namun untuk semuan orang tanpa terkecuali. Olahraga sangat membantu dalam menurunkan berat badan. 

Menjaga kestabilan berat badan sehingga kamu dapat terhindar dari obesitas. Olahraga secara teratur dapat mengurangi kamu dari beberapa faktor risiko penyakit seperti: diabetes jantung, stres, depresi, tekanan darah (hipertensi), kolesterol, kanker tertentu seperti, (kanker usus besar, dan kanker payudara).

Olahraga tidak hanya untuk mendapatkan tubuh yang ideal, tetapi juga punya manfaat hebat lainnya, dan bonus plus-plus: meningkatkan gairah sex, meningkatkan energi, mood, bahagia, tidur lebih nyenyak, percaya diri, banyak sahabat, awet muda, kebugaran tubuh, meningkatkan relaksasi, mempertajam daya ingat, mencegah penurunan kognitif, dan meningkatkan usia hidup lebih lama. 

Kamu bisa memilih berbagai jenis olahraga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, dan jadwal kesibukan kamu, sehingga tidak mengganggu keseharian kamu.

Kamu dapat melakukan olahraga seperti aerobik, Joging, jalan-jalan pagi, berenang, tread mil, yoga, fitnes, bersepeda, dan masih banyak lagi yang sesuai dengan minat, dan kebutuhan kamu. 

 Beberapa ahli menyarankan untuk berolahraga aerobik satu minggu tiga kali, minimal 20 menit per sesi, bila perlu lebih dari 20 menit malah sangat bagus apabila kamu serius, dan benar-benar berniat untuk menurunkan berat badan. Harus tertib melakukan latihan paling sedikit 15 menit. 

Berjalan satu mil setiap hari dapat membakar hingga 100 kalori (supaya kamu bisa mencapai target, jangan mengonsumsi kalori secara berlebihan, setelah melakukan latihan tersebut).

7. Singkirkan kebiasaan ngemil kamu yang tidak sehat

Apa jadinya jika kamu punya hobi ngemil seperti ini? Siapa sih yang tidak suka ngemil? Boleh saja kamu ngemil, tapi harus bijak dalam memilih apa yang harus kamu ngemil. 

Dengan cara menyeleksi setiap daftar blanja kamu pada saat pergi ke mall. Ngemil tidak selalu nenjadi penyebab kegemukan tubuh kamu, tapi ngemil juga dapat menjadi penyebab kamu gagal melalukan program diet, jika kamu memilih ngemil tidak sehat. Misalnya, kamu sedang jalan-jalan di mall lalu tiba-tiba membeli makanan-makanan seperti, ice cream, burger, hot dog, pitza, atau makanan cepat saji. Alih-alih ingin menurunkan berat badan, yang ada malah bertambah berat badan.

Jadi, buang pikiran kamu jauh-jauh untuk meraih jenis ngemil yang mengandung tinggi lemak  LDL (lemak jahat). Mungkin kamu bisa memilih beberapa jenis ngemil sehat di bawah ini di antara banyak ngemil sehat lainnya yaitu, pisang dipadukan dengan selai kacang. 

Jika kamu ingin ngemil, kamu bisa coba padukan satu sendok makan selai kacang dengan pisang. Oleskan selai kacang pada pisang, dan nikmati. 

Kenari: kamu bisa memilih kenari untuk ngemil sehat kamu, dan mendapatkan manfaat penting kesehatan lainnya, yaitu memperbaiki fungsi jantung, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, membantu mengendalikan diabetes, memiliki sifat anti-inflamasi, dan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Alpukat: kamu bisa jus alpukat dengan gula merah (gula batu). Tidak dengan tambahan gula atau sirup. Alpukat dapat nembantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Telur rebus: kamu boleh mengonsumsinya. 

Satu buah telur rebus dapat membantu kamu merasa kenyang. Telur mengandung protein, vitamin B12. (Meski sangat baik bagi kesehatan, namun tidak mengonsumsinya secara berlebihan). Coklat hitam: sangat baik untuk ngemil.

Mengandung flavanol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan mbantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan cacatan, coklat hitam itu mengandung 70 % padatan coklat. 

Oatmeal: oatmeal juga sangat baik untuk ngemil sehat kamu. Tidak hanya sebagai sarapan di pagi hari. Oatmeal ini mengandung tinggi serat, sehingga membuat kamu merasa kenyang. 

Oatmeal juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Kamu bisa padukan dengan bluberi.

8. Batasi mengkonsumsi gula karena gula juga bisa membuat kamu menjadi gemuk dengan berbagai kondisi tidak sehat

Sebisa mungkin kamu menghindari gula yang ditambahkan. Sangat tidak dianjurkan bagi kamu dalam program penurunan berat badan, ataupun yang tidak. 

Contohnya seperti minuman berkarbonasi, sirup yang mengandung fruktosa tinggi, juga berbagai jus buah dengan menambahkan gula. 

Minuman, atau makanan tinggi gula ini yang dikaitkan dengan penyebab peningkatan penyakit diebetes tipe-2, dan penyakit jantung, dan juga beberapa jenis penyakit kanker. 

Diketahui, jika mengonsumsi banyak gula maka dapat melemahkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai bakteri, dan virus.

9. Makan dengan menggunakan piring berukuran kecil sehingga membantu mengurangi porsi makan kamu

Jika kamu makan dengan piring yang berukuran kecil, tanpa sadar kamu sudah mengurangi porsi makan kamu. Meskipun kamu kelihatannya memenuhi piring makan kamu dengan menu makanan. 

Bahkan, jika kamu menambahkan satu porsi makanan lagi, tetap memiliki volume kecil dibandingkan kamu makan dengan piring besar. 

Dengan sendirinya, kamu dapat menyesuaikan porsi makan kamu dengan ukuran piring tersebut. Ini satu trik diet yang sangat sederhana, dan gampang tetapi keberhasilannya cukup baik.

10. Mengkonsumsi teh hijau herbal

Kamu dapat menggunakan teh hijau untuk menurunkan berat badan. Teh hijau sangat baik untuk kesehatan. Seperti diketahui bahwa, teh hijau kaya akan antioksidan, mengandung polifenol yang tinggi. Ini menurut University of Maryland Medical Centre. Memiliki zat yang dapat membantu menurunkan lemak. 

Beberapa manfaat yang cukup baik dari teh hijau ini adalah, dapat membantu meningkatkan metabolisme, membantu memobilisasi lemak, membakar lemak, dan membantu memperbaiki aktivitas insulin.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan mengonsumsi teh hijau, maka, pilihlah teh hijau matcha. Diketahui, teh hijau matcha memiliki antioksidan tinggi, dan sumber nutrisi hijau. 

Teh hijau lebih berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan dibandingkan dengan teh yang lain. 

Mengosumsi teh hijau cukup dua kali sehari. Meskipun teh hijau memiliki manfaat, dan khasiat yang baik untuk menurunkan berat badan, namun kamu tidak mengonsumsinya secara belebihan karena mengandung kafein yang dapat mengakibatkan efek samping. Ini menurut University of Maryland Medical Centre.

Efek samping dari teh hijau tersebut antara lain:

  • Kamu akan merasa mual
  • Merasa gelisah
  • Merasa pusing
  • Mengalami insomnia
  • Sakit perut
  • Terjadi diare
  • Sakit kepala
"Jadikan diet bukan hanya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang langsing, dan ideal, akan tetapi sebagai gaya hidup sehat kamu sehari-hari"

Demikianlah artikel tentang 10 tips diet paling baik untuk kesehatan sudah terbukti. Semoga dapat berguna bagi kamu.

1 comment for "10 Tips Diet Paling Baik Untuk Kesehatan"

  1. Mencoba rutin konsumsi makanan dengan serat tinggi nih Mba, tapi sulit konsisten, karena sisa makanan ana-anak selalu sayang kalau dibuang aja, huhuhu.
    Jadinya kek tong sampah deh.
    Udah gitu, sebelnya, nih anak-anak ye, dimasakin dikit, kurang.
    Giliran masakin agak lebih, eh nggak mau makan banyak, ckckckckck

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.