11 Tips Ampuh Membasmi Jerawat Bandel

11 Tips ampuh membasmi jerawat bandel ini sudah terbukti. Kamu tidak perlu ragu untuk mencobanya. Setiap wanita pasti ingin memiliki wajah yang bersih, alami dan mulus. 

Masalah cantik itu sudah alamnya wanita, tetapi kulit wajah mulus dan bersih tidak dimiliki semua wanita.

Wanita paling tidak suka melihat wajahnya di cermin penuh dengan noda hitam bekas jerawat. 

Ia pasti mencari berbagai referensi untuk mengatasi masalah jerawat membandel itu. 

Wanita juga tidak segan merogoh kantongnya untuk mengeluarkan biaya mahal perawatan di salon kecantikan.

Menempuh cara konvensional dengan menggunakan perawatan berbahan kimia juga dijalani demi menyelamatkan wajahnya dari noda hitam bekas jerawat. 

Padahal kita ketahui bahwa terkadang bahan-bahan kimia tersebut memiliki efek samping.

11 Tips ampuh membasmi jerawat bandel
Jerawat. Pixabay Images

Sebenarnya jerawat dapat diobati dengan menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki sifat anti-bakteri dan banyak jumlahnya. 

Kamu bisa memilih. Sudah banyak terbukti. Yang penting kamu sedikit bersabar. 

Mari kita lihat 11 tips alami yang ampuh yang dapat membasmi noda bekas jerawat di wajah yang membandel.

1. Menggunakan madu alami

Madu sangat besar khasiat bukan saja dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat, tetapi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh menyeluruh. Membantu mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung. 

Madu diketahui sebagai anti-bakteri dan anti-jamur karena lebah mengeluarkan enzim yang dapat membuat hidrogen peroksida, ini menurut Peter Molan, yang adalah seorang Direktur Honey Research Unit di University of Waikato Selandia Baru.

Madu juga dapat digunakan untuk masker yang dapat melembabkan kulit karena madu merupakan humektan alami. 

Selain itu, madu juga dapat membantu mengecilkan dan membersihkan pori-pori. Anda dapat mengaplikasikan madu secara merata pada wajah kamu terutama pada bekas jerawat. 

Biarkan selama 20 menit dan basuh dengan air bersih. Keringkan wajah kamu dengan handuk lembut.

Kamu dapat menggunakan sesering mungkin

2. Menggunakan campuran madu dengan oatmeal

Kamu juga bisa campurkan madu dengan oatmeal untuk mengobati noda bekas jerawat, ambil 2 sendok makan madu, 1/4 gelas ukuran sedang oatmeal lalu campurkan hingga merata. 

Aplikasikan campuran tersebut di bekas noda jerawat. Diamkan kurang lebih setengah jam. Cuci pakai air hangat. Kamu dapat melakukannya 2 kali seminggu.

3. Menggunakan campuran madu dengan kayu manis

Kayu manis dikenal sebagai rempah yang digunakan untuk melezatkan dan mengharumkan makanan, juga sebagai campuran minuman teh manis hangat. 

Dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran, membantu mengelupas sel-sel kulit mati, meregenerasi jaringan kulit baru dengan baik sehingga dapat digunakan sebagai masker wajah untuk dapat menghilangkan bekas luka jerawat.

Kayu manis juga diketahui mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit. 

Antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. Kamu dapat campurkan 2 sendok teh madu dengan 1/2 bubuk kayu manis sampai tercampur dengan benar, lalu aplikasikan ke wajah kamu terutama pada bekas jerawat. 

Biarkan selama setengah jam. Bilas pake air hangat. Lakukan 2 kali seminggu.

4. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin E yang sangat penting untuk perawatan kulit dan dapat membantu menyembuhkan luka bekas jerawat. 

Sudah sangat terbukti khasiat dari lidah buaya ini. Seperti diketahui, lidah buaya juga ampuh dalam menghilangkan hiperpigmentasi akibat bekas jerawat. 

Ambil satu helai lidah buaya ukuran sedang, belah menjadi dua sisi kemudian keluarkan gel aloe vera tersebut dengan menggunakan sendok makan.

Tempatkan di mangkuk kecil, kemudian aplikasikan ke wajah kamu. Pijat lembut. Biarkan selama setengah jam lalu  basuh hingga bersih. Lakukan 2 kali dalam sehari.

Mengobati luka bekas jerawat memiliki masa penyembuhan yang berbeda-beda dari satu orang ke orang lain tergantung respons kulit seseorang.

5. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun sangat baik bagi perawatan tubuh secara menyeluruh. Manfaat dan khasiatnya sangat besar tidak hanya untuk menghilangkan bekas noda hitam jerawat, tetapi untuk kesehatan. 

Dapat membantu mengurangi beberapa masalah penyakit. Diketahui mengandung 70% asam lemak monounsaturated yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah dan mengurangi masalah jantung.

Minyak zaitun diketahui kaya akan mineral, vitamin dan asam lemak yang mampu menjaga kulit tetap sehat dan lembut. 

Kamu dapat menggunakan minyak zaitun untuk mengobati luka bekas jerawat sebagai berikut, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan madu, dan gula halus secukupnya. 

Selanjutnya bersihkan wajah kamu dengan air mawar, lalu campur semua bahan tadi hingga tercampur dengan benar hingga membentuk pasta.

Pijat lembut wajah kamu dengan menggunakan pasta tersebut, kemudian diamkan beberapa saat dan bilas dengan air hangat. Keringkan dengan handuk lembut. Lakukan 1 minggu sekali.

6. Menggunakan tomat

Tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kaya akan antioksidan, memiliki sejumlah besar lycopene. 

Tomat tidak hanya terbukti untuk menghilangkan luka bekas jerawat, namun sangat efektif dalam membantu melawan beberapa kanker seperti, kanker prostat, kanker serviks, kanker perut dan rektum, faring, kanker ensofagus dan kanker payudara. 

Ini menurut penelitian yang telah diterbitkan oleh Harvard School of Public Health.

Selain itu, tomat juga dapat membantu menyeimbangkan kadar pH kulit, dan membantu mengecilkan pori-pori, mencegah bakteri, kelebihan minyak, sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. 

Antioksidan tinggi yang terkandung dalam tomat dapat melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mari kita lihat bagaimana khasiat tomat dalam membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat. 

Ambil beberapa tomat merah, dan mangkuk kecil.  Hancurkan tomat lalu aplikasikan di wajah kamu, terutama dimana noda bekas jerawat. Biarkan selama 20 menit. 

Basuh dengan air bersih. Lakukan ini 2 kali dalam seminggu. Dengan menggunakan tomat di wajah maka secara otomatis pori-pori kulit wajah kamu menjadi kecil.

7. Menggunakan kunyit (bubuk kunyit)

Kunyit memiliki sangat banyak khasiat bagi tubuh. Dapat melindungi kita dari kerusakan oksidatif radikal bebas. 

Kunyit diketahui sebagai antioksidan tinggi. Adapun curcumin yang terkandung dalam kunyit ini meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh. Dengan demikian curcumin ini dapat melawan radikal bebas.

Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti bakteri yang sangat penting untuk digunakan sebagai salah satu obat tradisional untuk menghilangkan jerawat, dan noda hitam bekas luka jerawat. 

Kunyit juga sangat ampuh untuk membantu membasmi bakteri yang terdapat pada jerawat.
Bagaimana dengan penggunaan kunyit (bubuk kunyit) ini untuk perawatan jerawat?

Sangat mudah, kamu dapat mengambil 1 sendok teh bubuk kunyit dan air secukupnya (sesuai kebutuhan kamu), campurkan kunyit dan air tersebut untuk membuat pasta. 

Aplikasikan ke wajah kamu terutama pada daerah yang bermasalah. Biarkan sampai mengering. Basuh dengan air bersih. Lakukan 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Bisa juga bubuk kunyit dan minyak zaitun; ambil 2 sendok teh bubuk kunyit, 2 sendok teh minyak zitun. 

Campurkan kedua bahan tadi hingga tercampur membentuk pasta, lalu aplikasikan pada wajah dimana terdapat noda hitam bekas jerawat. Lakukan 3 kali seminggu.

8. Menggunakan baking soda

Baking soda juga sering digunakan sebagai penghilang noda hitam bekas jerawat. Kamu bisa mempertimbangkan untuk mencoba baking soda secara teratur. 

Buatkan pasta dengan masukkan baking soda secukupnya ke dalam mangkuk kecil, tambahkan sedikit air, kemudian campur hingga merata.

Aplikasikan campuran tersebut pada bekas noda hitam jerawat. Biarkan semalam jika tidak mengganggu kenyamanan tidur kamu. 

Basuh wajah kamu di pagi hari dengan air bersih. Lakukan 3 kali seminggu.

9. Menggunakan lemon

Seperti diketahui bahwa lemon memiliki salah satu sifat pencerah kulit yang sangat kuat. 

Mengandung asam alfa hidroksil (AHA) adalah suatu ramuan yang sering digunakan untuk menghilangkan noda hitam jerawat, menghaluskan kulit. 

Cara menggunakannya; ambil 1 buah lemon sedang, peras airnya ke dalam mangkuk, campurkan dengan 1 sendok teh air hingga merata.

Celupkan bola kapas pada campuran tersebut dan aplikasikan pada wajah kamu. Biarkan sampai mengering di wajah kamu. 

Basuh wajah dengan air bersih. Oleskan pelembab lembut setelahnya. Lakukan 3 kali seminggu.

10. Menggunakan bawang putih

Bawang putih adalah bumbu masak paling penting dalam berbagai masakan. Khasiatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Tidak hanya itu, bawang putih juga sangat ampuh dipakai untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Ambil 6 siung bawang putih atau sesuai dengan kebutuhan kamu, kemudian hancurkan sampai halus lalu aplikasikan ke wajah kamu dengan menggunakan bola kapas. 

Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan 2 kali seminggu. Kamu diharapkan tidak meninggalkan ramuan bawang putih lebih dari 30 menit. 

Jika kulit kamu sensitif, kamu dapat memilih cara yang lain di atas.

11. Menggunakan minyak kelapa

Tentu sudah sangat akrab bila kita mengatakan minyak kelapa sebagai bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan. 

Baik itu perawatan kulit wajah maupun melembabkan kulit seluruh tubuh kita. 

Minyak kelapa dapat memudarkan noda hitam bekas jerawat. Minyak kelapa sudah digunakan sejak jaman dahulu untuk menyuburkan, dan menebalkan rambut.

Ambil mangkuk kecil, tuangkan minyak kelapa sesuai kebutuhan kamu. Tuangkan secukupnya di telapak tangan kamu, kemudian pijat lembut wajah dengan jari-jari kamu selama 10 menit. 

Jika tidak menggangu tidur kamu, biarkan minyak kelapa tersebut semalaman kemudian basuh wajah kamu dengan sabun ringan. Lakukan 3 kali seminggu.

Demikianlah 11 tips ampuh membasmi jerawat bandel di wajah. Kamu dapat memilih cara yang paling cocok untuk kamu

2 comments for "11 Tips Ampuh Membasmi Jerawat Bandel"

  1. Baru tau kalau minyak kelapa bisa dibikin buat obat jerawat Mba, dulu waktu kecil sering banget kami pakai minyak kelapa.

    Tapi biasanya buat masak sih, palingan kalau mama lagi nggak beli lotion, kaki pakai minyak itu di betis, ternyata khasiatnya malah bagus ya.

    makanya dulu saya punya bekas luka di tangan, lama-lama kok hilang, kayaknya berkat minyak kelapa deh.

    btw, saya jarang jerawatan sih, palingan muncul satu atau dua pas mau menstruasi.

    Waktu kuliah pernah jerawatan tapi juga nggak banyak, biasanya sembuh pakai masker wajah.

    sama pernah juga jerawatan karena skin care Oriflame

    ReplyDelete
  2. Tapi hati2 kalo pake kunyit. Temenku pernah pake kunyit utk jerawat, tapi dia makenya kelamaan. Kulitnya jadi kayak sakit kuning, karena jadi kekuningan mba 😅. Akhirnya seharian itu dia ga bisa serve nasabah di depan, drpd dikira sakit kuning Hepatitis 🤣.

    ReplyDelete

Copy paste adalah tindakan yang sangat tidak menyenangkan.